Peran Mentor dan Pengelolaan Karir Generasi Millenial

Authors

  • Dian Novita Ningrum Airlangga University

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v5i1.21461

Keywords:

mentor, millenial, karir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana peran mentor dan pengelolaan karir pada generasi millenial. Penelitian ini penting dilakukan karena generasi millenial memiliki karakteristik yang mudah bosan, ingin cepat naik karirnya, ingin menjalani karir dengan mudah dan tidak ribet. Oleh sebab itu dibutuhkan peran mentor dan pengelolaan karir yang spesifik untuk generasi millenial ini. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada 3 responden karyawan generasi millenial dan dianalisa menggunakan verbatim, coding dan kategorisasi. Penelitian ini menghasilkan faktor-faktor penunjang dan faktor-faktor penghambat dalam pengelolaan karir generasi millenial, serta menghasilkan faktor-faktor penunjang dan faktor-faktor penghambat  peran mentor dalam karir generasi millenial. Saran untuk penelitian masa depan agar dapat melakukan penelitian dengan teknik triangulasi interview dengan para mentor generasi milenial sehingga mendapatkan data yang lebih kaya tentang peran mentor dan pengelolaan karir bagi generasi millennial. 

References

Bencsik, A., Juhász, T., & Horváth-Csikós, G. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 6(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

Buck, G. (2018). The Core conditions of peer mentoring. Criminology and Criminal Justice, 18(2), 190–206. https://doi.org/10.1177/1748895817699659

Hays, D. W. (2014). Examining Differences between Millennial and All Employee Levels of Job Satisfaction and Importance and Satisfaction with the Immediate Supervisor Relationship. International Journal of Managerial Studies and Research, 2(8), 1–7. www.arcjournals.org

Lewis, R. A., & Roches, L. (2015). Generation Y at work: insight from experiences in the hotel sector. In International Journal of Business and Management: Vol. III (Issue 1).

Mayangdarastri, S., & Khusna, K. (2020). RETAINING MILLENNIALS ENGAGEMENT AND WELLBEING THROUGH CAREER PATH AND DEVELOPMENT. In Journal of Leadership in Organizations (Vol. 2, Issue 1). https://jurnal.ugm.ac.id/leadership

Nadya, A., & Farozin, M. (2021). Career guidance conceptualization to improve career adaptability for generation z. Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.21831/ProGCouns

Rahmadi, S. Ag. , M. Pd. I. (2011). PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN ANTASARI PRESS BANJARMASIN 2011.

Robert L Mathis ; John H Jackson. (2008). Strategic HR Management and Planning. http://thomsonedu.com/management/mathis.

Roger Bougie , Sekaran, U. (2016). Research Methods for business : a skill building approach. www.wileypluslearningspace.com

Sandeen, C. (2008). Boomers, Xers, and Millennials: Who are They and What Do They Really Want from Continuing Higher Education?

Wong, K., & Horan, R. (2021). Mentoring: Can you get too much of a ‘good thing’? Proposing enhancements to the ‘effectiveness framework’ the England and Wales Prison and Probation Service. European Journal of Probation, 13(3), 207–225. https://doi.org/10.1177/20662203211024105.

Downloads

Published

2022-10-03

How to Cite

Ningrum, D. N. (2022). Peran Mentor dan Pengelolaan Karir Generasi Millenial. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(1), 56–63. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i1.21461