Analisis Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Awareness pada E-Commerce
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v4i3.20117Keywords:
Digital Marketing, Brand Awareness, E-CommerceAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh pemasaran digital (digital marketing terhadap brand awarness, adapun variabel nya independen nya yaitu , Shopee (X1), Tokopedia (X2) Bukalapak (X3) Lazada (X4) Blibli (X5) dan variabel dependen nya brand Awarness (Y). Penelitian ini menggunakan teknik analisis linear berganda. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner secara online melalui google form. Hasil data yang diolah menunjukkan variabel digital marketing menggunakan Tokopedia (X2), memiliki pengaruh signifikan tertinggi terhadap brand awarness, yaitu dengan nilai thitung 8.487 dan signifikasi 0.000 sehingga H1 diterima.References
Almohaimmeed, Bader M.A. 2019. The Effects of Social Media Marketing Antecedents on Social Media Marketing, Brand Loyalty and Purchase Intention: A Customer Perspective. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR), Vol. 13 Issue 4.
ER, T., Listiawati, M. K., Nurjaya, R. S., Setiawati, N. P. A., Ilham, D., Wulansari, R., ... & Purwanto10, A. (2021). THE EFFECT OF ONLINE MARKETING AND E-SERVICE QUALITY ON PURCHASE DECISIONS: AN EMPRIRICAL STUDY ON ONLINE SHOP. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3).
Fawaid, Akh. 2017. Pengaruh Digital Marketing System Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Istiqhasdia Vol. 4 No. 1. ISSN: 2354-7057; E-ISSN: 2442-3076.
Ilakkuvan, Vinu., Amanda Johnson, Andrea C. Villanti, Dough Evans and Monique Turner. 2018. Patterns of Social Media Use and Their Relationship to Health Risks Among Young Adult. Journal of Adolescent Health 64 (2), DOI: 10.1016/j.jadohealth.2018.06.025.
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Hruska, Jan and Petra Maresova. 2020. Use of Social Media Platforms among Adults in the United States Behavior on Social Media and Societies, DOI:10.3390/soc10010027.
Nuvriasari, Audita. 2012. Peran Dukungan Organisasional, Kompetensi Teknologi dan Lingkungan Eksternal Dalam Rangka Mendorong Pengadopsian E-Commerce Pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Siasat Bisnis Vol.16 No. 2.
Oktaviani, Femi dan Diki Rustandi. 2018. Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Profesi Humas Volume 3, No. 1, ISSN: 2541-3678.
Prabowo, Willy Andrian. 2018. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 12 No. 2, ISSN 1907-235X / e-ISSN 2597-615X.
Siddiqui, Khizer Ahmed., Saima Sher Ali Tarani, Sobia Anwar Fatani, Ali Raza, Rehan Muzamil Butt, Nusrat Azeema. 2016. Effect of Size, Location, and Content of Billboards on Brand Awareness. Journal of Business Studies Quarterly, Vol. 8 No.2, ISSN 2152-1034.
Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.
Suryani, Ita. 2014. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015 (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, ISSN 1907-898X Vol. 8 No.2.
Svatosova, Veronika. 2020. The Importance of Online Shopping Behavior in the Strategic Management of E- Commerce Competitiveness. Journal of Competitiveness. DOI: 10.7441/joc.2020.04.09
Uyar, Ali., Ender Boyar, Cemil Kuzey. 2018. Does Social Media Enhance Firm Value Evidence from Turkish Firms Using Three Social Media Metrics. The Electronic Journal of Information Systems Evaluation Volume 21 Issue 2.
Yacub, Rudi dana Wahyu Mustajab. 2020. Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awarenss pada E-Commerce. Jurnal Manajerial, Vol. 12 No.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).