Pengaruh E-service Quality Terhadap E-satisfaction dan E-loyalty Pelanggan Aplikasi Uniqlo

Authors

  • Aldi Rizki Fauzi Prodi Administrasi Bisnis, Telkom University, Bandung, Indonesia
  • Marheni Eka Putri Prodi Administrasi Bisnis, Telkom University, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37331

Keywords:

E-Service Quality, E-Satisfaction, E-Loyalty

Abstract

Berkembangnya teknologi internet yang pesat membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Tingginya penetrasi internet di Indonesia memungkinkan pelaku usaha memanfaatkan e-commerce untuk memperluas penjualan fashion secara online. Uniqlo sebagai salah satu perusahaan yang menghadirkan aplikasi untuk memudahkan pelanggan berbelanja produk fashion secara online. Namun, yang mempengaruhi e-satisfaction pelanggan sehingga e-loyalty tidak terbentuk. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisa pengaruh e-service quality pada e-satisfaction serta e-loyalty pelanggan yang menggunakan aplikasi Uniqlo. Metode penelitian penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Perolehan data diapatkan dari kuesioner pada sampel sebanyak 400 responden, yang merupakan pengguna aplikasi Uniqlo. Analisa data penelitian menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS melalui aplikasi SmartPLS. Temuan menunjukan bahwa e-service quality mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap e-satisfaction serta e-service quality berpengaruh secara positif yang signifikan pada e-loyalty pelanggan aplikasi Uniqlo.

References

Ahdiat, Adi. (2022, 8 September). Banyak Konsumen Lebih Pilih E-commerce untuk Belanja Fashion. Databoks. Diakses pada 12 Juli 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/08/banyak-konsumen-lebih-pilih-e-commerce-untuk-belanja-fashion

Budiman, A., Yulianto, E., & Saifi, M. (2020). Pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction dan e-loyalty nasabah pengguna mandiri online. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 1-11.

Gani, A. G. (2018). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 2(2).

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural equation modeling (SEM) berbasis varian: Konsep dasar dan aplikasi dengan program SmartPLS 3.2. 8 dalam riset bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Juhria, A., Meinitasari, N., Fauzi, F. I., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan di aplikasi e-commerce shopee. Jurnal manajemen, 13(1), 55-62.

Prasetyo, A. N., & Yusran, H. L. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Satisfaction Pada Pengguna E-Commerce. ijd-demos, 4(1).

Pradnyaswari, N. P. I., & Aksari, N. M. A. (2020). e-Satisfaction dan e-trust berperan dalam memediasi pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty pada situs e-commerce blibli. com. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2683.

Purwati, M., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna E-Commerce Bukalapak). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 310-320.

Priyatno, Duwi. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Raza, S. A., Umer, A., Qureshi, M. A., & Dahri, A. S. (2020). Internet banking service quality, e-customer satisfaction and loyalty: the modified e-SERVQUAL model. The TQM Journal, 32(6), 1443-1466.

Ratama, N., & Mulyati, S. (2022). Sosialisasi penggunaan ecommerce dalam perkembangan bisnis di era digital. Abdi Jurnal Publikasi, 1(1), 6-12.

Rintasari, D., & Farida, N. (2020). Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction (Studi pada Pengguna Situs E-Commerce C2C Shopee di Kabupaten Sleman). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 539-547.

Rosalinda, R., & Sinambela, F. A. (2023). Pengaruh Dimensi Online Service Quality Terhadap Online Loyalty Melalui Mediasi Online Satisfaction Pada Pengguna E-Commerce C2C di Kota Batam. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 7(1), 1-22.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Edisi 2). Bandung: Alfabeta.

Veloso, C. M., Magueta, D., Sousa, B. B., & Carvalho, J. L. (2020). Meassevuring E-service quality, satisfaction and loyalty of customer in the online channel of the modern retail. Ibima Business Review, 2020, 1-15.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Fauzi, A. R., & Putri, M. E. (2024). Pengaruh E-service Quality Terhadap E-satisfaction dan E-loyalty Pelanggan Aplikasi Uniqlo. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(2), 215–227. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37331

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif