Pengaruh Tax Planning, Struktur Aset Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan
Keywords:
Tax Planning, Struktur Aset, Pertumbuhan Penjualan, Nilai PerusahaanAbstract
This study aims to examine the effect of Tax Planning, Asset Structure and Sales Growth on Firm Value. The independent variables used in this study are Tax Planning, Asset Structure and Sales Growth. Meanwhile, the dependent variable in this study is firm value. The type of research used in this research is descriptive quantitative. Source of data used in this research is secondary data. The population in this research are manufacturing companies in the food and beverage sub-sector that are listed on the Indonesian Stock Exchange (IDX) during the period 2017 to 2021. The sample for this study was determined using certain criteria and obtained a sample of 15 companies with a total of 75 research sample data. . The analytical method used in this research is panel data regression analysis. Data analysis uses the help of the eviews 9 application. The results of this study indicate that simultaneously Tax Planning, Asset Structure, and Sales Growth have a significant effect on Firm Value. Tax planning and sales growth have no significant effect on firm value, while asset structure has a significant effect on firm value.
Keywords : Tax Planning; Asset Structure; Sales Growth; The value of the company
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Tax Planning, Struktur Aset dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tax Planning, Struktur Aset dan Pertumbuhan penjualan. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Nilai Perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi dalam penelitan ini adalah perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesai (BEI) selama periode 2017 hingga 2021. Penentuan sampel penelitian ini dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu dan memperoleh sampel penelitian sebanyak 15 perusahaan dengan total 75 data sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis regresi data panel. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi eviews 9. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan Tax Planning, Struktur Aset, dan Pertumbuhan Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Tax Planning dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur asset berpengaruh signifikat terhadap nilai perusahan.
References
Brigham, E. F., Dan J. F. Houston. 2011. Manajemen Keuangan. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Hariningsih, E., & Harsono, M. (2019). Kajian Kritis Kontribusi Signaling Theory Pada Area Penelitian Online Commerce. In Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan (Vol. 2).
Harmono, (2017), “Manajemen Keuanganâ€. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Hidayat, M. (2018). Pengaruh Manajemen Pajak, Pertumbuhan Penjualan Dan Uku-Ran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei Periode 2014-2016. MEASUREMENT: Journal of the Accounting Study Program, 12(2), 206-215.
Irawan, D., & Nurhadi, K. (2019). Pengaruh Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 17(1), 66–81.
Indawati, A. A., & Anggraini, A. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Rasio Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan.
Jurnal Semarak, 4(2), 8-30. Irawan, D., & Kusuma, N. (2019).
Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aktual Stie Trisna Negara, 17(1), 66–81.
Ivansyah, Y. C., & Idayati, F. (2018). Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 7(9).
Margie, L. A., & Habibah. (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Konservatisme Akuntansi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang.
Pamungkas. F. A., Wijayanti, A., & Fajri, R. N. (2020). Pengaruh struktur asset, ukuran perusahaan, profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA), 2(2), 86-102.
Pohan, Chairil Anwar (Penulis); Sri Budi Hastuti (Editor). (2018). Optimizing Corporate Tax Management : Kajian Perpajakan Dan Tax Planning-Nya Terkini / Drs. Chairil Anwar Pohan, M.Si., MBA ; Editor, Sri Budi Hastuti. Jakarta :: Bumi Aksara
Putri, A., & Asyik, N. F. (2019). Pengaruh Struktur Aset, Pertumbuhan Aset, Dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(3).
Rahmawati, S. U., & Dalimunthe, I. P. (2022). Pengaruh Tax Planning Dan Suku Bunga Sbi Terhadap Harga Saham Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Pemoderasi. Pro@ ksi, 1(1), 572-582.
Romadhina, A. P., & Andhitiyara, R. (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak, Pertumbuhan Penjualan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(2), 358-366.
Santi, D. K., & Wardani, D. K. (2018). Pengaruh Tax Planning, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi, 6(1), 11–24. Https://Doi.Org/10.24964/Ja.V6i1.536
Wijaya, I. G. N. S. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. JUIMA: JURNAL ILMU MANAJEMEN, 9(2).