Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Timun Agar Mewujudkan Desa Mandiri Dan Sejahtera Di Desa Cihambulu Pabuaran, Subang, Jawa Barat

Authors

  • Kris Dipayanti Universitas Pamulang
  • Nufzatutsaniah Nufzatutsaniah Universitas Pamulang
  • Bunga Astra Gracia Universitas Pamulang
  • Rob Sosiatri Universitas Pamulang
  • Rian Sri Rahayu Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v1i2.4900

Abstract

Judul pengabdian ini Startegi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Timun Agar Mewujudkan Disa Mandiri Dan Sejahtera Di Desa Cihambulu, Pabuaran, Subang, Jawa Barat. Kegiatan PKM yang sudah dijalankan di Desa Cihambulu Pabuaran Subang Jawa Barat ini bertujuan adalah memberikan tingkat kesejahteraan para petani dan penjual ketimun dalam mengembangkan hasil panennya tersebut bukan saja bisa berguna bagi para petani sendiri dan keluarga tetapi juga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar sehingga bisa mewujudkan desa mandiri dan sejahtera. Pada PKM ini metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat ini, di Desa Cihambulu terutama para petani khususnya timun perlu adanya lembaga yang dapat memberikan bimbingan, arahan dan pengetahuan bagi para petani dengan memanfaatkan hasil kebun dan pertanian, bisa memberikan manfaat lebih bagi para petani dan masyarakat sekitar desa Cihambulu Pabuaran, sehingga bisa memberikan penghasilan yang lebih baik untuk bisa mewujudkan desa mandiri dan sejahtera.

 Kata Kunci : Strategi Pemasaran; Penjualan ; Desa Madiri dan Sejahtera

References

Alexander Sindoro (2004), “Strategi untuk pemasaran “, Batam: Karisma Publishing Group

Alfiah, S., Andriani, J., Lesmana, R., Sunardi, N., & Furyanah, A. (2019). Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Privinsi Jawa Barat (Studi Kasus pada Curug Paok dan Bukit Pasir Jaka). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Amstrong, Kotler (2015). “Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth editionâ€, England: Preaseon Education, Inc

Amstrong, Kotler. (2011), 10th Edition. “Marketing an Introductionâ€. Indonesia: Perason.

Fandy Tjiptono (2002) ,â€Strategi Pemasaranâ€, Yogyakarta: Penerbit Andi, edisi 2 cetakan 4

Irma Ayu Noraeni. (2016). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Beras (Studi Kasus di Kecamatan Mulyorejo Surabaya Jawa Timur). Jurnal Ilmiah UB Vol. 5 No. 5

Kadim, A., Sunardi, N., Lesmana, R., & Sutarman, A. (2019). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penguatan Manajemen Peternak Sapi Rakyat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (LEMPERMADU).(Studi Kasus di Masjid Ainul Yaqin Kel. Jontlak, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujud- kan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat HUmanis Vol. 1 No. 1 , 57 - 65.

Sunardi, N. (2019). Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Leverage Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2018. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(3).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Published

2020-04-21