Digital Marketing dan Brand Awareness Serta Pengaruhnya Terhadap Penjualan Endek Bali di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v5i1.24762Keywords:
Brand Awareness, Digital Marketing, Endek Bali, PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap peningkatan penjualan endek Bali di masa pandemi covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang sudah pernah membeli endek Bali pada masa pandemi covid-19. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Temuan dari penelitian ini adalah digital marketing dan brand awareness baik secara partial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan endek Bali. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengusaha UMKM, khususnya pada industri endek Bali. Peningkatan penjualan endek Bali dapat ditingkatkan dengan pemanfaatan digital marketing dan penguatan brand awareness perusahaan.References
Aaker. 2018. Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta :Mitra Utama
Ardani, W. 2022. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban. Vol. 2. No 1. Hal. 40-47
Kotler, P., & Keller, K. 2016. A Framework for Marketing Management. (Sixth Edit). Pearson Education Limited.
Rao, Purba. 1996. Measuring consumer perception through factor analysis. The asianmanager. February-march, pp 28-23.
Safitri, W.N., Suddin, A. 2020. Analisis Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia . Hal. 35-47 .
Stephen, A. T. 2016. The role of digital and social media marketing in consumer behavior. Current Opinion in Psychology, Vol. 10, hal: 17–21.
Zulham 2017. Penerapan Teknologi Informasi Menentukan Keberhasilan Dunia Perusahaan Industri, Jurnal Warta. Vol. 53, Hal. 1-17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).