Analisis Pemasaran Stratejik Pembiayaan Perumahan Syariah di Sumatera Barat: Studi Pada Bank BTN Kantor Cabang Syariah Padang

Authors

  • Fithriyani Fithriyani Indonesia Banking School, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Marissa Grace Haque Indonesia Banking School, Jakarta Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v5i4.31457

Keywords:

KPR iB, Kontrak MMQ, Analisis SWOT, Matriks IE, Strategi Empat Langkah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisis jenis strategi sejauh mana atau to what extent ketepatan stratejik pemasaran pembiayaan perumahan secara syariah yang telah dilakukan oleh Bank BTN Syariah KC Padang selama ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran, dilengkapi dengan analisis deskriptif. Metode analisis SWOT digunakan untuk menentukan kepentingan syariah dari masing-masing syariah dan faktor Posisi kompetitif Bank BTN Syariah KC Padang ditentukan oleh uji Matriks IE di kuadran atau sel IV, Dengan menelaah posisi tersebut, kita dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebagai berikut: (1) kemampuan bersaing; (2) kekuatan; (3) kelemahan; (4) peluang; dan (5) ancaman. Dalam hal ini, Bank BTN Syariah KC Padang harus menerapkan strategi sebagai berikut: (1) penetrasi pasar; (2) pengembangan pasar; dan (3) strategi integrasi horizontal, selain mengembangkan inovasi kreatif.

References

Ali, M. H. (2020). Penerapan Etika Bisnis Dan Strategi Manajemen Saat Pandemi Covid- 19 Bagi UMKM. Eco-Entrepreneur. Vol .6, No. 1 , p. 34-42.

Abidin, M. (2004). Implementasi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Padang: Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau.

Ajisman. (2002). Rahmah el-Yunusiyah: Tokoh Pembaharuan Pendidikan dan Aktivis Perempuan di Sumatra Barat. Padang: Badan Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata, Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional.

Al-Qur’an. (2017). An-Nahl: 80 (Terjemahan). Bandung: Mizan.

Andriyas, H; Simatupang, B.M; dan Sirait, K, B. (2020). The Impact of Digital Advancement in Bangking Industry Marketing The Case of Indonesia. Unit Research and Knowledge, SBM ITB. p 856-864.

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat.(2022). Realisasi Penyaluran Dana FLPP 2022, https://tapera.go.id/produk/realisasi-2022 (Diunduh pada 9 Maret 2022).

Bank BTN. (2022). Produk dan Jasa BTN Syariah 2022, https://www.btn.co.id/id/Syariah-Home (Diunduh pada 10 November 2022).

Cooper, D and Schindler, P.S. (2008). Business Research Method, 12thEdition. Boston: MacGraw Hill.

David, F. R and David, M. E. (2017). Strategic Management: Concepts and Cases: a Competitive Advantage Approach. London: Pearson Education.

Derama, T dan Aransyah, M. T. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis SWOTdan Waspas pada Jasa Percetakan Undangan Confetti Project. Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), Vol. 8 No. 1, p. 18-29.

Dewan Syariah Nasional. (2008). Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 73/DSN-MUI/XI/2008.

Edwar. (1981). Riwayat Hidup dan Perjuangan 20 Ulama Besar Sumatera Barat. Padang: Islamic Center Sumatra Barat.

Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik dalam Lembaga Pendidikan.Continuous Education: Journal of Science and Research, Vol.1, No. 1, p.11-23.

Firdaus, M. I; Azizah,P. N dan Sa'adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKMdi Era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, Vol. 4, No. 2 , p. 154-162.

Fitriyanti. (2001). Roehana Koeddoes Perempuan Sumatera Barat. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan.

Gusti, A. (2003). Kamus Sejarah Minangkabau. Padang:Pusat Pengkajian IslamMinangkabau.

Hadler, J. (2008). Muslims and Matriarchs: Cultural Resilience in Indonesia Through Jihad and Colonialism. New York: Cornell University Press.

Hamka, A. K. A. (1967). Ayahku: Riwayat Hidup Dr. H. Abdul Karim Amrullah dan Perjuangan Kaum Agama di Sumatera. Jakarta: Umminda.

Haque, M. G; Iskandar, A. S. I; Erlangga, H dan Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori dan Implementasi. Jakarta: Gramedia.

Haque, M. G; Nasri, R and Nuraeni. (2022). SMEs Halal Culinary Strategy During the Pandemic Era in South Tangerang. JournalJurnal Manajemen, Vol. 26, No. 2, p.351-367.

Haque, M. G; Munawarman, M; Sunarsih, D and Bahsudin, A. (2021). Competitive Advantage in Cost Leadership and Differentiation of SMEs “Bakoel Zee†Marketing Strategy in BSD. Pinisi Discretion Review, Vol. 4, No. 2, p. 277-284.

Haque, M. G. (2020). The Effect of Digital Marketing and Media Promotion Utilization to a Bakpia Patok Yogyakarta SMES’ Sales Performance. Journal Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi, Vol. 10, No. 1, p. 233-242.

Haque, M. G; Munawaroh, D dan Sunarsi. (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pandemic: a Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others, Vol. 3, No. 2, p. 447-451.

Hardiani, V and Haque, M. G. (2020). Analisis Strategi Pemasaran LPH (Lembaga Pemeriksa Halal): Studi Pada Kantor Pusat SBU KSP PT Sucofindo (Persero). ConferenceSENIMA: Seminar Nasional Manajemen 5, p.1615-1639.

Hasan, Ali. (2010). Marketing Bank Syari’ah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ilyas, Rahmat (2019). Analisis Resiko Pembiayaan Bank Syariah. Bisnis: Jurnal Bisnis dan Managemen Islam, Vol. 7.

Jahroni, Jajang. (2002). Haji Rangkayo Rasuna Said: Pejuang Politik Penulis Pergerakan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kameel; Meers and Larbani. (2006). Seignorage of Fiat Money and the Maqasid Al-Syariah. Emerald Insight Journal of Humanomics, Vol. 22, No. 2, p. 84-97.

Kim, W and Mauborgne. (2005). Blue Ocean Strategy: Menciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetisi Tak Lagi Relevan, Indonesia (Terjemaham). Massachusetts: Harvard Business School.

Kotler, P; Kartajaya, H and Setiawan, I. (2011). Marketing 3.0: From Products to Customers to the Human Spirit. Singapore: Springer.

Likert, R dan Likert, J. G. (1976). New ways of managing conflict. New York: McGraw-Hill.

Maslow, A. H. (2014). A Theory of Human Motivation, 1943. E-book: Wilder Publication.

Magdalene. (2020). Her Story:Perempuan Nusantara di Tepi Sejarah. Jakarta: P.T. Elex Media Komputindo.

Nurohman, Y. A. dan Qurniawati, R. S. (2021). Persepsi Nasabah Generasi Z Pasca Pengumuman Merger Bank Syariah. Jurnal Ilmiah - STIE AMA Salatiga, Vol. 14, No. 2, p. 13-28.

PBI (Peraturan Bank Indonesia). (1998). Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Undang Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, Pasal 1 ayat 13.

POJK (Peraturan Otoritas Jasa Keuangan). (2017). Kajian Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan: Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

POJK (Peraturan Otoritas Jasa Keuangan). (2008). Undang-Undang No. 21 Tahun 2008, Tentang Perbankan Syariah, Pasal 1 butir 1. Jakarta: Otiratas Jasa Keuangan.

Prabowo, H. S. dan Sofyan, H. (2009). The Subprime Mortgage crisis: Islamic Economics Perspective. Perbanas Quarterly Review: Perbanas Institute.

Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rusyd, I. (2016). Bidayat al-Mujtahid wa Nihayat al-Mugtashid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Rusyd, I. (2000). Bidayat al-Mujtahid wa Kifayah al-Mugtashid. Mesir: Darussalam.

Saydam, G. (2004). Kamus LengkapBahasa Minang (Minang-Indonesia) Bagian Pertama. Padang: Penerbit Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau (PPIM).

Siravati, S.A. (2018). Dampak Kebijakan Loan to Value dan Variabel Makro Ekonomi terhadap Permintaan Kredit Pemilikan Rumah. Economics Development Analysis Journal, Vol. 7, No. 4, p. 404-411.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutiyem dan Fitri, T. A. (2021) Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ulak Karang Padang. Jurnal Pundi, Vol. 05, No. 03, p. 351-360.

Triandharta, R and Haque, M. G. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Produk KPR iB dengan Akad Musyarakah Muttanaqishah (MMQ): Studi Pada PT Bank Frwrd. Journal Jurnal Ilmu Manajemen & Ekonomika, Vol. 11, No. 1, p. 35-43.

Triputra, F and Haque, M. G. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Kantor Konsultan Hukum di Bawah Kode Etik Advokat Indonesia: Studi pada Firma Hukum ABC di Jakarta. Journal Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 4, No. 04, p.657-669.

Thomas, S; Kureshi, S and Vatavwala, S. (2019). Cause-Related Marketing Research (1988–016): An Academic Review and Classification. Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing, Vol. 10, No. 10, p.1–29.

Umar, Husein. (2010). Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Raja Grafindo.

Usman dan Kadir, H. A. (2002). Kamus Umum Bahasa Minangkabau-Indonesia. Padang: Penerbit Anggrek Media.

Usman, H; Projo, N.W.K; Chairy, C and Haque, M.G. (2022), The exploration role of Sharia compliance in technology acceptance model for e-banking (case: Islamic bank in Indonesia). Journal of Islamic Marketing, Vol. 13, No. 5, p. 1089-1110.

White, S. (2013). Women in Southeast Asian Nationalist Movements. Singapore: NUS Press.

Winda, D.A. (2009). Profil 143 Pahlawan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Timur.

Yusof, M. R; Usman, F. H; Mahfudz, A. A and Arif, A. S. (2018). Macroeconomic shocks, fragility and home financing in Malaysia: can rental index be the answer? Journal of Islamic Accounting and Business Research, Vol. 9, No. 1, p. 17-44.

Downloads

Published

2023-07-02

How to Cite

Fithriyani, F., & Haque, M. G. (2023). Analisis Pemasaran Stratejik Pembiayaan Perumahan Syariah di Sumatera Barat: Studi Pada Bank BTN Kantor Cabang Syariah Padang. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(4), 762–773. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i4.31457

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif