Pengaruh Corporate Image dan Product Image Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank BRI Cabang Sorong

Authors

  • Rais Dera Pua Rawi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Retno Dewi Wijiastuti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Melisa Melisa Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v4i4.22028

Keywords:

Corporate Image, Product Image, Keputusan Menjadi Nasabah

Abstract

Corporate image dan Product image akan menjadi dorongan seseorang sebelum memutuskan membeli barang atau jasa. keberhasilan usaha tersebut sangat ditentukan oleh kemampuan perusahaan dalam meciptakan reputasi yang baik dan juga memberikan produk berupa barang atau jasa yang berkualitas agar mendapatkan kepercayaan dan pengakuan dari masyarakat sehingga seseorang dapat memutuskan untuk menjadi konsumen atau nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Corporate image dan Product image terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank BRI Cabang Sorong. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji linearitas, asumsi klasik, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan 96 responden yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Terknik pengumpulan data dengan membagikan kuesioner kepada 96 responden yang merupakan nasabah Bank BRI Cabang Sorong serta menggunakan produk tabungan Britama, data yang digunakan ialah data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji F terdapat pengaruh yang signifikan variabel Corporate image dan Product image terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank BRI Cabang Sorong, dari dua variabel tersebut yang paling dominan adalah variabel Product image.

References

Ariani, Y., Trianita, M., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bung, U., & Padang, H. (2011). BANK RAKYAT INDONESIA.

Dewi Novitasari (2017). Pengaruh Corporate Image, User Image, Dan Product Image Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (studi kasus pada Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ungaran. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Faenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2008). How to Design and Evaluate Reaserch in Educaition.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irfa, F. A. (2016). (2009). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menabung di Bank Jatim Cabang Syariah Kediri. Landasanteori.Com, 2012, 1–17.

Novitasari, D., Studi, P., Syariah, P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2017). Pengaruh Corporate Image , User Image , Dan Product Image Terhadap Keputusan.

Prabowo, Y. W., Ep, D. A., Si, M., Prabawani, B., Sos, S., & Ph, D. (n.d.). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Paket Pt . Pos Indonesia ( Studi pada Kantor Pos Johar Kota Semarang ). 1–6.

Pratiwi, M. S., Suwendra, I. W., Yulianthini, N. N., & SE, M. (2014). Pengaruh Citra Perusahaan, Citra Produk dan Citra Pemakai Terhadap Keputusan Pembelian Produk Foremost pada Distro Ruby Soho di Singaraja. Jurnal Jurusan Manajemen, 2(1).

Rois, T. (2018). Pengaruh Corporate Image Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Bjb syari’ah Di Kabupaten Kuningan Dengan Brand Awareness Dan Trust Sebagai Variabel Mediasi. 14(1), 1–13.

Sugiyono, P. (n.d.). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Suparman, S., & Arifin, R. (2017). (2016). Pengaruh Citra Merek, Citra Perusahaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang). 68–82.

Tual, P. B. B. C. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Nasabah Dan Citra Produk Terhadap Kepuasan Nasabah.

Zulfikar, Z., & Hamdani, H. (2017). (2017). Pengaruh Citra Pembuat/Corporate Image, Citra Pemakai/User Image, Dan Citra Produk/Product Image terhadap loyalitas Nasabah Produk Tabungan Britamapada Pt. Bank Rakyat Indonesia Kota Lhokseumawe. 17(1), 22–31

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Rawi, R. D. P., Wijiastuti, R. D., & Melisa, M. (2022). Pengaruh Corporate Image dan Product Image Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank BRI Cabang Sorong. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(4), 611–619. https://doi.org/10.32493/JEE.v4i4.22028