Pelatihan Pengemasan Produk Olahan Pedo untuk Meningkatkan Nilai Jual Ekonomis pada UMKM di Desa Biaro Lama Kabupaten Musi Rawas Utara
DOI:
https://doi.org/10.32493/%25JAMH.v5i1.34009Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang akan dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi Universitas PGRI Silampari dalam memberikan saran dan solusi berdasarkan persoalan yang dihadapi masyarakat yaitu permasalahan kemasan yang masih sangat sederhana dan belum dapat memberikan informasi terkait produk yang dijual sehingga lingkup pemasaran hanyalah konsumen lokal, objek dari kegiatan ini adalah UMKM Desa Biaro Lama Kecamatan Kabupaten Musi Rawas Utara. Tujuan jangka panjang kegiatan PKM yaitu mempersiapkan UMKM Desa Biaro Lama Kabupaten Musi Rawas Utara memiliki kemampuan dalam pengelolaan kemasan produk olahan pedo. Dalam mencapai tujuan tersebut ada beberapa tahap yang dilalui salah satunya yaitu berkaitan dengan meningkatkan wawasan dan kemampuan standarlisasi kemasan produk, desain dan bentuk kemasan yang memiliki daya tarik konsumen, lebih bernilai, aman dan mampu bersaing dipasaran. Adapun metode yang akan dilaksanakan selama pelatihan kepada UMKM Desa Biaro Lama Kabupaten Musi Rawas Utara yaitu : 1) Tahap Evaluasi Awal, 2) Pemesanan alat dan bahan, 3) Tahap Pengayaan, 4) Tahap Pelatihan, 5) Tahap Pendampingan 6) Tahap Evaluasi Akhir. hasil dari pelatihan tersebut ialah pelaku UMKM mampu meberikan kemasan yang tidak lagi sederhana melainkan kemasan yang menarik dan mampu memberikan informasi terkait produk, sehingga hal tersebut mampu meningkatkan nilai jual ekonomis.
Kata Kunci : Pelatihan; Pengemasan; Nilai Jual Ekonomis
References
B.A. Hananto, “Perancangan Identitas Visual Dan Desain Kemasan Produk Makanan (Studi Kasus: Fibble),†Gestalt, vol. 1, no. 1, pp. 77–94, 2019.
C.Darmawan, “Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik,†vol. 1, no. April, pp. 1–10, 2019.
Christine Suharto Cenadi, “Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran,†Nirmana, vol. 2, no. 2, pp. 92–103, 2020.
Fahroji, M. F., Hakim, L., Gulo, P. A. A., Sunardi, N., & Hasmanto, B. (2021). Sosialisasi Efektifitas Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera (YPMS) Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3).
I.Maflahah, “Desain Kemasan Makanan Tradisional Madura Dalam Rangka Pengembangan IKM,†Agrointek, vol. 6, no. 2, pp. 118–122, 2021.
Jamaludin, Harahap, M. K., & Afri, E. (2020). Penggunaan Albanto ( Alat Bandeng Presto ) untuk Meningkatkan Nilai Olahan Ikan Bandeng Desa Batang Kilat – Medan. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1), 136–142.
Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
M.E. Apriyanti, “Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan,†Sosio e-kons, vol. 10, no. 1, p. 20, 2018.
N.RESMI and T. WISMIARSI, “Pengaruh Kemasan Dan Harga Pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik,†J. Manaj. Dan Bisnis Sriwij., vol. 13, no. 1, pp. 1–20, 2019
R.Nugrahani, “Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm,â€J.Imajin., vol. IX, no. 2, pp. 127–136, 2019.
Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., & Sunardi, N. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67-77.
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
T. Susetyarsi, “Kemasan Produk Ditinjau Dari bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang,†vol. 1, pp. 105–112, 2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area scientific multidisciplinary journal concerned with the practice and processes of community engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.