Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Eiger (Studi Kasus pada Konsumen Eiger di Kota Bandung)

Authors

  • Pipin Sukandi Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Fathurrizqi Maulidan Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v5i2.27915

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Produk Eiger

Abstract

Penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk eiger pada konsumen di kota Bandung. keputusan pembelian merupakan suatu sikap yang telah ditunjukkan oleh konsumen dimana melalui suatu proses penilaian dan juga pemilihan yang dilakukan oleh konsumen setelah mereka membeli suatu produk dengan sesuai harapan untuk mencapai rasa puas dalam memenuhi kebutuhan mereka maka dari itu adanya haga serta kualitas dari sebuah produk menjadi acuan konsumen dalam memutuskan untuk bertransaksi terhadap produk yang mereka inginkan. Metode penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (Explanatory Research) dimana peneliti melakukan penjabaran dari kedudukan serta keterikatan antar variabel dengan melakukan uji hipotesis. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan software SPSS versi 26. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) Hasil uji secara parsial variabel harga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk eiger (2) Hasil uji secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk eiger (3) Hasil uji secara simultan variabel harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk eiger.

References

Armstrong, G., & Kotler, P. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Vol. 13). Jakarta: Erlangga.

Arry Widodo, R. Y. (2020). Metodologi Penelitian Penentuan Metode Dengan Pendekatan Partial Least Square - Structrual Equation Modeling (PLS-SEM).

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1), 71-85.

Kotler, P & Keller. 2020. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Nasution, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.

Nurjaya, N., Dutawaskita, N. I., Erlangga, H., Hastono, H., & Sunarsi, D. (2022). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada PT. Lautan Surga di Jakarta. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 80-92.

Putri, A. W., Ramdhan, A. M., & Danial, R. D. M. (2022). Pengaruh Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 5(2), 1254-1262.

Saridewi, D. O., & Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1722–1738. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1072

Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Sukandi, P., & Maulidan, F. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Eiger (Studi Kasus pada Konsumen Eiger di Kota Bandung). Jurnal Ekonomi Efektif, 5(2), 316–320. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i2.27915

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif