Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri

Authors

  • Rifatun Nadhiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Syahirul Alim Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v4i4.22031

Keywords:

Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Fisik, Motivasi Intrinsik, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan unsur yang penting bagi perusahaan atau organisasi dalam mencapai tujuan. Kinerja sumber daya manusia yang baik diharapkan dapat meningkatkan kemajuan sebuah perusahaan serta menunjang perusahaan untuk dapat bertahan dalam kondisi perekonomian yang sulit. Strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan menerapkan kepemimpinan yang handal dan menciptakan lingkungan kerja yang baik sehingga diharapkan pegawai akan terdorong untuk memberikan kinerja baiknya, serta dengan adanya kepemimpinan dan lingkungan yang baik karyawan mampu memotivasi dirinya sendiri untuk terus bekerja dengan giat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, lingungan kerja fisik dan motivasi intrinsik terhadap kinerja karyawan yang dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 45 responden. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis regresi linier berganda. Adapun yang menjadi variabel bebasnya adalah kepemimpinan, lingkungan keja fisik dan motivasi intrinsik. Sedangkan yang menjadi variabel terikatnya adalah kinerja pegawai. Hasil uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kepemimpinan, lingkungan kerja, dan motivasi intrinsik terhadap variabel kinerja pegawai.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Penerbitan Zanafa.

Arifa, S. N., & Muhsin, M. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Kerja. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 374-389.

Dewi, N. N. (2019). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Menggunakan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Media Mahardhika, 17(2), 278-288.

Gary, Yukl, 2015, Leadership in Organizati-ons, Fifth Edition, Printice-Hall, Inc, Eng-lewood, New Jersey, Alih Bahasa : Budi Supriyanto, 2009, Kepemimpinan Dalam Organisasi, Penerbit Indeks, Jakarta.

Garaika, G. (2020). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 21(1), 28-41.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Halawa, B. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Fanayama Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(2).

Husein Umar. (2005). Metode Penelitian Untuk Tesis dan Bisnis. Jakarta: Grafindo Persada.

Husain, B. A., Novendri, I., Sunarsi, D., & Sutrisno, S. (2022). Analisis Gaya Kepemimpinan dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Karyawan pada PT. Nusalima Kelola Sarana Tangerang Selatan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 374-379.

Aryono, I. A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. KAI DAOP 6 Yogyakarta dengan variabel Motivasi sebagai intervening. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Jain, D. R., & Kaur, S. (2014). Impact of Work Environment on Job Satisfaction. International Journal of Scientific and Research Publications. 4 (1).

Jatmiko, Enggar Dwi, Bambang Swasto dan Gunawan Eko N (2015). Pengaruh motivasi kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan Pabrik II PT. Petrokimia Gresik. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 21(1).

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Nahrun, N., Mas' ud, M., & Sufri, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang. Journal of Management Science (JMS), 1(2), 244-262.

Rumondor, R. B., Tumbel, A., & Sepang, J. L. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggomalut. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2).

Samsudin. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung Pustaka Setia.

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Mnajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sekamdo, M. A., Prabowo, E. S., & Wiratno, E. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Motivasi dan Kinerja Perangkat Desa di Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1215-1226.

Shodikin, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang). Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 61-72.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriyanto, Achmad Sani dan Vivin Maharani. (2013). Metode Penelitian Sumber Daya Manusia Teori, Kuisioner, dan Analisis Data. Malang: UIN-Malang Press.

Suwanto & Donni Juni Priansa. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi & Bisnis. Bandung: Alfabeta

Suwanto, S., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja yang Berdampak pada Kinerja Karyawan pada PT Surya Pratama Gemilang di Bekasi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(2), 471-484

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Nadhiyah, R., & Alim, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(4), 638–644. https://doi.org/10.32493/JEE.v4i4.22031