Pengaruh Iklan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Brand Hammerstout di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37334Keywords:
Iklan, Kualitas Produk dan Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Iklan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada pengguna Hammerstout di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan melibatkan partisipasi dari 100 responden yang ditentukan dengan teknik Non-probability sampling. Kriteria responden yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah individu yang pernah melakukan pembelian produk Hammerstout. Data diolah menggunakan software smartPLS 3.0 yang merupakan model persamaan dari Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh rendah dan Iklan berpengaruh besar terhadap Kepuasan Konsumen. Dapat dikatakan bahwa Iklan cenderung berkontribusi lebih besar dibanding Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen.
References
Arry Widodo, Ph. D., & Rennyta Yusiana, S. E. , M. M. (2020). Metodologi Penelitian Penentuan Metode Dengan Pendekatan Partial Least Square - Structrual Equation Modeling (PLS-SEM).
Azmi Maulida. (2021). Pengaruh Iklan, Sales Promotion, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 4, 1–10.
Carmelia Cesariana, Fadlan Juliansyah, & Rohani Fitriyani. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajeman Pendidikan Dan Ilmu Social, Volume 3(1), 1–14.
Erlinda Tehuayo. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk, Inovasi Produk, dan Iklan terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Sunsilk di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 69–88.
Khotim Fadhli, & Khotim Fadhli. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612.
Krisna Adi Wibowo, & Bulan Prabawani. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Jingle Iklan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Sari Roti Di Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, x(1), 713–725.
Maisyaroh, Amelia Fitri, & Eka Fitri Qurniawati. (2022). Pengaruh Iklan Facebook Terhadap Minat Beli Siswa di Kabupaten Rokan Hulu. Journal of Social Media and Message, Vol. 1, 1–12.
Muhamad Fitra Alfajri, Viranda Adhiazni, & Qurrotul Aini. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 8, 1–11.
Musfitah, S. P. d, M. Pd., Imron Burhan, S. P. d. , M. Pd., Nurul Afifah, S. E. , M. Ak., & Sri Nirmala Sari, S. E. , M. Si. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Latifah Putri Syalina, Ed.). Insan Cendekia Mandiri.
Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.
Pipih Sopiyan. (2020). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen sepeda Motor Honda PT Helmi Hendra Motor Maja Majalengka). Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 1–14.
Putra. (2020). Menilik Transformasi Hammerstout, Brand Denim Asal Bandung.
Yiska Hellensia Losung, Rudy S. Wenas, & Fitty Valdi Arie. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu Prabayar Telkomsel Di Kecamatan Pasan. Jurnal EMBA, 10(1), 401–411.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).