Strategi Branding dan Positioning pada UMKM Olahan Salak Kabupaten Bangkalan

Authors

  • Dita Arisona Universitas Trunojoyo Madura
  • Nurita Indriani Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v4i4.22016

Keywords:

Strategi Branding, Strategi Positioning, Multidimensional Scaling

Abstract

Strategi branding dan positioning perlu dilakukan di setiap UMKM salah satunya UD. Budi Jaya dibawah naungan UMKM Kelompok Tani Ambudi Makmur yang bergerak dibidang olahan salak Kabupaten Bangkalan yang memiliki kendala dalam strategi pemasaran khususnya strategi produk. Hal ini dikarenakan UD. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menerapkan strategi branding dan positioning yang digunakan sebagai strategi produk pada UD. Budi Jaya yang nantinya berguna untuk meningkatkan strategi pemasaran dengan harapan agar usaha dapat berkembang dan bersaing di era industri 5.0. Penelitian ini menggunakan kuantitatif  karena penelitian menggunakan survey berupa kuesioner yang nantinya akan dilakukan sebagai positioning menggunakan multidimensional scaling yang nantinya dihasilkan berupa perceptual maping dengan tujuan dapat mengetahui posisi atribut UD. Budi Jaya dengan pesaiang yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan realibilitas, sampel yang digunakan sebanyak 60 responden yang dilakukan dengan convenience sampling. Dengan adanya penelitian ini diharapkan produk lebih dikenal lagi dan dapat memasarkan secara luas tidak hanya memasarkan di ruang lingkung daerah produksi.

References

Arsianti, Devi et al. 2020. “Marketing Strategy Analysis Of Arco Azka Manna Kitchen Msmes , Bengkulu Selatan Analisis Strategi Pemasaran Umkm Dapur Arco Azka Manna Bengkulu Selatan.†Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan 2(3): 222–29.

Hari Susanta Nugraha, Fitrie Ariyanti, Darwanto. 2017. “Penerapan Branding Pada Ukm Makanan Ringan Di Kabupaten Jepara.†Jurnal Administrasi Bisnis 6(1): 16–23.

Hartuti, E. T. K., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian serta Implikasinya pada Citra Perusahaan UMKM Makanan Tradisional Getuk Goreng di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1144-1149.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Heinberg, Martin, Constantine S. Katsikeas, H. Erkan Ozkaya, and Markus Taube. 2020. “How Nostalgic Brand Positioning Shapes Brand Equity: Differences between Emerging and Developed Markets.†Journal of the Academy of Marketing Science 48(5): 869–90.

Maiyuniarti, Devi Afriani, and Renny Oktafia. 2022. “( SMEs ) Processed with Chips in Kebonwaris Village , Pandaan District , Pasuruan Regency Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Usaha Kecil Dan Menengah ( UKM ) Olahan Kripik Di Desa Kebonwaris , Kecamatan Pandaan ,.†3(2): 506–16.

Merkle, Adam C. et al. 2020. “Exploring the Components of Brand Equity amid Declining Ticket Sales in Major League Baseball.†Journal of Marketing Analytics 8(3): 149–64. https://doi.org/10.1057/s41270-020-00083-7.

Panuntun Utami, Dyah. 2021. “Strategi Branding Untuk Membangun Image Positif Pangan Lokal Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah.†Journal of Food Technology and Agroindustry 3(1): 26–35.

Rofianto, W., Haque, M. G., Sunarsi, D., Purwanto, A., & Sapari, H. S. H. (2021). Cultural Product Branding, Antecedents, And Its Implications: A Study On The Context Of Indonesian Batik. International Journal Of Social, Policy And Law, 2(2), 37-46.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Arisona, D., & Indriani, N. (2022). Strategi Branding dan Positioning pada UMKM Olahan Salak Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(4), 485–501. https://doi.org/10.32493/JEE.v4i4.22016