PT. CIMB Niaga TBK. Bersaing Menjadi Pemenang Pemasaran KPR Syariah: Sebuah Tinjauan Stratejik
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i1.34519Keywords:
KPR iB, Kontrak MMQ, Analisis SWOT, Matriks IE, FStrategi Empat LangkahAbstract
Pasca pandemi COVID19, sektor perumahan pada kuartal ketiga tahun 2020, mulai pulih setelah. KPR iB (Kredit kepemilikan rumah syariah) adalah bisnis yang rentan mengalami pasang surut. Pasca pandemi, kondisi persaingan antar lembaga keuangan yang bergerak di bidang yang sama, menjadi sangat ketat. Diperlukan inovasi dengan menciptakan produk KPR iB yang mudah diterima pasar, Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui posisi aktor dan faktor, sisi kompetitifnya ditentukan melalui uji Matriks IE pada kuadran (sel IV), pada strategi pertumbuhan konsentrasi berdasarkan integrasi horizontal. Hasil dan diskusi berfokus pada: (1) kemampuan bersaing; (2) kekuatan; (3) kelemahan; (4) peluang; dan (5) ancaman. Dalam hal ini, P.T Bank CIMB Niaga Tbk harus menerapkan strategi sebagai berikut: (1) penetrasi pasar; (2) pengembangan pasar; dan (3) strategi integrasi horizontal, selain pengembangan inovasi kreatif.
References
Amin, H. (2008). Choice Criteria for Islamic Home Financing: Empirical Investigation Among Malaysian Bank Customers, International Journal of Housing Markets and Analysis, Vol. 1, No. 3, p. 256-74.
Antonio, M.S. (2001). Bank, Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani.
Achsien, I, H. (2000). Investasi Syariah di Pasar Modal: Menggagas Konsep dan Praktek Manajemen Portofolio Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Darmawan. (2004). Taktik & Strategi. Jakarta:Buana Ilmu Populer.
David, F. R. (2017). Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.
Fithriyani, F dan Haque, M, G. (2023). Analisis Pemasaran Stratejik Pembiayaan Perumahan Syariah di Sumatera Barat: Studi Pada Bank BTN Kantor Cabang Syariah Padang. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), Vol.5, No.4, p. 762 - 773.
Haris, H. (2017). Pembiayaan Kepemilikan Rumah (Sebuah Inovasi Pembiayaan Perbankan Syariah), La Riba Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 1, No.1, p. 113-125.
Haque-Fawzi, M.G; Iskandar, A.S; Erlangga, H; Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori dan Implementasi. Jakarta: Pascal Books.
Haque, M.G; Nasri, R; Nuraeni. (2022). SMEs Halal Culinary Strategy During The Pandemic Era In South Tangerang. Jurnal Manajemen, Vol. 26, No. 2, p. 351-367.
Haque, M. G; Munawarman, M; Sunarsih, D; Bahsudin, A. (2021). Competitive Advantage in Cost Leadership and Differentiation of SMEs Bakoel Zee Marketing Strategy in BSD. PINISI Discretion Review, Vol 4, No.2, p. 277-284.
Haque, M. G; Munawaroh, D; dan Sunarsi. (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at Sate Bebek Cilegon Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others, Vol 3, No.2, p. 447-451.
Maslow, A. (1943). A Theory of Human Motivation in Physchological Review. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.
Porter, M.E. (1993). Keunggulan Bersaing Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta: Gramedia.
Porter, M.E. (1980). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: The Free Press Publication, a Division of MacMillan.
Rangkuti, F. J.P. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Usman, H; Widowati Kusumo Projo, N.W.K; Haque, M.G; Chairy, C. (2021). The exploration role of Sharia compliance in technology acceptance model for e-banking (case: Islamic bank in Indonesia). Journal of Islamic Marketing (JIMA), Emerald Insight, Vol. 1, No.1, p.1-22.
Triandharta, R dan Haque-Fawzi, M.G. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Produk KPR iB dengan Akad Musyarakah Muttanaqishah (MMQ): Studi Pada PT Bank Frwrd. Tbk. Jurnal Ilmu Manajemen & Ekonomika, Vol. 11, No.1, p. 35-43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Marissa Grace Haque, Siham Madihah, Santi Rimadias, Hadiah Fitriah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).