PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI UNIT PELAKSANA TEKNIS AEROGASDINAMIKA DAN GETARAN BADAN PENGKAJIAN DAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI (UPT LAGG BPPT) DI KAWASAN PUSPIPTEK SERPONG TANGERANG BANTEN

Authors

  • Didi Sunardi

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v1i1.1981

Abstract

Kepemimpinan mengambil peranan yang sangat penting dalam sebuah kelompok atau organisasi. Dapat dikatakan sangat menentukan, dalam usaha pencapaian tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

 

Implikasi dari kepemimpinan dalam melakukan tugas-tugasnya adalah kemampuan pimpinan untuk mempengaruhi, menggerakan dan mengarahkan karyawannya yang akan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kinerja  adalah hasil pelaksanaan suatu pekerjaan, baik bersifat fisik/material ataupun non fisik/non material (Hadari Nawawi, 2012:234). Karena kinerja yang baik akan dapat menunjang pencapaian sasaran dan tujuan perusahaan. Namun seringkali banyak didapat bahwa pimpinan gagal untuk mempengaruhi orang-orangnya untuk dapat meningkatkan kinerjanya.

 

Hasil yang peneliti temukan menunjukan bahwa pimpinan yang ada merupakan tipe kepemimpinan administratif birokrasi, yaitu kepemimpinan yang tunduk dan patuh terhadap peraturan-peraturan yang telah ditentukan oleh pemerintah, sehingga sangat sedikit improvisasi kebijakan. Dalam menjalankan tugasnya kepemimpinan ini menekankan pada sistem administrasi dan birokrasi yang efisien untuk penyelesaian tugas-tugas yang diberikan kepada bawahannya.

Downloads

Published

2018-10-01

How to Cite

Sunardi, D. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI UNIT PELAKSANA TEKNIS AEROGASDINAMIKA DAN GETARAN BADAN PENGKAJIAN DAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI (UPT LAGG BPPT) DI KAWASAN PUSPIPTEK SERPONG TANGERANG BANTEN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1). https://doi.org/10.32493/JEE.v1i1.1981