Etika Komunikasi dalam Menangani Keluhan Pasien di Rumah Sakit Permata Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jamh.v1i2.3382Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang mencangkup upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia antara lain dalam hal perluasan wawasan, pengetahuan maupun oeningkatan keterampilan yang dilakukan oleh Civitas Akademika sebagai perwujudan dharma bakti serta wujud kepedulian untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan keterampilan anggota masyarakat. Rumah Sakit Permata Pamulang adalah salah satu rumah sakit swasta yang bergerak dalam dalam bidang jasa kesehatan di wilayah Kota Tangerang Selatan.
Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini antara lain adalah untuk mengetahui etika komunikasi dalam menangani keluhan pasien di Rumah Sakit Permata Pamulang, dan untuk mengetahui cara menerima keluhan pasien di Rumah Sakit Permata Pamulang.
Berdasarkan hasil pelaporan kegiatan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: etika komunikasi dalam menangani keluhan pasien pada rumah sakit permata pamulang yaitu: menyampaikan permohonan maaf kepada pasien, menjelaskan penyebab utama terjadinya keluhan pasien, menawarkan solusi terhadap keluhan pasien, mengkonfirmasi ulang kesediaan pasien menerima solusi yang ditawarkan, menawarkan alternatif solusi penanganan keluhan pasien, menyampaikan ucapan terima kasih terhadap kesediaan pasien menerima alternatif solusi, dan memberikan informasi mengenai standar layanan prima rumah sakit secara lengkap. Lalu cara menerima keluhan pasien di rumah sakit permata pamulang antara lain adalah mendengarkan keluhan pasien sepenuhnya, tanpa memotong, mengkonfirmasi ulang keluhan pasien, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pasien, dan menyampaikan
Kata Kunci : Etika; Komunikasi; Pasien
References
Waluyo, Hermawan. 2019. Pengaruh Gaya Komunikasi Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Peagawai pada Biro Komunikasi Layanan Masyarakat Kemdikbud Jakarta. Vol.6.No.2 (2019). Jurnal Sekretari Universitas Pamulang.
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sekretaris/article/view/3301
Sri Utaminingsih, 2018. Etika Komunikasi Kantor Dan Implementasinya Bagi Sekretaris.Vol.5. No.1 ( 2018 ). Jurnal Sekretari Universitas Pamulang
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sekretaris/article/view/1102
Edi Junaedi, Sifailah Fauziah, 2017. Peranan Resepsionis Pada PT. Mogems Putri Internastional Indonesia. Vol. 4. No.2 ( 2017 ). Jurnal Sekretari Universitas Pamulang.
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sekretaris/article/view/824
Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Sarwani, S., Sudaryana, Y., Sunardi, N., Hamsinah, H., & Nufus, K. (2019). Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Akar Wangi “USAR “Sentra Industri Akar Wangi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Lisda Rahmasari 2012. Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Vol.3 No.1 (2012). Majalah Ilmiah Inforamtika, Universitas Unaki.
http://www.unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/58/94
http://cybereport.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-etika-norma-moral-dan-etika.html, diunduh tanggal 20 Agustus 2016
http://www.bukusetiafurqon.com/2014/12/pengertian-pengembangan-diri.html, diunduh tanggal 20 Agustus 2016
https://prezi.com/cqylzbjcss--/how-to-handle-customer-complaints/
Dra. Lukiati Komala, M.Si, Ilmu Komunikasi
Jenny, Teichman, Etika Sosial:Kanisius.
K, Bertens, Etika: Gramedia Pustaka Utama
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area scientific multidisciplinary journal concerned with the practice and processes of community engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.