Analisis siklus penjualan pada kedai ibu rini

Authors

  • Nanda Indah Lestari Universitas Pamulang
  • Indah Pertiwi Universitas Pamulang
  • Neng Linda Puspitasari Universitas Pamulang

Abstract

The purpose of this study is (1) to determine the sales cycle at Ibu Rini's shop in 2020. (2) to find out the threats that arise in internal control. This research method uses descriptive qualitative research methods. Data collection techniques used in this study were interview documentation and observation. Based on the results of the research carried out, it can be seen that (1) the seller in making sales must pay more attention to the conditions and situations at that time in which the condition must be that the seller must be more active in marketing or promotion in sales, always correcting what is lacking in taste, appearance and comfort at the place of sale so that consumers feel interested and want to buy what is being sold in Ibu Rini's shop. (2) Judging from the inhibiting factors, this shop experienced a decline when Covid-19 surged high because it became rare for consumers to come directly to Ibu Rini's shop, experiencing losses in the last three months due to the impact of Covid-19. From a situation like this, the seller must think of other ways to keep sales going by registering the food menu on OnlineFood so that consumers who are afraid to leave the house can order through the application, in this case it also helps in updating the ordering method and can help optimize the targets needed in sales. and keep on selling.

Keywords: Ibu Rini's shop, income, sales

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui siklus penjualan pada kedai ibu rini tahun 2020. (2) untuk mengetahui ancaman yang muncul dalam pengendalian internal. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan dapat diketahui bahwa (1) Penjual dalam melakukan penjualan harus lebih memperhatikan lagi kondisi dan situasi pada saat itu yang dimana kondisi tersebut harus penjual harus lebih aktif dalam memasarkan atau promosi dalam penjualannya sealu mengoreksi apa yang kurang dalam segi rasa, tampilan dan kenyamanan pada tempat jualannya agar konsumen merasa tertarik dan ingin membeli apa yang di jual dalam kedai ibu rini ini. (2) Dilihat dari faktor penghambatnya kedai ini mengalami penurunan pada saat covid-19 melonjak tinggi karena itu menjadi jarang konsumen datang langsung ke kedai ibu rini ini, mengalami kerugian pada tiga bulan terakhir akibat dampak covid-19. Dari situasi seperti ini penjual harus memikirkan cara lain agar penjualan tetap terus berjalan dengan cara mendaftarkan menu makanannya di OnlineFood agar konsumen yang takut untuk keluar rumah bisa memesan melalui aplikasi dalam hal ini juga membantu dalam mengupdate cara pemesanan dan bisa membatu mengoptimalkan target yang dibutuhkan dalam penjualan dan tetap terus berjalan penjualannya.

Kata kunci: Kedai Ibu Rini, pendapatan, penjualan

References

Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta

Diana, Anastasia; Setiawati, Lilis. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi.

Hadi, A. K., & Budi, S. (2020). Analisis Pengendalian Piutang Usaha Dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih. Jurnal Penelitian Implementasi Akuntansi (JPIA), 1(1), 71-87.

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi edisi ketiga. Yogyakarta: unit penerbit dan Sekolah Tinggi Ilmu YKPN

Lilis, Puspitawati dan Sri Dewi Anggadini. 2011. Sistem Informasi Akuntansi.

Jakarta : Graha Ilmu.

Mulyadi, (2016). Sistem Akuntansi. Penerbit : Salemba Empat Jakarta Selatan.

Mulyadi, (2013) .Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Keempat, Salemba Empat, Jakarta.

Nickels, William G, et al, (2010). Pengantar Bisnis Edisi 8-Buku 2. Jakarta: Salemba Empat

Samryn, (2011). Pengantar Akuntansi Mudah Membuat Jurnal Dengan Pendekatan Siklus Transaksi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Tambunan M Rudi, (2013), Pedoman penyusunan Standard operating prosedur, Edisi 2013, Penerbit Maiesta.

Downloads

Published

2022-12-16

Issue

Section

Articles