Pengaruh Experiental Marketing Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Eiger Store Sorong
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v4i1.14499Keywords:
Experiential Marketing, Brand Image, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan brand image secara simultan terhadap kepuasan pelanggan di Eiger Store Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Eiger Sorong. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah sampel 67 konsumen. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan Experiential Marketing dan Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan pada Eiger Store Sorong. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 40,491 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,561 atau 56,1%.References
Andrieani, A. (2016). Pengaruh Experiental Marketing dan Brand Image Terhadap Minat Berkunjung Kembali ( Studi Kasus Pada Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Ardani, W., Rahyuda, K., Giantari, I. G. A. K., & Sukaatmadja, I. P. G. (2019). Customer satisfaction and behavioral intentions in tourism: A literature review. International Journal of Applied Business and International Management (IJABIM), 4(3), 84-93.
Arsjad, M. P. (2019). Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Driver At
Asih, P. S., et al. 2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fastfood KFC Di Kota Sorong (Studi Kasus Mega Mall Kota Sorong). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 352-356.
Cintya, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Produk “Supermi†di Kecamatan Genuk Semarang). Skripsi, 106.
Dwiastuti, A. L. (2016). Pengaruh Experiental Marketing dan Bramd ImageTerhadap Kepuasan Pelangan Indihome PT. Telkom Akses Medan. Universitas Medan Area.
Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Zara Di Mall PVJ Bandung. Agustus, 3(2), 1949.
Kartajaya, H., Indrio, B. D., & Madyani, D. (2004). Marketing in venus. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Iq0_5sHZqPgC&oi=fnd&pg=PR10&dq=Kartajaya,+H.,+Indrio,+B.+D.,+%26+Madyani,+D.+(2004).+&ots=mEazthFq10&sig=vYbMiJMetsFyYyQJWdOQHPqiiEU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Kho, Dessy Prayogo, F. A. (2014). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Persepsi Nilai Sebagai Variabel Perantara Di TX Travel Surabaya.
Kotler, P., Armstrong, G., Saunders, J., & Wong, V. (2003). Rinkodaros Principai (Lithuanian Translation of Principles of Marketing: 3rd European Edition). https://www.google.co.id/search?tbm=bks&hl=id&q=+Kotler%2C+P.%2C+Armstrong%2C+G.%2C+Saunders%2C+J.%2C+%26+Wong%2+V.+%282003%29.+Rinkodaros+Principai+%28Lithuanian+Translation+of+Principles+of+Marketing%3A+3rd+European+Edition%29.
Lullulangi, I. R. (2014). Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus : Sop Buah “ X †Kota Semarang ).
Maddinsyah, A., et al. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.
Murdani, N. K., Ardani, N. W., & Prayoga, K. P. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Yang Dimediasi Oleh Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pengguna Kartu Perdana Telkomsel. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(1), 97-105.
ps://doi.org/10.31227/osf.io/tcdmh
Purba, S. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan GrabCar di KOTA MEDAN. 26–32. https://doi.org/10.31227/osf.io/grq7j
Rasyid, N., et al. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia Di Makassar. SENTRALISASI, 7(2), 11-27.
Rofianto, W., et al. (2021). Cultural Product Branding, Antecedents, And Its Implications: A Study On The Context Of Indonesian Batik. International Journal Of Social, Policy And Law, 2(2), 37-46.
Syarif, K. (2010). Analisis Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Survei Konsumen di Kota Bogor. Ilmiah Manajemen, 1, 14–23.
Tjiptono, F. F. dan G. C. (2012). Pemasaran Strategik. ANDI, YOGYAKARTA. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2124
Wangsi, M. M., et al. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).