Pengaruh Corporate Image dan Product Image Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank BRI Cabang Sorong
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v4i4.22028Keywords:
Corporate Image, Product Image, Keputusan Menjadi NasabahAbstract
Corporate image dan Product image akan menjadi dorongan seseorang sebelum memutuskan membeli barang atau jasa. keberhasilan usaha tersebut sangat ditentukan oleh kemampuan perusahaan dalam meciptakan reputasi yang baik dan juga memberikan produk berupa barang atau jasa yang berkualitas agar mendapatkan kepercayaan dan pengakuan dari masyarakat sehingga seseorang dapat memutuskan untuk menjadi konsumen atau nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Corporate image dan Product image terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank BRI Cabang Sorong. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji linearitas, asumsi klasik, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan 96 responden yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Terknik pengumpulan data dengan membagikan kuesioner kepada 96 responden yang merupakan nasabah Bank BRI Cabang Sorong serta menggunakan produk tabungan Britama, data yang digunakan ialah data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji F terdapat pengaruh yang signifikan variabel Corporate image dan Product image terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank BRI Cabang Sorong, dari dua variabel tersebut yang paling dominan adalah variabel Product image.References
Ariani, Y., Trianita, M., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bung, U., & Padang, H. (2011). BANK RAKYAT INDONESIA.
Dewi Novitasari (2017). Pengaruh Corporate Image, User Image, Dan Product Image Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (studi kasus pada Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ungaran. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Faenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2008). How to Design and Evaluate Reaserch in Educaition.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irfa, F. A. (2016). (2009). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menabung di Bank Jatim Cabang Syariah Kediri. Landasanteori.Com, 2012, 1–17.
Novitasari, D., Studi, P., Syariah, P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2017). Pengaruh Corporate Image , User Image , Dan Product Image Terhadap Keputusan.
Prabowo, Y. W., Ep, D. A., Si, M., Prabawani, B., Sos, S., & Ph, D. (n.d.). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Paket Pt . Pos Indonesia ( Studi pada Kantor Pos Johar Kota Semarang ). 1–6.
Pratiwi, M. S., Suwendra, I. W., Yulianthini, N. N., & SE, M. (2014). Pengaruh Citra Perusahaan, Citra Produk dan Citra Pemakai Terhadap Keputusan Pembelian Produk Foremost pada Distro Ruby Soho di Singaraja. Jurnal Jurusan Manajemen, 2(1).
Rois, T. (2018). Pengaruh Corporate Image Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Bjb syari’ah Di Kabupaten Kuningan Dengan Brand Awareness Dan Trust Sebagai Variabel Mediasi. 14(1), 1–13.
Sugiyono, P. (n.d.). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Suparman, S., & Arifin, R. (2017). (2016). Pengaruh Citra Merek, Citra Perusahaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang). 68–82.
Tual, P. B. B. C. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Nasabah Dan Citra Produk Terhadap Kepuasan Nasabah.
Zulfikar, Z., & Hamdani, H. (2017). (2017). Pengaruh Citra Pembuat/Corporate Image, Citra Pemakai/User Image, Dan Citra Produk/Product Image terhadap loyalitas Nasabah Produk Tabungan Britamapada Pt. Bank Rakyat Indonesia Kota Lhokseumawe. 17(1), 22–31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).