Pelatihan Pengemasan Produk Olahan Pedo untuk Meningkatkan Nilai Jual Ekonomis pada UMKM di Desa Biaro Lama Kabupaten Musi Rawas Utara

Authors

  • Ratiih Eka Sakti Universitas PGRI Silampari
  • Fatma Oktarendah Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.32493/%25JAMH.v5i1.34009

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang akan dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi Universitas PGRI Silampari dalam memberikan saran dan solusi berdasarkan persoalan yang dihadapi masyarakat yaitu permasalahan kemasan yang masih sangat sederhana dan belum dapat memberikan informasi terkait produk yang dijual sehingga lingkup pemasaran hanyalah konsumen lokal, objek dari kegiatan ini adalah UMKM Desa Biaro Lama Kecamatan Kabupaten Musi Rawas Utara. Tujuan jangka panjang kegiatan PKM yaitu mempersiapkan UMKM Desa Biaro Lama Kabupaten Musi Rawas Utara memiliki kemampuan dalam pengelolaan  kemasan produk olahan pedo. Dalam mencapai tujuan tersebut ada beberapa tahap yang dilalui salah satunya yaitu berkaitan dengan meningkatkan wawasan dan kemampuan standarlisasi kemasan produk, desain dan bentuk kemasan yang memiliki daya tarik konsumen, lebih bernilai, aman dan mampu bersaing dipasaran. Adapun metode yang akan dilaksanakan selama pelatihan kepada UMKM Desa Biaro Lama Kabupaten Musi Rawas Utara yaitu : 1) Tahap Evaluasi Awal, 2) Pemesanan alat dan bahan, 3) Tahap Pengayaan, 4) Tahap Pelatihan, 5) Tahap Pendampingan 6) Tahap Evaluasi Akhir. hasil dari pelatihan tersebut ialah pelaku UMKM mampu meberikan kemasan yang tidak lagi sederhana melainkan kemasan yang menarik dan mampu memberikan informasi terkait produk, sehingga hal tersebut mampu meningkatkan nilai jual ekonomis.

 Kata Kunci : Pelatihan; Pengemasan;  Nilai Jual Ekonomis

References

B.A. Hananto, “Perancangan Identitas Visual Dan Desain Kemasan Produk Makanan (Studi Kasus: Fibble),†Gestalt, vol. 1, no. 1, pp. 77–94, 2019.

C.Darmawan, “Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik,†vol. 1, no. April, pp. 1–10, 2019.

Christine Suharto Cenadi, “Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran,†Nirmana, vol. 2, no. 2, pp. 92–103, 2020.

Fahroji, M. F., Hakim, L., Gulo, P. A. A., Sunardi, N., & Hasmanto, B. (2021). Sosialisasi Efektifitas Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera (YPMS) Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3).

I.Maflahah, “Desain Kemasan Makanan Tradisional Madura Dalam Rangka Pengembangan IKM,†Agrointek, vol. 6, no. 2, pp. 118–122, 2021.

Jamaludin, Harahap, M. K., & Afri, E. (2020). Penggunaan Albanto ( Alat Bandeng Presto ) untuk Meningkatkan Nilai Olahan Ikan Bandeng Desa Batang Kilat – Medan. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1), 136–142.

Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

M.E. Apriyanti, “Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan,†Sosio e-kons, vol. 10, no. 1, p. 20, 2018.

N.RESMI and T. WISMIARSI, “Pengaruh Kemasan Dan Harga Pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik,†J. Manaj. Dan Bisnis Sriwij., vol. 13, no. 1, pp. 1–20, 2019

R.Nugrahani, “Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm,â€J.Imajin., vol. IX, no. 2, pp. 127–136, 2019.

Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., & Sunardi, N. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67-77.

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

T. Susetyarsi, “Kemasan Produk Ditinjau Dari bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang,†vol. 1, pp. 105–112, 2

Downloads

Published

2023-10-26