Pengaruh E-service Quality Terhadap E-satisfaction dan E-loyalty Pelanggan Aplikasi Uniqlo
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37331Keywords:
E-Service Quality, E-Satisfaction, E-LoyaltyAbstract
Berkembangnya teknologi internet yang pesat membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Tingginya penetrasi internet di Indonesia memungkinkan pelaku usaha memanfaatkan e-commerce untuk memperluas penjualan fashion secara online. Uniqlo sebagai salah satu perusahaan yang menghadirkan aplikasi untuk memudahkan pelanggan berbelanja produk fashion secara online. Namun, yang mempengaruhi e-satisfaction pelanggan sehingga e-loyalty tidak terbentuk. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisa pengaruh e-service quality pada e-satisfaction serta e-loyalty pelanggan yang menggunakan aplikasi Uniqlo. Metode penelitian penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Perolehan data diapatkan dari kuesioner pada sampel sebanyak 400 responden, yang merupakan pengguna aplikasi Uniqlo. Analisa data penelitian menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS melalui aplikasi SmartPLS. Temuan menunjukan bahwa e-service quality mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap e-satisfaction serta e-service quality berpengaruh secara positif yang signifikan pada e-loyalty pelanggan aplikasi Uniqlo.
References
Ahdiat, Adi. (2022, 8 September). Banyak Konsumen Lebih Pilih E-commerce untuk Belanja Fashion. Databoks. Diakses pada 12 Juli 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/08/banyak-konsumen-lebih-pilih-e-commerce-untuk-belanja-fashion
Budiman, A., Yulianto, E., & Saifi, M. (2020). Pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction dan e-loyalty nasabah pengguna mandiri online. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 1-11.
Gani, A. G. (2018). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 2(2).
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural equation modeling (SEM) berbasis varian: Konsep dasar dan aplikasi dengan program SmartPLS 3.2. 8 dalam riset bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Juhria, A., Meinitasari, N., Fauzi, F. I., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan di aplikasi e-commerce shopee. Jurnal manajemen, 13(1), 55-62.
Prasetyo, A. N., & Yusran, H. L. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Satisfaction Pada Pengguna E-Commerce. ijd-demos, 4(1).
Pradnyaswari, N. P. I., & Aksari, N. M. A. (2020). e-Satisfaction dan e-trust berperan dalam memediasi pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty pada situs e-commerce blibli. com. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2683.
Purwati, M., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna E-Commerce Bukalapak). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 310-320.
Priyatno, Duwi. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Raza, S. A., Umer, A., Qureshi, M. A., & Dahri, A. S. (2020). Internet banking service quality, e-customer satisfaction and loyalty: the modified e-SERVQUAL model. The TQM Journal, 32(6), 1443-1466.
Ratama, N., & Mulyati, S. (2022). Sosialisasi penggunaan ecommerce dalam perkembangan bisnis di era digital. Abdi Jurnal Publikasi, 1(1), 6-12.
Rintasari, D., & Farida, N. (2020). Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction (Studi pada Pengguna Situs E-Commerce C2C Shopee di Kabupaten Sleman). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 539-547.
Rosalinda, R., & Sinambela, F. A. (2023). Pengaruh Dimensi Online Service Quality Terhadap Online Loyalty Melalui Mediasi Online Satisfaction Pada Pengguna E-Commerce C2C di Kota Batam. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 7(1), 1-22.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Edisi 2). Bandung: Alfabeta.
Veloso, C. M., Magueta, D., Sousa, B. B., & Carvalho, J. L. (2020). Meassevuring E-service quality, satisfaction and loyalty of customer in the online channel of the modern retail. Ibima Business Review, 2020, 1-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).