Pengaruh Iklan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Brand Hammerstout di Kota Bandung

Authors

  • Arif Rahman Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37334

Keywords:

Iklan, Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Iklan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada pengguna Hammerstout di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan melibatkan partisipasi dari 100 responden yang ditentukan dengan teknik Non-probability sampling. Kriteria responden yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah individu yang pernah melakukan pembelian produk Hammerstout. Data diolah menggunakan software smartPLS 3.0 yang merupakan model persamaan dari Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh rendah dan Iklan berpengaruh besar terhadap Kepuasan Konsumen. Dapat dikatakan bahwa Iklan cenderung berkontribusi lebih besar dibanding Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen.

References

Arry Widodo, Ph. D., & Rennyta Yusiana, S. E. , M. M. (2020). Metodologi Penelitian Penentuan Metode Dengan Pendekatan Partial Least Square - Structrual Equation Modeling (PLS-SEM).

Azmi Maulida. (2021). Pengaruh Iklan, Sales Promotion, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 4, 1–10.

Carmelia Cesariana, Fadlan Juliansyah, & Rohani Fitriyani. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajeman Pendidikan Dan Ilmu Social, Volume 3(1), 1–14.

Erlinda Tehuayo. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk, Inovasi Produk, dan Iklan terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Sunsilk di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 69–88.

Khotim Fadhli, & Khotim Fadhli. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612.

Krisna Adi Wibowo, & Bulan Prabawani. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Jingle Iklan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Sari Roti Di Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, x(1), 713–725.

Maisyaroh, Amelia Fitri, & Eka Fitri Qurniawati. (2022). Pengaruh Iklan Facebook Terhadap Minat Beli Siswa di Kabupaten Rokan Hulu. Journal of Social Media and Message, Vol. 1, 1–12.

Muhamad Fitra Alfajri, Viranda Adhiazni, & Qurrotul Aini. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 8, 1–11.

Musfitah, S. P. d, M. Pd., Imron Burhan, S. P. d. , M. Pd., Nurul Afifah, S. E. , M. Ak., & Sri Nirmala Sari, S. E. , M. Si. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Latifah Putri Syalina, Ed.). Insan Cendekia Mandiri.

Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.

Pipih Sopiyan. (2020). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen sepeda Motor Honda PT Helmi Hendra Motor Maja Majalengka). Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 1–14.

Putra. (2020). Menilik Transformasi Hammerstout, Brand Denim Asal Bandung.

Yiska Hellensia Losung, Rudy S. Wenas, & Fitty Valdi Arie. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu Prabayar Telkomsel Di Kecamatan Pasan. Jurnal EMBA, 10(1), 401–411.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Rahman, A. (2024). Pengaruh Iklan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Brand Hammerstout di Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(2), 235–242. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37334

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif