Studi Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image dan Trust di Sektor Pariwisata (Traveloka) Pasca Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v5i4.31446Keywords:
Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Trust, Purchase IntentionAbstract
Di era yang terus berkembang, teknologi semakin berkembang semakin pesat dengan berjalannya waktu. Kemajuan teknologi yang bisa kita rasakan salah satunya perkembangan teknologi pada penggunaan internet khususnya perdagangan online khususnya pada pembelian tiket perjalanan pada travel agent secara online. Traveloka merupakan travel agent no 1 di Indonesia, namun terlihat e-wom, brand image, serta trust Traveloka belum cukup baik, diikuti juga dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan domestik di Indonesia pasca Pandemi covid-19. Penelitian ini untuk melihat pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image dan trust Traveloka pada seluruh wilayah Indonesia. Peneliti memakai pendekatan kuantitatif serta analisis deskriptif. Peneliti menggunakan non-probability sampling pada 400 orang dengan skala likert. Metode analisis data memakai partial least square pada software SmartPLS 3.0. Hasil yang didapatkan yaitu, variabel electronic word of mouth (X) terdapat pengaruh secara positif serta signifikan kepada variabel brand image (Z1), trust (Z2) dan purchase intention (Y), variabel brand image (Z1) positif dan tidak memiliki pengaruh terhadap variabel purchase intention (Y) serta positif dan berpengaruh sebagai variabel intervening antara electronic word of mouth (X) dan purchase intention (Y), variabel trust (Z2) terdapat pengaruh secara positif serta tidak signifikan pada purchase intention (Y), adanya pengaruh secara positif serta tidak signifikan sebagai variabel intervening electronic word of mouth (X) dan purchase intention (Y), adanya pengaruh secara positif dan tidak siginifikan Electronic Word Of Mouth (X) terhadap Brand Image (Z1) yang dimediasi oleh Trust (Z2) pada Traveloka, pengaruh secara positif dan tidak signifikan Trust (Z2) terhadap purchase intention (Y) yang dimediasi oleh brand image (Z1) pada Traveloka serta adanya pengaruh secara positif dan signifikan Electronic Word Of Mouth (X) terhadap purchase intention (Y) yang dimediasi oleh trust (Z2) dan brand image (Z1) pada Traveloka.References
Aktan, M., Zaman, U., FarÃas, P., Raza, S. H., & Ogadimma, E. C. (2022). Real Bounce Forward: Experimental Evidence on Destination Crisis Marketing, Destination Trust, e-WOM and Global Expat’s Willingness to Travel during and after COVID-19. Sustainability (Switzerland), 14(3). https://doi.org/10.3390/su14031111
Alrwashdeh, M., Emeagwali, O. L., & Aljuhmani, H. Y. (2019). The effect of electronic word of mouth communication on purchase intention and brand image: An applicant smartphone brands in north Cyprus. Management Science Letters, 9(4), 505–518. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.1.011
Bauman, A., & Bachmann, R. (2017). Online consumer trust: Trends in research. In Journal of Technology Management and Innovation (Vol. 12, Issue 2, pp. 68–79). Universidad Alberto Hurtado. https://doi.org/10.4067/S0718-27242017000200008
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). E-WOM scale: Word-of-mouth measurement scale for e-services context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23. https://doi.org/10.1002/cjas.129
Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronic Word-of-Mouth (eWOM). https://doi.org/10.1007/978-3-319-52459-7_3
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Kazmi, A., & Mehmood, Q. S. (2016). The effect of electronic word of mouth communication and brand image on purchase intention: A case of consumer electronics in Haripur, Pakistan. Management Science Letters, 409–508. https://doi.org/10.5267/j.msl.2016.5.003
Kevin Lane Keller. (2020). Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity Global Edition.
Kudeshia, C., & Kumar, A. (2017). Social eWOM: does it affect the brand attitude and purchase intention of brands? Management Research Review, 40(3), 310–330. https://doi.org/10.1108/MRR-07-2015-0161
Mahat, N. Z. D., & Hanafiah, M. H. (2020). Help me tripadvisor! examining the relationship between tripadvisor e-WOM attributes, trusts towards online reviews and travellers behavioural intentions. Journal of Information and Organizational Sciences, 44(1), 83–112. https://doi.org/10.31341/jios.44.1.4
Nuseir, M. T. (2019). The impact of electronic word of mouth (e-WOM) on the online purchase intention of consumers in the Islamic countries – a case of (UAE). Journal of Islamic Marketing, 10(3), 759–767. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2018-0059
Putra, T. R. I., Ridwan, & Kalvin, M. (2020). How Electronic Word of Mount (E-Wom) Affects Purchase Intention with Brand Image As A Mediation Variable: Case of Xiaomi Smartphone in Student. Journal of Physics: Conference Series, 1500(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1500/1/012094
Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Informatika Angkatan 2020 Universitas Mahakarya Asia PSDKU Baturaja). In Journal Management (Vol. 20, Issue 1).
Rahman, A., Abir, T., Muhammad, D., Yazdani, N.-A., Bakar, A., Hamid, A., & al Mamun, A. (n.d.). Brand Image, eWOM, Trust and Online Purchase Intention of Digital Products among Malaysian Consumers.
Reyes-Menendez, A., Saura, J. R., & Martinez-Navalon, J. G. (2019). The Impact of e-WOM on Hotels Management Reputation: Exploring TripAdvisor Review Credibility with the ELM Model. IEEE Access, 7, 68868–68877. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2919030
Salim, Y. U., Widaningsih, S., & Psi, S. (n.d.). ANALISIS MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PROGRAM KURSUS BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA KURSUS BAHASA NORTHERN LIGHTS EDUCATION CENTER (NLEC) BANDUNG ANALYSIS OF CUSTOMER BUYING INTENTION ON ENGLISH COURSE PROGRAM AT LANGUANGE COURSE NORTHERN LIGHTS EDUCATION CENTER (NLEC) BANDUNG. www.infokursus.net/sie/rekap-jenkurkabkota
Seo, E. J., Park, J. W., & Choi, Y. J. (2020). The effect of social media usage characteristics on e-WOM, trust, and brand equity: Focusing on users of airline social media. Sustainability (Switzerland), 12(4). https://doi.org/10.3390/su12041691
Shim, J., Moon, J., Song, M., & Lee, W. S. (2021). Antecedents of purchase intention at starbucks in the context of covid-19 pandemic. Sustainability (Switzerland), 13(4), 1–14. https://doi.org/10.3390/su13041758
Zhao, Y., Zhang, X., Wang, J., Zhang, K., & Ordóñez de Pablos, P. (2020). How do features of social media influence knowledge sharing? An ambient awareness perspective. Journal of Knowledge Management, 24(2), 439–462. https://doi.org/10.1108/JKM-10-2019-0543.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).