Keterlibatan Kayawan dan Kinerja Karyawan di UMKM Provinsi Banten Indonesia: Peran Mediasi Kreatifitas Karyawan
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v4i4.22030Keywords:
Keterlibatan, Kreatifitas, Kinerja KaryawanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi hubungan antara keterlibatan karyawan (Employee Engagement) dan kinerja karyawan UMKM (mikro) di Provinsi Banten Indonesia, dan untuk menguji apakah kreativitas karyawan memediasi hubungan antara keterlibatan dan kinerja karyawan. Sampel penelitian terdiri dari 98 karyawan yang bekerja di 30 UMKM (mikro). Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berkaitan dengan keterlibatan karyawan, kreatifitas dan kinerja karyawan. Metode kuantitaf dan alat analisis data mengunakan SEM SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif yang signifikan dari keterlibatan karyawan pada kinerja pekerjaan. Namun, analisis mediasi menggunakan metode bootstrap menunjukkan bahwa kreativitas telah sepenuhnya memediasi hubungan antara keterlibatan dan kinerja. Studi ini memperluas penelitian sebelumnya dan meningkatkan validitas eksternal dari temuan dengan menyelidiki hubungan antara keterlibatan dan kinerja karyawan UMKM. Selain itu, ini adalah salah satu studi penelitian pertama yang mengeksplorasi peran kreativitas dalam hubungan antara dua variabel; ini membantu dalam meningkatkan pemahaman kita tentang model dan membantu dalam meningkatkan efek keterlibatan pada kinerja karyawan.References
Abualoush, S. H., Obeidat, A. M., Tarhini, A., Masa’deh, R., & Al-Badi, A. (2018). The role of employees’ empowerment as an intermediary variable between knowledge management and information systems on employees’ performance. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, 48(2), 217–237. https://doi.org/10.1108/VJIKMS-08-2017-0050
Astuti, T. P., Sitawati, R., & Tukijan. (2019). Pengaruh Kreativitas dan Perilaku Inovatif Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Hotel Pandanaran Semarang). Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 47, 53–64.
Baharsyah, A. R., & Nugrohoseno, D. (2021). Pengaruh Employee Engagement Terhadap Job Performance Melalui Creativity Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 1279–1292.
Baran, M. (2017). THE IMPORTANCE OF MENTORING IN EMPLOYEE WORK ENGAGEMENT – BASED ON RESEARCH OF COMPANY EMPLOYEES IN POLAND. 16(2), 33–56.
C. Fornell & D. Larcker. (2012). Equation Algebra Unobservable Error : Variables. Journal of Marketing Research, 18(3), 382–388.
Dajani, M. A. Z. (2015). The Impact of Employee Engagement on Job Performance and Organisational Commitment in the Egyptian Banking Sector. The American Journal of Clinical Nutrition, 3(5), 138–147. https://doi.org/10.1093/ajcn/24.6.694
Dama, J., & Ogi, I. W. . (2018). Pengaruh Inovasi Terhadap Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk. Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1), 41–50.
Hair, J. F., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). Rethinking some of the rethinking of partial least squares. European Journal of Marketing, 53(4), 566–584. https://doi.org/10.1108/EJM-10-2018-0665
Hermawan, H., Thamrin, H. M., & Susilo, P. (2020). Organizational Citizenship Behavior and Performance: The Role of Employee Engagement. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 1089–1097. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO12.1089
Hermina, U. N., & Yosepha, S. Y. (2019). The Model of Employee Performance. International Review of Management and Marketing, 20(2), 379–390. https://doi.org/10.17512/pjms.2019.20.2.32
Hofmans, J., Theuns, P., & Mairesse, O. (2007). Impact of the number of response categories on linearity and sensitivity of self-anchoring scales: A functional measurement approach. Methodology, 3(4), 160–169. https://doi.org/10.1027/1614-2241.3.4.160
Hughes, D. J., Lee, A., Tian, A. W., Newman, A., & Legood, A. (2018). Leadership, creativity, and innovation: A critical review and practical recommendations. Leadership Quarterly, 29(5), 549–569. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2018.03.001
Pattnaik, S. C., & Sahoo, R. (2021). Employee engagement, creativity and task performance: role of perceived workplace autonomy. South Asian Journal of Business Studies, 10(2), 227–241. https://doi.org/10.1108/SAJBS-11-2019-0196
Setiawan, A. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja. AGORA, 5(3), 1–7.
Shin, L. R., & Hyun, S. S. (2019). Impact of managerial influence tactics on job creativity and performance: A focus on Korean airline service employees. Sustainability (Switzerland), 11(16). https://doi.org/10.3390/su11164429
Soori, Z., & Ferasat, H. (2016). The Relationship between Creativity and Job Performance Khorramabad Municipal Departments. J. Appl. Environ. Biol. Sci, 6(3S), 192–198. www.textroad.com
Vila-Vázquez, G., Castro-Casal, C., & Ãlvarez-Pérez, D. (2020). From LMX to individual creativity: Interactive effect of engagement and job complexity. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(8). https://doi.org/10.3390/ijerph17082626
Wajong, B. E. R., Irawan, D., Wylen, & Bernarto, I. (2020). Persepsi Karyawan pada CSR, Keterlibatan Karyawan, dan Kepemimpinan Etis pengaruhnya terhadap Kreatifitas Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 10(2), 72–79.
Wenjing, C., Wei, S., & Shuliang, Z. (2013). An Empirical Study on the Effects of Creative Personality and Job Autonomy on Individual Innovation Performance of Knowledge Workers. International Business and Management, 6(2), 24–30. https://doi.org/10.3968/j.ibm.1923842820130602.1045
Wicaksono, B. D., & Rahmawati, S. (2020). Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital Institut Pertanian Bogor. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 10(2), 133–146. https://doi.org/10.29244/jmo.v10i2.30132
Ximenes, M., Supartha, W. G., Manuati Dewi, I. G. A., & Sintaasih, D. K. (2019). Entrepreneurial leadership moderating high performance work system and employee creativity on employee performance. Cogent Business and Management, 6(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2019.1697512
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).