Upaya Peningkatan Layanan Diklat Pembentukan di Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v5i2.27786Abstract
Meningkatkan kinerja organisasi, maka diperlukan suatu sistem berbasis kinerja.Tujuan penelitian ini untuk melihat kinerja pelayanan diklat pembentukan sesuai dengan 4 perspektif balanced scorecard dan menganalisis upaya peningkatan pelayanan diklat pembentukan di Poltektrans SDP Palembang. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan populasi sekaligus sampel penelitian sebanyak 201 taruna. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang keabsahannya di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan 4 (empat) perspektif yang diukur sesuai dengan indikator pada tiap – tiap perspektif. Hasil penelitian kinerja perspektif keuangan rasio ekonomis dikategorikan ekonomis, nilai rasio efisiensi dikategorikan cukup efisiensi, nilai rasio efektifitas dikategorikan cukup efektif. Kinerja perspektif pelanggan memperoleh nilai sebesar 3,26 dikategorikan baik. Kinerja perspektif proses internal bisnis dinilai pada proses inovasi dan proses operasi, pada proses inovasi dikriteriakan baik, dan pada proses operasi dikriterikan baik. Kinerja Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada retensi pegawai di kriteriakan kurang baik, pelatihan pegawai dan produktivitas pegawai dikategorikan baik.References
Bahrul, Kirom. 2021. Mengukur Kinerja Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Dwi Septa Aryani, SE. Msi. A. 2016. “Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang.†Analisis Penerapan Balance Scorecard Sebagai Alternatif Pengukuran Kinerja Di Universitas Tridinanti Palembang 5:1–18.
Ekonomi, Fakultas, Universitas Kanjuruhan, Terhadap Kinerja, Pegawai Negeri, and Sipil Pada. 2010. “Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Daerah Kota Malang.†Jurnal Ekonomi MODERNISASI 6(2):140–60.
Fernandes, Yolanda Darma, and Doni Marlius. 2018. “Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang.†Akademi Keuangan Dan Perbankan Padang 1–12.
Junaidi, Riko, Febsri Susanti, Sekolah Tinggi, Ilmu Eknomi, and " Kbp. 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Uptd Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.†Jurnal Manajemen Dan Informasi 2(3):13.
Kaplan Robert & David P. Norton. 2000. Balanced Scorecard : Menetapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.
Kementerian Keuangan RI. 2020. “Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 129/PMK.05/2020 Tentang Pedoman Pengelolaan Badan Layanan Umum.†189.
Kementerian Perhubungan. 2007. “Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 52 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Dan Pelatihan Transportasi.â€
Kementerian Perhubungan. 2017. “Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Di Lingkungan Kementerian Perhubungan.â€
Kementerian Perhubungan. 2019. “Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 62 Tahun 2018 Tentang Organisasi Tata Kerja Politeknik Transportasi Sungai, Danau, Dan Penyeberangan Palembang.â€
Kiswara, Soraya Hanuma; endang. 2011. “ANALISIS BALANCE SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT Astra Honda Motor).†Jurnal Ekonomi 9(2):109–17.
Lembaga, Kepala, and Administrasi Negara. 2018. “Peraturan_Kepala_LAN_Nomor_10_Tahun_2018.â€
Rahayu, K. S. 2015. “Pengukuran Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Daerah Dengan Pendekatan Balanced Scorecard.†Jurnal Administrasi Publik 14(1):27–42.
Sa’adah, Lailatus. 2018. BALANCED SCORECARD TEORI DAN APLIKASI. Palembang: DEEPUBLISH.
Sugiri, Dani. 2022. “Inovasi Badan Layanan Umum ( BLU ) Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Masa Pandemi COVID-19.†5(2):74–79.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sukesti, Fatmasari. 2010. “Analisis Penggunaan Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja Pada Universitas Muhammadiyah Semarang.†Prosiding Seminar Nasional UNIMUS 416–24.
Verlandes, Y. V, and S. Hariati. 2019. “Implementasi Pengukuran Kinerja Pada Pemerintah Kabupaten Jombang Dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard.†PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi Dan … 2(September):112–28.
Wibowati, JanuarIda. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang.†Jurnal Manajemen 8(2):15–31. doi: 10.36546/jm.v8i2.348.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).