Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Danamon TBK Cabang Bintaro
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v3i4.11289Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Danamon, Tbk. Cabang Bintaro. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah sebesar 52,9%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,721 > 1,989). Citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah sebesar 38,6%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,267 > 1,989). Kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan persamaan regresi Y = 8,095 + 0,497X1 + 0,302X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 59,2%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (60,093 > 2,710).
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Nasabah
References
Algifari, Analisis Regresi, Yogyakarta, 2014.
Alma, Buchori, Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, CV. Alfabetha, Bandung, 2014.
Anaroga, Panji, Mananajemen Bisnis, PT. Rineka Cipta, Semarang, 2011.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2015.
Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.
Ferrinadewi, Erna, “Merek Dan Psikologi Konsumenâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2012.
Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang, 2014.
Haque, M. G., Munawaroh, M., Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2021). Competitive Advantage in Cost Leadership and Differentiation of SMEs “Bakoel Zee†Marketing Strategy in BSD. PINISI Discretion Review, 4(2), 277-284.
Husen, Umar, “Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.
Inpres No.6/2014, tentang peningkatan daya saing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Irawan, Handi, “Prinsip-Prinsip kepuasan nasabahâ€, PT. Alex Media Komputindo, Jakarta, 2014.
Jasmani, J., Sutiman, S., & Sunarsi, D. (2020). Analysis of the Effect of Prices, Promotions and Products on Purchase Interest Impacts on Consumer Satisfaction of VIVO Brand Mobile Phones in South Tangerang Region. Jurnal Ad'ministrare, 7(1), 73-82.
Kadarusman, Y., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Peningkatan Jumlah Siswa Pada SMK PGRI Balaraja. JS (Jurnal Sekolah), 4(3), 213-221.
Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2014.
Keputusan Presiden No.37/2014 tentang regulasi pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan daya saing nasional dan menghadapi MEA.
Kotler dan Keller, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2014.
Kotler“Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta, 2014.
Laksana, Fajar, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2014
Lupiyoadi, â€Manajemen Pemasaran Jasaâ€, Edisi 3, Salemba Empat, Jakarta, 2014.
Macaulay, Steve & Cook, Sarah. How to Improve Your Customer Service. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Nurjaya, N., Affandi, A., Erlangga, H., Sunarsi, D., & Jasmani, J. (2021). The Effect of Product Promotion and Innovation Activities on Marketing Performance in Middle Small Micro Enterprises in Cianjur. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 528-540.
Ratih Huriyati. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta,.Bandung, 2014.
Safroni, Ladzi, “Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesiaâ€, Aditya Media Publishing, Surabaya 2012.
Santoso, Singgih, “SPSS Statistik Parametik†Cetakan Kedua, PT. Elek Media, 2015.
Sarwono, Jonathan, “Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatifâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2012
Simamora, Bilson, “Panduan Riset Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.
Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran . Alih Bahasa oleh Sadu Sundaru. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh.Erlangga, Jakarta, 2013.
Sudjana, â€Metode Statistikaâ€, Edisi Keenam, Tarsito, Bandung, 2011.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2014.
Suherman, Wawan, “Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Jasmani Teori dan Praktik Pengembanganâ€, FIK UNY, Yogyakarta, 2012
Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1), 7-13.
Supranto, “Statistik Teori dan Aplikasiâ€, Pustaka Ekonomi, Jakarta, 2013.
Swastha, Bashu dan T. Handoko, “Manajemen Pemasaran Moderenâ€, BPFE, Yogyakarta, 2013.
Tasunar, Nanang, “Citra perusahaanâ€, Gramedia Pustaka Utama, Ghalia Indonesia, Bogor, 2012.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, “Serivce Quality and Satisfiationâ€, Edisi tiga, Andi, Jakarta, 2014.
Undang-Undang Perbankan No.10 Tahun 1998 Tentang Badan Usaha Penghimpun Dana Masyarakat dan Perlindungan Nasabah.
Yazid, “Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasiâ€, Edisi Kedua, PT. Ekonisia, Yogyakarta. 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).