Pengaruh Faktor Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja para Anggota Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) di Kabupaten Cirebon

Authors

  • Muhammad Sahlan International Women University, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v5i2.27914

Keywords:

Disiplin Kerja Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh motivasi kerja, gaya kepemimpinan, dan disiplin kerja, terhadap kinerja relawan pendamping masyarakat (TPM) di Kabupaten Cirebon. Metode survei dan penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis jalur digunakan dalam penelitian ini untuk melakukan pengujian terhadap hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja, gaya kepemimpinan, disiplin kerja, terhadap kinerja secara simultan. Sedangkan secara parsial menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja, gaya kepemimpinan menunjukkan hubungan positif dan signifikan terhadap kinerja, dan disiplin kerja menunjukkan hubungan positif dan signifikan terhadap kinerja. Selain itu, dalam penelitian ini juga ditemukan fakta bahwa motivasi kerja merupakan salah satu faktor yang memberikan pengaruh paling besar jika dibandingkan dengan faktor yang lain.

References

Abdul Kodir, Ending, 2011, Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Inspektorat Kabupaten Indramayu, Program Pascasarjana Magister Manajemen STIE Cirebon.

Arikunto, Suharsini, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rinneka Cipta, Jakarta.

Avlonitis, G.J. and Gounaris, S.P. 1999. †Marketing Orientation and its Determinants: Empirical Analysisâ€, European Journal of Marketing. Vol. 33 No. 2 11/12, p 1003.

Cantika, Sri B, 2005 , Manajemen Sumber Daya Manusia , UMM Press , Malang.

Cay, S., Gandung, M., Ilham, N., Teriyan, A., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Pesona Cahaya Gemilang di Serpong Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 474-483.

Dimyati, Sohib, 2010,Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Madya Bandung, Program Pascasarjana Magister Manajemen, Universitas Pasundan Bandung.

Gunawan Hendra, 2010, Pengaruh Disiplin dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Implikasinya Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Soreang, Program Pascasarjana Magister Manajemen, Universitas Pasundan Bandung.

Hamzah, Ardi, 2007, Penyelarasan Strategi Bisnis dan Strategi Sistem Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Kinerja Organisasi, Snati, Yogyakrta.

Hermawan F.K., 2007, Peranan Teknologi Tepat Guna Bidang Irigasi Sebagai Model Operasi dan Pemeliharaan Partisipasi, Jurnal Komunitas, vol.3.

Hunger dan Wheelen, 2001, Manajemen Strategis, Andi, Yogyakarta.

Imam Wahjono Sentot, 2009, Perilaku Organisasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Indiyanti Dian, 2012, Pengaruh Budaya Organisasi dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Modal Intelektual Serta Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing, Unpad, Bandung

Indrawan Rully, Poppy Yaniawaty, 2016, Metodologi Penelitian, Aditama, Bandung.

Kreitner Robert dan Kinicki Angelo, 2005, Perilaku Organisasi, Edisi 5.

Laurensius Manurung, 2010, Strategi dan Inovasi Model Bisnis Meningkatkan Kinerja Usaha, Elexmedia Komputindo, Jakarta.

Marwansyah, 2000, Manajemen Sumberdaya Manusia, Pusat Penerbit Administrasi Negara Politeknik Negeri, Bandung

Mudrajad, Kuncoro, 2001, Metode Kuantitatif, AMP YKKL, Yogyakarta.

Purwadhi Sri Hardiyanti dan Budi Sanjoto Tjaturahono, 2009, Pengantar Interpretasi Citra Penginderaan Jauh, Lapan, Jakarta.

Ribhan, 2008, Hubungan Karkteristik Individu dengan Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada PT. Chandra Superstore Tanjung Karang Bandar Lampung, Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.4).

Robbins P Stephen, 2006 , Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Prenhallindo, Jakarta.

Sarwono, Jonathan, 2006, Analisis Jalur Untuk Riset Bisnis dengan SPSS, Andi, Yogyakarta.

Sedarmayanti, 2001, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Mandar Maju, Bandung.

Siagian, Sondang P, 2007 , Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Soleiman, Einar Christian, 2010, Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Karyawan (Studi Pada Toserba Surya Cirebon), Program Pascasarjana Magister Manajemen STIE Cirebon.

Suardi Agas, 2010, Hubungan Antara Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Dengan Kinerja Guru Pada SMP Negeri Di Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan, Program Pascasarjana Magister Manajemen STIE Cirebon.

Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Konsep dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Suryana, Sumantri, 2007, Perilaku Organisasi, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Timpe, A.Dale, 2002, Memotivasi Pegawai, Elexmedia Komputindo, Jakarta.

Wahyuni, S., Joesyiana, K., & Harahap, A. R. I. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Biro Perencanaan Umum dan Anggaran Polda Riau. eCo-Buss, 5(1), 297-308.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Sahlan, M. (2023). Pengaruh Faktor Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja para Anggota Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) di Kabupaten Cirebon. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(2), 310–315. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i2.27914

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif