Meningkatkan Omset Penjualan UMKM Desa Rancagong Melalui Rebranding dan Digitalisasi

Authors

  • Dyah Cahyasari Universitas Pradita
  • Angelia Shavira Putri Universitas Pradita
  • Ariana Rahima Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v5i2.39706

Abstract

Pengabdian ini bertujuan: (1) turut berkontribusi dalam membantu rebranding beberapa UMKM, guna mengupdate identitas usaha; (2) digitalisasi UMKM, guna meningkatkan layanan pesan antar makanan lebih cepat dan efektif sampai ke tangan pelanggan; (3) sosialisasi pembuatan anggaran dan digitalisasi pencatatan laporan keuangan. Adapun solusi yang ditawarkan oleh tim KKN meliputi: (1) pembuatan ulang banner atau spanduk beberapa unit UMKM; (2) pendaftaran akun Go-Food untuk layanan antar; (3) penggunaan sistem kasir online untuk pencatatan laporan keuangan. Metode yang digunakan adalah persiapan, pelaksanaan, dan penyerahan hasil kepada pelaku UMKM dan disaksikan oleh pemerintah setempat, sebagai bukti program kerja telah terselesaikan. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini berjalan sangat baik, berkat kerjasama semua pihak yang terlibat di dalamnya. Melalui bantuan pengabdian ini, UMKM dapat memaksimalkan penjualannya dan mampu meningkatkan pendapatan UMKM. Kesimpulan dari kegiatan KKN ini, membantu mengembangkan unit UMKM Desa Rancagong, sehingga para pelaku usaha mampu bersaing dalam mempromosikan produk dan meningkatkan omset penjualan.

Published

2024-01-04