Pemanfaatan Media Digital Dalam Promosi Pariwisata Lombok

Authors

  • Rosa Lesmana Universitas Pamulang
  • Yusuf Sunaryo Universitas Pamulang
  • Wiwik Hasbiyah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/%25JAMH.v5i1.35054

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai digital marketing dalam meningkatkan promosi wisata di desa Selebung, Batukliang, Lombok Tengah, NTB. Objek pengabdian adalah masyarakat desa Selebung, Batukliang, Lombok, NTB. Metode digunakan ceramah, diskusi, pelatihan dan pendampingan mengenai digital marketing, teknologi dan informasi dalam meningkatkan promosi wisata di desa Desa Selebung, Batukliang, Lombok, NTB. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bawah masyarakat di era 4.0 sudah disuguhkan dengan berbagai kemudahan dari berbagai teknologi yang ada, termasuk dalam mendapatkan kemudahan dalam pariwisata, Industri 4.0 dalam bidang pariwisata ini lebih meningkatkan kepada Tourism and The Digital Transformation pariwisata dan Transformation Digital Konten. 

Kata kunci : Digital Marketing, Promosi, Pariwisata

References

Anonim. 2017. The most beautiful country in the world-as voted by you. [online].(https://www.roughguides.com/gallery/most-beautifulcountry-in-the-world/ ). Diakses tanggal 05 Oktober 2017).

Badan Pusat Statistik. (2022). BPS. 2021. Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam Angka 2021. Mataram. CV.Maharani.

Damanik, J., 2013. Social and Cultural Dimensions of Ecotourism Development in Small Island dalam Ecotourism Destinations in Archipelago Countries. Editor Baiquni,M., Janianton D dan Erda Rindarsih.Penerbit Gadjah Mada University Press.

Das, M., & Chatterjee, B. (2015). Ecotourism: A panacea or a predicament Tourism Management Perspectives, 14, 3–16.

Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. 33(2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sunardi, N., Kartono, K., Rudy, R., & Sumiaty, R. Y. (2020). Implementasi Manajemen dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2). Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Mahardika, E., & Aji, G. G. (2018). Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital dalam Promosi Pariwisata. Commercium, 5-8.

Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213

Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., & Sunardi, N. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67-77.

Robinson, Pearce. (2001). Strategic Management : Formulation, Implementation and Control. Seventh edition. McGraw. Hill Book International.

Ros. 2017. Lombok kembali raih tiga juara dalam ajang “World Halal 3435 Tourism Awards Rudy, R., Sunardi, N., Kartono, K., Sudarso, A. P., & Lutfy, A. M. (2019). Pengelolaan Keuangan Masyarakat untuk Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1)

Sarwani, S., Sudaryana, Y., Sunardi, N., Hamsinah, H., & Nufus, K. (2019). Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Akar Wangi “USAR “Sentra Industri Akar Wangi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Sarwani, S., Sunardi, N., AM, E. N., Marjohan, M., & Hamsinah, H. (2020). Penerapan Ilmu Manajemen dalam Pengembangan Agroindustri Biogas dari Limbah Kotoran Sapi yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat Desa Sindanglaya Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Subhani, A. (2010). Potensi obyek wisata pantai di kabupaten Lombok Timur tahun 2010 (Doctoraldissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakatdi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M.(2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming)Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakatdi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Walters,R.D.M., Samways,M.J,2001. Sustainable dive ecotourism on a South African coral reef. Biodiversity Conservation,10 (12) 2167-2179

Published

2023-10-01