PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PRODUK PRODUK PANIN SUPER BONANZA WOW PADA PT. PANIN INDONESIA BANK CABANG PONDOK INDAH

Authors

  • Purwanti Purwanti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v3i3.10528

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Promosi terhadap Penjualan produk Produk Panin Super Bonanza Wow Pada PT. Panin Indonesia Bank Cabang Pondok Indah. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel Strategi Promosi diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,403 dengan kriteria baik. Variabel Penjualan produk diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,828 dengan kriteria baik. Strategi Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penjualan produk dengan nilai persamaan regresi Y = 8,160 + 0,885X, dan nilai koefisien korelasi 0,803 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 64,5%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

References

Abdullah, M (2014) Manajemen dan Evaluasi Penjualan produk, Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.

Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.

Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Erlangga, H., Sifatu, W. O., Wibisono, D., Siagian, A. O., Salam, R., & Mas’adi, M. (2020). Pharmaceutical Business Competition in Indonesia: A Review. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(10), 617-623.

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) SStrategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haque, M. G., Nurjaya, N.,Affandi, A., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2021). Micro Financial Sharia Non-bank Strategic Analysis: a Study at BMT Beringharjo, Yogyakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1677-1686

Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Istijanto (2014) “Riset Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Jasmani, J. (2019). Pengaruh Product Development Dan Promotion Mix Terhadap Peningkatan Penjualan Yang Berdampak Pada Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2).

Jasmani, J., & Sunarsi, D. (2020). The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang. PINISI Discretion Review, 1(1), 165-174.

Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Onlineâ€. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler dan Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat..

Muis, I., Nurdin, I., Erlangga, H., & Engkus, E. (2019). Post Disaster Social Vulnerability: Policy Analysis and Implementation in Communities in Indonesia. Journal of Critical Reviews, 6(5), 59-66.

Muslimat, A., Ab Wahid, H., & Erlangga, H. (2020). Effect Of Organizational Commitment On The Sustainability Performance Of Indonesian Industries. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(6), 8330-8347.

Nurhayati, N. I. D. N., Hindarsah, I., Sos, S., Erlangga, H., Sos, S., & Maun Jamaludin, I. (2018). Pelatihan Pembukuan Di UKM Sumpia Chantika Dewi Cimindi Cimahi. Laporan Program Kepakaran Fisip Unpas Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Akademik 2016/2017, 1-22.

Nurjaya, N., Affandi, A., Erlangga, H., Sunarsi, D., & Jasmani, J. (2021). The Effect of Product Promotion and Innovation Activities on Marketing Performance in Middle Small Micro Enterprises in Cianjur. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 528-540.

Paramarta, V., Dewi, R. R. V. K., Rahmanita, F., Hidayati, S., & Sunarsi, D. (2021). Halal Tourism in Indonesia: Regional Regulation and Indonesian Ulama Council Perspective. International Journal of Criminology and Sociology, 10, 497-505.

Phipil Kotler dan Kevin Keller (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.

Rao, Purba, (2012). “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysisâ€, The Asian.

Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto (2014). “Metode Riset Pemasaranâ€. Bandung: Alfabeta

T Triyadi, U Ahidin, J Jasmani - Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi (JUMBO), 2019. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Surya Karya Prima Di Jakarta.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Purwanti, P. (2021). PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PRODUK PRODUK PANIN SUPER BONANZA WOW PADA PT. PANIN INDONESIA BANK CABANG PONDOK INDAH. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(3), 322–328. https://doi.org/10.32493/JEE.v3i3.10528