Adopsi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kinerja (Studi Empiris UMKM di Wilayah Kabupaten Wonosobo Tahun 2022)

Authors

  • Fella Yunita Fitriyani Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, Indonesia
  • Titik Rahayu Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v5i2.27782

Keywords:

UMKM, Adopsi Teknologi Informasi, pemanfaatan teknologi informasi, kinerja UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh adopsi teknologi informasi yang fit sesuai dengan kriteria dan kapasitas UMKM dan pemanfaatan teknologi informasi tersebut untuk menunjang kinerja UMKM demi mewujudkan UMKM yang bisa bedaya saing, dan going concern ditengah berbagai kendala yang harus dihadapi dalam penglolaan UMKM pada era digitalisasi ekonomi 4.0.Metodelogi – populasi di dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Wonosobo yang jumlah keseluruhan UMKM adalah sebanyak 30.010 UMKM (data diperoleh dari Dinas UMKM dan Koperasi kabupaten Wonosobo tahun 2022). Data penelitian menggunakan Teknik pengambilan sampling berdasarkan pada beberapa kriteria tertentu kemudian ditemukan ada 110 sampel yang dipakai untuk mengeneralisasi atas informasi yang dibutuhkan. Data dianalisa dengan pengujian path analysis, namun sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada konstruk yang akan dipakai. Untuk menjamin bahwa tidak ada masalah dalam persamaan regresi maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji otokorelasi. Pengujian analisis data menggunakan uji t dan uji F.Hasil - Hasil penelitian diperoleh bahwa ada keterkaitan antara Kriteria atau jenis usaha UMKM dengan kapasitas UMKM, adopsi teknologi yang fit juga dipengaruhi oleh kriteria usaha dan kapasitas usaha UMKM. Pemanfaatan teknologi juga dipengaruhi oleh Kriteria UMKM dan kapasitas usaha UMKM. Penelitian ini juga bisa mengukur peningkatan dari kinerja UMKM setelah UMKM mengadopsi dan memanfaatkan aplikasi teknologi informasi.Implikasi – Bagi pelaku UMKM secara umum memberikan informasi bahwa ditengah persaingan industry diera digitalisasi ekonomi diperlukan pembaharuan dan dibutuhkan kemauan untuk memanfaatkan aplikasi teknologi informasi untuk mendukung proses bisnis UMKM secara berkelanjutan.Orisinalitas – Penelitian ini mengambil arah dari teori Technology to Performance Chain (TPC) dikembangkan oleh Godhue dan Thompson (1995). TPC menyatakan bahwa peran teknologi penting untuk menghasilkan kinerja yang positif (meningkat), agar memberikan pengaruh atau kinerja yang positif maka teknologi tersebut harus sesuai atau pas (Fit) dengan jenis pekerjaan yang dilakukan dan teknologi tersebut harus dimanfaatkan.

References

Aisyah, R. F., Diana, N. (2022, Februari). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce dan Dampaknya Pada Kinerja UMKM di Masa Pandemi Covid-19 (Studi kasus Pelaku UMKM di Kecamatan Singosari kabupeten Malang). E-Jurnal Riset Akuntansi, 11 (1): 57-68.

Akbar, S. F., Firdhaus, A. (2022, Mei). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Gubeng Surabaya. Jurnal Proaksi, 9 (2): 173-187.

Anggraeni, D. F., Hayat, A., Hardjanto, I. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitas Pihak Eksternal fan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung†di Keurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1 (6): 1286-1295.Goodhue, L. D., Thompson, R.L. (1995). Task Technology Fit and Individual Performance. Management Information Systems Research. 19. 213.

Ardianto, M., Achjari, D. (2005). Pengaruh Karakteristik Pimpinan, Karakteristik Organisasi dan Karakteristik Teknologi terhadap Pengadopsian Teknologi Informasi Pada Usaha Kecil di Yogyakarta. (Tesis). Universitas Gajah Mada.

Asbari, M., Novitasari, D., Sudiyono, Suroso, N. R., Pebrina, T. E. (2022). Adopsi Teknologi Informasi dan Knowledge Sharing : Analisis Mediasi Budaya Organisasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1): 1349-1357.

Dewi, K. E., Purwatiningsih. (2021, September). Pengaruh Jenjang Pendidikan dan Skala Usaha terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM Kecamatan Pamulang Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Akuntansi Barelang, 5 (2): 30-48.

Eto, W., Faried, E., Livia, F. M. (2019, Agustus). Penerapan Model Technology-to Performance Chain pada Cyber Campus. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, 5 (2):176-183.

Erdawati, L., Dadang, D., Sunaryo, D., (2021). Pengaruh persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Tentan Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Competitive Jurnal Akuntansi, 5 (1): 47-56.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Holmes, Scott, N. (2011). Accounting information by Australian Small Busines. Journal of Small Business Management. University of Newcastle.

Mardikanto, T. (2009). Sistem Penyuluhan di Indonesia. Sebelas Maret University Press . Surakarta.

Praditya, A. R. (2022, Juni). Adopsi E-Commerce dari Usaha Kecil dan Menengah Selama Pandemi Covid-19. International Journal of Social, Policy and Law, 3 (2): 6-10.

Rantetoding, A. G. (2021). Analisis Technology to Performance Chan dalam Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah. (Skripsi belum diterbitkan). Universitas Hasanudin.

Saifuddin, R. (2020, Juni). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Jurnal kelitbangan Inovasi Pembangunan, 8 (2): 183-192.

Saifullah, R. M. (2015). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi (Adopsi Inovasi dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi pad UMKM Kampung Sepatu Tambak Osowilangon, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya). Jurnal Kebijakan dan Manajemen Public, 3 (2): 132-141.

Sulindawati, E. G. L. N., Suryantini, P. L. (2020). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Penggunaan Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Modal Pinjaman terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 11 (2): 125-135.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Andi offset. Yogyakarta.

Suliyanto. (2011). Ekonomika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Andi Offset. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Fitriyani, F. Y., & Rahayu, T. (2023). Adopsi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kinerja (Studi Empiris UMKM di Wilayah Kabupaten Wonosobo Tahun 2022). Jurnal Ekonomi Efektif, 5(2), 227–234. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i2.27782

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif