PT. CIMB Niaga TBK. Bersaing Menjadi Pemenang Pemasaran KPR Syariah: Sebuah Tinjauan Stratejik

Authors

  • Marissa Grace Haque Indonesia Banking School, Jakarta, Indonesia
  • Siham Madihah Indonesia Banking School, Jakarta, Indonesia
  • Santi Rimadias Indonesia Banking School, Jakarta, Indonesia
  • Hadiah Fitriyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i1.34519

Keywords:

KPR iB, Kontrak MMQ, Analisis SWOT, Matriks IE, FStrategi Empat Langkah

Abstract

Pasca pandemi COVID19, sektor perumahan pada kuartal ketiga tahun 2020, mulai pulih setelah. KPR iB (Kredit kepemilikan rumah syariah) adalah bisnis yang rentan mengalami pasang surut. Pasca pandemi, kondisi persaingan antar lembaga keuangan yang bergerak di bidang yang sama, menjadi sangat ketat.  Diperlukan inovasi dengan menciptakan produk KPR iB yang mudah diterima pasar, Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui posisi aktor dan faktor, sisi kompetitifnya ditentukan melalui uji Matriks IE pada kuadran (sel IV), pada strategi pertumbuhan konsentrasi berdasarkan integrasi horizontal. Hasil dan diskusi berfokus pada: (1) kemampuan bersaing; (2) kekuatan; (3) kelemahan; (4) peluang; dan (5) ancaman. Dalam hal ini, P.T Bank CIMB Niaga Tbk harus menerapkan strategi sebagai berikut: (1) penetrasi pasar; (2) pengembangan pasar; dan (3) strategi integrasi horizontal, selain pengembangan inovasi kreatif.

References

Amin, H. (2008). Choice Criteria for Islamic Home Financing: Empirical Investigation Among Malaysian Bank Customers, International Journal of Housing Markets and Analysis, Vol. 1, No. 3, p. 256-74.

Antonio, M.S. (2001). Bank, Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani.

Achsien, I, H. (2000). Investasi Syariah di Pasar Modal: Menggagas Konsep dan Praktek Manajemen Portofolio Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darmawan. (2004). Taktik & Strategi. Jakarta:Buana Ilmu Populer.

David, F. R. (2017). Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Fithriyani, F dan Haque, M, G. (2023). Analisis Pemasaran Stratejik Pembiayaan Perumahan Syariah di Sumatera Barat: Studi Pada Bank BTN Kantor Cabang Syariah Padang. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), Vol.5, No.4, p. 762 - 773.

Haris, H. (2017). Pembiayaan Kepemilikan Rumah (Sebuah Inovasi Pembiayaan Perbankan Syariah), La Riba Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 1, No.1, p. 113-125.

Haque-Fawzi, M.G; Iskandar, A.S; Erlangga, H; Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori dan Implementasi. Jakarta: Pascal Books.

Haque, M.G; Nasri, R; Nuraeni. (2022). SMEs Halal Culinary Strategy During The Pandemic Era In South Tangerang. Jurnal Manajemen, Vol. 26, No. 2, p. 351-367.

Haque, M. G; Munawarman, M; Sunarsih, D; Bahsudin, A. (2021). Competitive Advantage in Cost Leadership and Differentiation of SMEs Bakoel Zee Marketing Strategy in BSD. PINISI Discretion Review, Vol 4, No.2, p. 277-284.

Haque, M. G; Munawaroh, D; dan Sunarsi. (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at Sate Bebek Cilegon Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others, Vol 3, No.2, p. 447-451.

Maslow, A. (1943). A Theory of Human Motivation in Physchological Review. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Porter, M.E. (1993). Keunggulan Bersaing Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta: Gramedia.

Porter, M.E. (1980). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: The Free Press Publication, a Division of MacMillan.

Rangkuti, F. J.P. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Usman, H; Widowati Kusumo Projo, N.W.K; Haque, M.G; Chairy, C. (2021). The exploration role of Sharia compliance in technology acceptance model for e-banking (case: Islamic bank in Indonesia). Journal of Islamic Marketing (JIMA), Emerald Insight, Vol. 1, No.1, p.1-22.

Triandharta, R dan Haque-Fawzi, M.G. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Produk KPR iB dengan Akad Musyarakah Muttanaqishah (MMQ): Studi Pada PT Bank Frwrd. Tbk. Jurnal Ilmu Manajemen & Ekonomika, Vol. 11, No.1, p. 35-43.

Downloads

Published

2023-10-08

How to Cite

Haque, M. G., Madihah, S., Rimadias, S., & Fitriyah, H. (2023). PT. CIMB Niaga TBK. Bersaing Menjadi Pemenang Pemasaran KPR Syariah: Sebuah Tinjauan Stratejik. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(1), 188–210. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i1.34519

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif