Digital Marketing dan Brand Awareness Serta Pengaruhnya Terhadap Penjualan Endek Bali di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Wayan Ardani Universitas Mahendradatta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v5i1.24762

Keywords:

Brand Awareness, Digital Marketing, Endek Bali, Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap peningkatan penjualan endek Bali di masa pandemi covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang sudah pernah membeli endek  Bali pada masa pandemi covid-19. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.  Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Temuan dari penelitian ini adalah digital marketing dan brand awareness baik secara partial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan endek Bali. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengusaha UMKM, khususnya pada industri endek Bali.  Peningkatan penjualan endek Bali dapat ditingkatkan dengan pemanfaatan digital marketing dan penguatan brand awareness perusahaan.

References

Aaker. 2018. Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta :Mitra Utama

Ardani, W. 2022. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban. Vol. 2. No 1. Hal. 40-47

Kotler, P., & Keller, K. 2016. A Framework for Marketing Management. (Sixth Edit). Pearson Education Limited.

Rao, Purba. 1996. Measuring consumer perception through factor analysis. The asianmanager. February-march, pp 28-23.

Safitri, W.N., Suddin, A. 2020. Analisis Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia . Hal. 35-47 .

Stephen, A. T. 2016. The role of digital and social media marketing in consumer behavior. Current Opinion in Psychology, Vol. 10, hal: 17–21.

Zulham 2017. Penerapan Teknologi Informasi Menentukan Keberhasilan Dunia Perusahaan Industri, Jurnal Warta. Vol. 53, Hal. 1-17.

Downloads

Published

2022-10-03

How to Cite

Ardani, W. (2022). Digital Marketing dan Brand Awareness Serta Pengaruhnya Terhadap Penjualan Endek Bali di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(1), 182–189. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i1.24762