Motivasi Belajar Sisiwa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 5 Bandung

Authors

  • Deni Tata Kusuma Universitas Islam Negri Bandung
  • Muhibbin Syah Universitas Islam Negri Bandung
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v2i1.6433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi siswa dalam pembelajaran PAI sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah. Hal ini penting untuk dibahas agar memastikan ketercapaian dari suatu lembaga dalam mengimplementasikan pendidikan yang bermutu dalam peroses pembelajaran oleh para guru untuk meningkatkan motivasi siswanya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa. Dari siswa kelas VIII B yang berjumlah 10 orang di SMP Muhammadiyah 5 Bandung. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang berjumlah 20 indikator dalam penilaian motivasi siswa dalam pembelajaran PAI. kesimpulan penelitian ini adalah (1) profil ketercapaian indikator penilaian motivasi terhadap siswa menunjukan hasil yang bervariasi dengan rata-rata ketercapaian seluruhnya sebesar 54,8 dengan prosentase sangat setuju predikat sanagat baik; (2) indikator yang belum mencapai skor maksimum adalah indikator yang membahas siswa mendapatkan nilai jelek, senang mengobrol, dan tugas dikerjakan dengan mencontek teman lain. Standar hasil penelitian ini perlu kajian mendalam tentang penggunaan hasil penilaian motivasi siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan instrumen yang lebih otentik.

 

Kata Kunci: Motivasi, Mata Pelajran PAI

References

Alwan, M. H. (2017). Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal EduFisika Vol. 02. No. 01, Hal. 28.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahasa, P. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke Tiga . Jakarta: Balai Pustaka. Hal. 783.

Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., Kartono, K., Rudy, R., & Sumiaty, R. Y. (2020). Implementasi Manajemen dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Malayu, H. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Sinar Grafik Ofset.

Ma'ruf, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Hal. 220.

Muhmidayeli. (2013). Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Sditama.

Nizaar, M. (2017). Jurnal Taman Pendidikan, Vol. 01. No. 01, Hal. 6.

Nurfayanti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor. 1, Hal. 4/53.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, Volume 5. No. 2, Hal. 218.

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE: INOVASI PADA PERKULIAHAN SEJARAH MATEMATIKA. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hal. 24.

Sadarmayanti. (2007). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.

Sadirman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta. Hal. 147.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Keempat. Bandung: Alfabeta. Hal. 81.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Hal 7.

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Sutrisno, E. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Thoifuri. (2013). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Campus Publishing. Hal. 96.

Winarno, S. (2002). Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Torsito. Hal. 175.

Published

2020-10-03