Analisis Sistem Pengendalian Internal Penjualan Kredit Pada Pt Metacom Karunia Lestari Periode Tahun 2017- 2021

Authors

  • Yulyanah Yulyanah Universitas Pamulang
  • Dyah Setyorini Universitas Pamulang

Keywords:

Credit, Internal Control, Sales

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa penjualan kredit yang berjalan pada PT Metacom Karunia Lestari periode tahun 2017-2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti mengenai penjualan kredit yang dijalankan PT Metacom Karunia Lestari menemukan bahwa Penjualan kredit pada PT Metacom Karunia Lestari yang tertinggi ada di tahun 2017 dan yang terendah ada di tahun 2020. Sementara untuk kendala dari penurunan penjualan kredit disebabkan oleh adanya konsumen fiktif dan terkena dampak Covid-19.

 

Kunci : Kredit, Pengendalian Internal, Penjualan

 

ABSTRACT

The aim of this research is to analyze ongoing credit sales at PT Metacom Karunia Lestari for the 2017-2021 period. The research method used is descriptive qualitative. The data collection technique used was through interviews and documentation. The results of research obtained by researchers regarding credit sales carried out by PT Metacom Karunia Lestari found that credit sales at PT Metacom Karunia Lestari were highest in 2017 and the lowest were in 2020. Meanwhile, the obstacle to the decline in credit sales was caused by the existence of fictitious and affected consumers. impact of Covid-19.

References

Fitria, I. (2021). Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Intern Penjualan Kredit Pada PT. Nusantara Surya Sakti Bengkulu. Jurnal AGRIBIS, 14(1), 1711-1725

Makmur, M., Kadafi, M., & Apria, A. (2019). Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Sistem Penjualan Kredit pada PT Aringo Computer. Jurnal Eksis, 15(1).

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Sujarweni, V. W. (2015). Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka Baru

Zahroh, A. F. (2019). Sistem akuntansi penjualan kredit pada CV.

Pranafood Sukses Manfaat Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya)

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles