Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Eiger (Studi Kasus pada Konsumen Eiger di Kota Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v5i2.27915Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Produk EigerAbstract
Penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk eiger pada konsumen di kota Bandung. keputusan pembelian merupakan suatu sikap yang telah ditunjukkan oleh konsumen dimana melalui suatu proses penilaian dan juga pemilihan yang dilakukan oleh konsumen setelah mereka membeli suatu produk dengan sesuai harapan untuk mencapai rasa puas dalam memenuhi kebutuhan mereka maka dari itu adanya haga serta kualitas dari sebuah produk menjadi acuan konsumen dalam memutuskan untuk bertransaksi terhadap produk yang mereka inginkan. Metode penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (Explanatory Research) dimana peneliti melakukan penjabaran dari kedudukan serta keterikatan antar variabel dengan melakukan uji hipotesis. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan software SPSS versi 26. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) Hasil uji secara parsial variabel harga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk eiger (2) Hasil uji secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk eiger (3) Hasil uji secara simultan variabel harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk eiger.
References
Armstrong, G., & Kotler, P. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Vol. 13). Jakarta: Erlangga.
Arry Widodo, R. Y. (2020). Metodologi Penelitian Penentuan Metode Dengan Pendekatan Partial Least Square - Structrual Equation Modeling (PLS-SEM).
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1), 71-85.
Kotler, P & Keller. 2020. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Nasution, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.
Nurjaya, N., Dutawaskita, N. I., Erlangga, H., Hastono, H., & Sunarsi, D. (2022). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada PT. Lautan Surga di Jakarta. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 80-92.
Putri, A. W., Ramdhan, A. M., & Danial, R. D. M. (2022). Pengaruh Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 5(2), 1254-1262.
Saridewi, D. O., & Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1722–1738. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1072
Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).