Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Inovasi Melalui Entrepreneurial Self Efficacy Sebagai Variabel Mediasi

Authors

  • Ni Made Yudhaningsih Universitas Mahendradatta, Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v4i4.22027

Keywords:

Inovasi, Entrepreneurial Self Efficacy, Kompetensi Kepemimpinan, IKM

Abstract

Era digital membuat perubahan semakin cepat, berbagai inovasi tercipta di berbagai industri. Pemimpin memegang peranan penting dalam mewujudkan inovasi dalam sebuah organisasi.  Bonus demografi berupa jumlah sumber daya manusia berusia  produktif yang dimiliki bangsa Indosesia akan menjadi penopang terciptanya inovasi. Penelitian ini  bertujuan untuk mengkaji peran kompetensi kepemimpinan dalam meningkatkan inovasi melalui entrepreneurial self efficacy  sebagai variabel mediasi pada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) kreatif di Provinsi Bali. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah  pimpinan IKM di Provinsi Bali yang bergerak di bidang industri kreatif yaitu kriya, fashion dan kuliner yang berjumlah 616 dan jumlah sampel yang dipilih menggunakan metode Slovin sehingga diperoleh jumlah sebanyak 242 orang. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan PLS SEM untuk menilai inner dan outer model serta untuk menjawab hipotesis. Penelitian ini menemukan pengaruh positif dan signifikan variabel kompetensi kepemimpinan terhadap entrepreneurial self efficacy, sedangkan kompetensi kepemimpinan tidak mampu mempengaruhi inovasi secara langsung. Entrepreneurial self efficacy mampu sebagai pemediasi penuh antara kompetensi kepemimpinan terhadap inovasi. Pemerintah selaku regulator dapat melakukan pembinaan manajerial bagi pimpinan IKM di Provinsi Bali. Pembinaan manajerial yang diperlukan antara lain memberikan pendampingan teknis untuk dapat meningkatkan kompetensi kepemimpinan dan kepercayaan diri pelaku IKM dalam mengimplementasikan ide-ide kreatif untuk menciptakan produk dan jasa yang inovatif.

References

Albrecht, K. 2006. Social Intelligence: The New Science of Success. San Francisco : John Wiley & Sons.

Barakat, S., Boddington, M. & Vyakarnam, S. 2014. Measuring entrepreneurial self-efficacy to understand the impact of creative activities for learning innovation. The International Journal of Management Education, 12(3), Pp. 456-468.

Chen, Y. & Zhou, X. 2017. Entrepreneurial self-efficacy and firms innovation behavior: The negative mediating role of social capital. Social Behavior and Personality: an International Journal, 45(9), Pp. 1553-1562.

Elenkov, D. S., Judge, W. & Wright, P. 2005. Strategic leadership and executive innovation influence: an international multiâ€cluster comparative study. Strategic Management Journal, 26(7), Pp. 665-682.

Frese M. 2009. Toward a psychology of entrepreneurship an action theory perspective. Foundations Trends Entrepreneurship. 5(6), Pp. 437–96.

García-Morales, V. J., Jiménez-Barrionuevo, M. M. & Gutiérrez-Gutiérrez, L. 2012. Transformational leadership influence on organizational performance through organizational learning and innovation. Journal of Business Research, 65(7), Pp. 1040-1050.

Hair, J. F., Ringle, C. M. & Sarstedt, M. 2013. Partial least squares structural equation modeling: Rigorous applications, better results and higher acceptance. Long Range Planning, 46(1-2), Pp. 1-12.

Hemlin, S., Allwood, C. M. & Martin, B. R. 2008. Creative knowledge environments. Creativity Research Journal, 20(2), Pp. 196-210.

Hébert, R. F. & Link, A. N. 2006. The entrepreneur as innovator. The Journal of Technology Transfer, 31(5), Pp. 589-599.

İşcan, Ö. F., Ersarı, G. & Naktiyok, A. 2014. Effect of leadership style on perceived organizational performance and innovation: the role of transformational leadership beyond the impact of transactional leadership an application among Turkish SME's. Procedia Social and Behavioral Sciences, 150, Pp. 881-889.

Lee, C. & Hallak, R. 2018. Investigating the moderating role of education on a structural model of restaurant performance using multi-group PLS-SEM analysis. Journal of Business Research, 88, Pp. 298-305.

Lee, W.I., Chen, C.C. & Lee, C.C. 2015. The relationship between internal marketing orientation, employee commitment, charismatic leadership and performance. Proceedings of the 17th International Conference on Electronic Commerce in Seoul, ACM. Pp. 1-5.

Mastrangelo, A., Eddy, E.R. & Lorenzet, S.J. 2014. The relationship between enduring leadership and organizational performance. Leadership and Organization Development Journal, 35 (7), Pp. 590-604.

Matthews, G., Zeidner, M. & Roberts, R. D. 2002. Emotional Intelligence: Science and Myth. Cambridge : The MIT Press.

Rehman, S. U., Bhatti, A. & Chaudhry, N. I. 2019. Mediating effect of innovative culture and organizational learning between leadership styles at third-order and organizational performance in Malaysian SMEs. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1), Pp. 1-24.

Rogers, E.M., 2010. Diffusion of Innovations, 4th ed. New York: Free Press.

Shalley, C. E., & Gilson, L. L. 2004. What leaders need to know: A review of social and contextual factors that can foster or hinder creativity. The Leadership Quarterly, 15(1), Pp. 33-53.

Skarzynski, P. & Gibson, R. 2008. Innovation to the Core: A Blueprint for Transforming the Way Your Company Innovates, Massachusetts : Harvard Business Press.

Vlok, A. 2012. A leadership competency profile for innovation leaders in a science-based research and innovation organization in South Africa. Procedia Social and Behavioral Sciences, 41, Pp. 209-226.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Yudhaningsih, N. M. (2022). Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Inovasi Melalui Entrepreneurial Self Efficacy Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(4), 597–610. https://doi.org/10.32493/JEE.v4i4.22027