Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Wardah di Indonesia

Authors

  • Friska Shintya Dewi Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University, Indonesia
  • Yulia Nur Hasanah Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v5i3.28748

Keywords:

Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Brand Image, Brand Trust Dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh electronic word of mouth (e-wom), brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian bedak wardah di indonesia. Dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel electronic word of mouth (e-wom), brand image dan brand trust dan pengaruh variabel electronic word of mouth (e-wom), brand image, brand trust terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan skala likert sebagai pengukarannya. Dengan pengambilan sampelnya dilakukan dengan metode non – probability samping dengan rumus bernoulli dengan tingkat akurasi yang diinginkan (e) sebesar ±5 % dengan nilai level of confidence 95 %. dan menghasilkan 385 responden . Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif dan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis deskriptif hasil tanggapan responden menunjukan bahwa electronic word of mouth  pada bedak wardah sudah berjalan dengan baik, brand image  bedak wardah sudah  dengan baik, adanya kepercayaaan kosumen terhadap produk bedak Wardah dan adanya keputusan pembelian yang  sudah berjalan dengan baik pada produk bedak wardah. Sehingga dalam penelitian ini dapat disimpulan bahwa electronic word of mouth  pada bedak wardah sudah berjalan dengan baik, brand image  bedak wardah sudah  dengan baik, adanya kepercayaaan kosumen terhadap produk bedak Wardah, adanya keputusan pembelian yang sudah berjalan dengan bail pada produk bedak wardah, terdapat pengaruh secara signifikan antara electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk bedak Wardah, terdapat pengaruh secara signifikan antara brand image terhadap keputusan pembelian produk bedak Wardah. 

References

Agatha, C., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame Di Manado the Effect of Brand Image and Electronic Word of Mouth on Interest To Buy Oriflame Consumers in Manado. Riset Ekonomi, 7(1), 131–140.

Alrwashdeh, M. & Emeagwali, O. (2019). Pengaruh Komunikasi Word of Mouth Elektronik terhadap Niat Beli dan Citra Merek: Merek Smartphone Pemohon di Siprus Utara. Ilmu Manajemen.

Amron, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil MPV. Jurnal Ilmiah Eropa, 14 (13), 228.

Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengolahan data SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Claranita, L. (2020). Analisa Pengaruh Product Quality Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Madame Chang Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 11.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Jakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J. Dan Marticotte, F 2010. E-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administration Sciences, 27(1),5-23.

Hansopaheluwakan dkk. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Niat Membeli Melalui Preferensi Merek. Jurnal Arkeologi Mesir/ Mesir Palarch, 18(1), 505–517.

Hasan. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps (Center For Academic Publishing Service).

Herviani, V., Hadi, P., & Nobelson. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, E-Wom, dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Prosiding Biema, 1(1), 60–74.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: Refika ADITAMA.

Ismagilova, E., Dwivedi, YK, Slade, E., & Williams, MD (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) dalam Konteks Pemasaran. Dalam SpringerBriefs dalam Bisnis. http://link.springer.com/ 10.1007/978-3-319-52459-7.

Khairunnisa, EI, & Genoveva. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Innisfree Kosmetik Korea di Jabodetabek). Jurnal Manajemen Bisnis, 14(1), 45–60.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Prinsip Pemasaran. Dalam Kanker Kandung Kemih Invasif (Edisi ke-16). https://doi.org/10.1007/978-1-84628-377-2_3.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (3rd ed.). Pearson Education Limited.

Nafisah, F. R., & Murniningsih, R. (2021). Pengaruh E-WOM dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Price Discount Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Konsumen Shopee di Kota Magelang). Jurbe, September, 301–309.

Nurpratomo. 1. (2020). Pengaruh EWoM (Electronic Word of Mouth) Pada Akun Instagram Bandung Makuta Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Bandung. Bandung. Tidak Dipublikasikan.

Oscar, Y., & Keni, K. (2019). Pengaruh Brand Image, Persepi Harga, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 20. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300.

Putra. A. (2017). Pengaruh Iklan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. 1-11.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukardi.

Sukri. S. A. (2020). Basic Marketing Strategy, Lombok: Pemuda Aswaja.

Downloads

Published

2023-04-07

How to Cite

Dewi, F. S., & Hasanah, Y. N. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Wardah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 395–405. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i3.28748

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif