Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Marketplace
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v5i3.29299Keywords:
Consumer behavior, Marketplace, Marketing mix strategyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan skala prioritas atribut, sikap dan perilaku, serta menentukan penyusunan strategi bauran pemasaran pada pembelian online marketplace di Kota Bogor. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari 385 responden di wilayah Kota Bogor. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis model multiatribut fishbein, norma subjektif dan teori tindakan beralasan. Hasil dari analisis menunjukan perilaku konsumen pada marketplace adalah baik atau positif. Strategi pemasaran bagi Bukalapak yang dapat diambil adalah menjaga nilai kepercayaan untuk atribut yang paling dipentingkan oleh konsumen (evaluasi) dan meningkatkatkan atribut yang masih belum mampu memenuhi syarat evaluasi konsumen yaitu difokuskan pada atribut promosi dan strategi harga. Studi ini memberikan perspektif baru tentang sikap dan perilaku pelanggan terhadap keputusan pembelian di marketplace terbesar di Indonesia.
References
Achsa, Andhatu., & Dewi, Mey Sinta Etika (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen: Studi Pada Online Shop Shopee. Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 20. No. 1. pp. 80-87. https://doi.org/10.32722/eb.v20i1.4065.
Annie. 2020. “Peta E-Commerce Indonesiaâ€. Diambil dari : https://iprice.co.id/. diakses pada 10 Juni 2021.
Batavio, A Bardo, Husni Amani, and Wawan Tripiawan. 2017. “Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Layanan Website Bukalapak Dengan Metode Conjoint.†EProceedings of Engineering 4(2):2813–20.
Damiati, dkk. 2017. Perilaku Konsumen. Depok: Rajawali Pers.
Dea. 2019. “E-commerce trend in Indonesiaâ€. Diambil dari : https://blog.jakpat.net/. Pada 10 Juni 2021.
Dewi, Siti Kumala, Pamasang S. Siburian, and Herning Indriastuti. 2017. “Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil The Influence of Consumer Motivation , Perceptions and Consumer Attitudes toward Car Purchase Decisions.†9(2):105–10.
Dwi, H.J & Muhammad Ahsan Ridhoi, (2021) Nilai Transaksi E-Commerce. Diambil dari : https://databoks.katadata.co.id/ 7 Juni, 2021).
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik Jogjakarta: Andi Offset.
Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.
Hari Widowati, (2020) Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce Tercepat di Dunia. Diambil dari : https://databoks.katadata.co.id/ 7 Juni, 2021.
Hasanudin, (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Penjualan E-Commerce di Media Sosial. Jurnal Ekonomi Bisnis Vol 20 No 1 : 41 – 50.
Irwansyah, dkk. 2021. Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2014. “Principles of Marketing†(14thEdition). Pearson, New Jersey
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Krisdiana, Siska. 2018. “Analisis Preferensi Konsumen Pengguna Transportasi Online Pada Sistem Pembayaran Digital (Studi Kasus Pengguna Gojek Di Kota Malang).†Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 6(2):1–16.
Lampengan, P., J. D. D. Massie, and F. Roring. 2019. “Pengaruh Motivasi, Kepercayaan Dan Sikap Konsumen Terhadap Minat Beli Pengguna Online Shop Zalora Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat Manado.†Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7(4). doi: 10.35794/emba.v7i4.26449.
Manossoh, Angelina, Lisbeth Mananeke, and Agus Soegoto. 2015. “Analisis Perbandingan Sikap Konsumen Terhadap Penggunaan Produk Shampoo Clear Dan Shampoo Pantene Di Winangun.†Jurnal EMBA.
Mita Melinda, (2021). "Cara mendapatkan gratis ongkir". Diambil dari : https://www.wigatos.com/ 7 Juli, 2021.
Oishe, Sanjida Farhana. (2017). “Customer Behavior Towards E-Commerce in Bangladesh: An Empirical Study On Selected B2C E-commerce Site.†International Journal of Business and Management , 5(1). Doi: 10.20472/BM.2017.5.1.003
Peter, J. & Olson, J, C. 2013. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Edisi 9. Edited By M. Mansykur. Jakarta: Salemba Empat
Pradana, Mahir. 2016. “Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia.†Modus 27(2):163. doi: 10.24002/modus.v27i2.554.
Rachmawati, R; Wartaka, M; Hadi, W.(2022). Analysis of Consumer Attitudes and Behavior Towards Kebab Skin Stick Snacks (Stikbab) in Bogor City. The Management Journal Of Binaniaga, 7 (1), 13-30. Doi: 10.33062/mjb.v7i1.486
Sangadji, Etta Mamang, and Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen-Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. ketiga. edited by N. WK. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Setiadi, N, J. 2019. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Ketiga. Jakarta : Prenadamedia Group
Simarmata, H, M, P. 2021. Manajemen Perilaku Konsumen Dan Loyalitas. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D cetakan ke 2. Bandung: Penerbit Alfabeta. 148-149, 184 & 198.
Sumarwan, Ujang, Hartoyo, and dkk. 2018. Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen Dan Marketing Plan. Cetakan 1. edited by U. Sumarwan. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Suworo. 2019. Analisis Sikap Multiatribut Fishbein Produk Smartphone Samsung Dan Oppo (Studi Kasus Mahasiswa S1 Unpam Kelas Reguler B). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(1), 67–81.
Syahnaz, Nanda Bella Fidanty, Wahyono (2016). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online. Management Analysis Journal Vol 5 No. 4 p.389-399 DOI 10.15294/MAJ.V5I4.5571.
Wartaka, M., & Sumardjono. (2020). Analysis of consumer behavior in buying instant noodles (case studies in the Bogor City Area). The Management Journal of Binaniaga, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33062/mjb.v5i2.384.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).