Strategi Pengembangan dan Pengelolaan UMKM Kerajinan Tenun Cagcag pada Masa Pandemi di Desa Pejeng Kangin

Authors

  • I Made Gunawan Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia
  • Putu Indah Rahmawati Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia
  • Ni Made Ary Widiastini Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v5i2.27918

Keywords:

Pengembangan UMKM, Pengelolaan UMKM, Tenun Cagcag

Abstract

Kerajinan tenun merupakan sebuah seni menenun yang merupakan salah satu kegiatan produktif yang sangat dihargai di berbagai budaya di seluruh dunia. Tenun adalah proses pembuatan tekstil dengan menyambung benang-benang menjadi sebuah kain atau bahan tekstil lainnya. Kerajinan tenun bisa dilakukan dengan berbagai macam teknik, mulai dari tenunan tangan hingga menggunakan mesin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi dan strategi yang digunakan oleh UMKM kerajinan tenun Cagcag untuk dapat berkembang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis yang bersifat analisis deskriptif untuk melihat suatu fenomena yang selanjutnya dapat digunakan untuk membangun prediksi dan memberikan eksplansi fenomena yang diteliti. Bedasarkan wawancara dan observasi yang penulis lakukan di lapangan baik itu dengan pengurus maupun pengerajin dari kedua kelompok tenun ini, saat ini dari kelompok tenun Merak Mas dalam proses produksinya masih sedikit. Hal ini menjadi salah satu penghambat dalam proses produksi pada kelompok tenun Merak Mas. Kelompok tenun Sari Bakti dalam proses produksinya sudah mulai ada peningkatan dan jumlah penenum pun sudah mulai meningkat pula.

References

Abidin, A. Z., & Dharma, M. B. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional, (9), 461–475.

Ain, Z. N., Nuringwahyu, S., Krisdianto, D., Studi, P., Bisnis, A., Administrasi, F. I., Islam, U., Mt, J., Malang, H., Universitas, L., Malang, I., Mt, J., & Malang, H. (2021). PERENCANAAN STRATEGI BISNIS DISTRIBUTOR DAGING Analysis Summary ( IFAS ) dan Matrik Summary ( EFAS ). 10(2), 232–237.

Andryani, K., & Nurdiarti, R. (2018). Pengelolaan Manajemen Krisis oleh Humas pada Instansi Kesehatan di Wilayah Yogyakarta Tahun 2017. ETTISAL Journal of Communication, 3(2). http://dx.doi.org/10.21111/ettisal.v3i2.1930

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247.

Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4), 275. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.30941

Hidayah, U., Mulatsih, S., & Purnamadewi, Y. L. (2019). Analisis Kinerja Dan Strategi Pengembangan Umkm Alas Kaki Di Desa Pagelaran. Jurnal Benefita, 4(3), 435. https://doi.org/10.22216/jbe.v4i3.4232

Kristiyanti, & Lisda Rahmasari, S. (2015). Website sebagai Media Pemasaran Produk-Produk Unggulan UMKM di Kota Semarang. Juni, 13(2), 186.

Kurniawan, M. Z., Ula, M. F., & Setyawan, A. (2020). Pengaruh Zakat Produktif, Manajemen Usaha, dan Pendampingan Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Mustahik di LAZNAS LMI Unit Layanan Blitar. BISEI: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 5(02), 31–40. https://doi.org/10.33752/bisei.v5i02.1120

Martha Tri Lestari, Hadi Purnama, C. A. (2020). Apakah Praktik Public Relations Sudah Siap Are Public Relations Practices Ready To Manage Communication Crisis in the 4 . 0 Era ? Jurnal Signal, 8(2), 122–133.

Maulida, S., & Yunani, A. (2017). Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 181–197.

Murfi, A., Fathurrochman, I., Atika, A., & Saiva Jannana, N. (2020). Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di Indonesia. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 119–136. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.51-07

Pangestika, P., Santoso, I., & Astuti, R. (2016). Strategi Pengembangan Potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) dengan Dukungan Kucuran Kredit ( Studi Kasus : UMKM Kabupaten XYZ ) The Development Strategy of Potential Business of Micro , Small , and Middle ( Case Study : MSMEs of XYZ Regency ). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(2), 84–95.

Perdhanawati, V. (2017). Manajemen Usaha Busana Konveksi, Modiste Dan Bordir Di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Penelitian Busana Dan Desain (JPBD), 1(1), 12.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Salim, M. A., & Siswanto, A. B. (2019). Analisis SWOT Dengan Metode Kuesioner - Google Books. Pilar Nusantara, June. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_SWOT_Dengan_Metode_Kuesioner/ST8pEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=analisis+swot&printsec=frontcover

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Setiawati, I. T., & Ningsih, S. (2018). Manajemen Usaha Pengolahan Abon Ikan Lele (Clarias gariepinus) di P2MKP Jaya Mandiri Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 12(2), 95–110. https://doi.org/10.33378/jppik.v12i2.103

Siregar, R. T., Silitonga, H. P., & Putri, J. A. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 133–142.

Suadnyana, I. B. P. E. (2020). Kain Tenun Cagcag pada Upacara Manusa Yadnya di Kelurahan Sangkaragung Kabupaten Jembrana. Jurnal Teologi Hindu, 2(1), 51–60. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jnanasidanta/article/view/820/698

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif.

Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).

Syarif, A., Tan, M. I., & Marsyaf, A. (2022). MANAJEMEN USAHA DI KOTA JAMBI. 11(01), 234–242.

Wilujeng, S., & Nuryana, I. (2016). Pengembangan Rumah Pemberdayaan Susu Melalui Manajemen Usaha Dan Produksi Di Kelurahan Songgokerto Kota Batu. Jurnal Abdimas, 20(2), 133–142.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Gunawan, I. M., Rahmawati, P. I., & Widiastini, N. M. A. (2023). Strategi Pengembangan dan Pengelolaan UMKM Kerajinan Tenun Cagcag pada Masa Pandemi di Desa Pejeng Kangin. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(2), 357–368. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i2.27918

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif