Pengaruh Online Costumer Review dan Online Costumer Rating Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Mahasiswa Universitas Telkom Bandung Program Studi Administrasi Bisnis)
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i1.34511Keywords:
Perilaku Konsumen, Online Customer Review, Online Customer Rating, Minat BeliAbstract
Meningkatnya pengguna internet juga mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian sebuah produk atau jasa. Perubahan berbelanja konsumen dari offline menjadi online sehingga mendorong partumbuhan E-Commerce kian pesat. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling, jumlah sampel yang diteliti oleh peneliti adalah sebanyak 166. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa secara parsial menunjukan bahwa online customer review dan online customer rating berpengaruh terhadap minat beli, hal ini dikarenakan hasil thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabelnya dan secara simultan online customer review dan online customer rating bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli mahasiswa Universitas Telkom pada produk Shopee.
References
Aziz, T., Haryadi, R. N., Riyanto, S., & Usman, H. M. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2).
Dimas bayu. 2022. “apjii: pengguna internet indonesia tembus 210 juta pada 2022.†Data indonesia.id. 2022. diambil tanggal 16, februari 2023 Https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022.
Dwi hadya. 2021. “pengunjung situs Shopee terbesar di indonesia.†Data books. 2021. diambil tanggal 16, februari 2023 Https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/07/06/pengunjung-situs-Shopee-terbesar-di-indonesia.
Emzir. (2019). Metodologo penelitian pendidikan. Jakarta: rajawali pers.
Fabiana meijon fadul. (2019). “pengaruh online Customer review online Customer rating terhadap keputusan pembelian,†no. 2015: 9–27.
Farisi, salman, siti, and ratna. (2020). “analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada E-Commerce Shopee.†Jiagabi 9 (2): 377–85.
Firman. 2021. “meneropong masa depan ekonomi melalui transaksi digital.†Bang firman’blog. 2021. diambil tanggal 17, februari 2023 Https://bangfirman.com/2021/01/meneropong-masa-depan-ekonomi-nasional-melalui-pemanfaatan-transaksi-digital/.
Ghozali. (2018). Analisis multivariat. Semarang: universitas diponegoro.
Hariyanto, halila , and trisunarno. (2021). “analisis pengaruh online customer review, online customer rating, star seller terhadap kepercayaan pelanggan hingga keputusan pembelian pada toko online di Shopee.†Jurnal teknik its 9 (2). Https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56728.
Ichsan, masyita, helni mutiarsih jumhur, and soeparwoto dharmoputra. (2018). “Effect of consumer online rating and review to buying interst on tokopedia marketplace region dki jakarta.†E-proceeding of management 5 (2355–9357): 1828–35.
Iprice.co.id. (2022). “situs perbandingan harga terbesar di indonesia.†Iprice.co.id. 2022. diambil tangg 17, februari 2023 Https://iprice.co.id/.
Kim, su jung, ewa maslowska, and edward c. Malthouse. (2018). “understanding the effects of different review features on purchase probability.†International journal of advertising 37 (1): 29–53.
Kotler, philip. (2019). Manajemen pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga.
Latief, fitriani, and nirwana ayustira. (2019). “pengaruh online Customer review customer rating terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di sociolla.†Jurnal mirai managemnt 4 (2): 122–36. Retrieved february 16, 2023 Https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai.
Yahya, A., & Haryadi, R. N. (2023). The Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Decisions at Kentucky Fried Chicken Serpong Branch Tangerang Selatan. Kompartemen: Kumpulan Orientasi Pasar Konsumen, 1(1), 31-36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).