Penerapan Customer Relationship Management dalam Mempertahankan Customer Loyalty pada PT. Karya Tetangga Tuku
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37368Keywords:
Customer Relationship Management, Customer Loyalty, CustomerAbstract
Toko Kopi Tuku (PT Karya Tetangga Tuku) merupakan salah satu kedai kopi yang terkenal atau bisa disebut pelopor trend kopi susu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan gambaran yang lebih konkrit tentang Penerapan Customer Relationship Management Dalam Mempertahankan Customer Loyalty Pada PT Karya Tetangga Tuku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menjelaskan penerapan strategi Customer Relationship Management yang dilakukan oleh perusahaan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data perusahaan serta hasil wawancara dengan beberapa informan yang dipilih melalui purposive sampling, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Customer Relationship Management oleh perusahaan cukup efektif. Perusahaan menggunakan Customer Loyalty dalam menerapkan strategi Customer Relationship Management yang meliputi komponen manusia, proses dan teknologi.
References
Buttle, F. (2007). Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) : Concept and Tools. Bayumedia Publishing.
Chen, I. J., & Popovich, K. (2003). Understanding customer relationship management (CRM): People, process and technology. In Business Process Management Journal (V ol. 9, Issue 5). https://doi.org/10.1108/14637150310496758
Cook, S. (2004). Customer Care Excellence. PPM.
Creswell, J. W. (2008). Educational Research, planning, conduting, and evaluating qualitative dan quantitative approaches. Sage Publictions.
Creswell, J. W. (2009). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar. Creswell, J. W. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Helaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik (p.33).
Kalakota, D. R., & Robinson, M. (2001). e-Business 2.0. In EAI Journal. http://rsandov.blogs.com/files/kalakotarobinson-ebiz.pdf
Komariah, A., & Satori, D. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Posdaya Karya.
Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Posdaya Karya.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Posdaya Karya.
Sekaran, U. (2003). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (4th ed.). John Wiley & Sons.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach (7th ed.). John Wiley & Sons
Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Yosep, M. A., & Nurdiansyah, B. (2020). Digital Marketing dan Fintech Di Indonesia. Penerbit Andi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Swift, R. S. (2001). Accelerating Customer Relationships – Using CRM and Relationship Technologies. Prentice Hall Inc.
Temporal, P., & Trott, M. (2001). Romancing The Customer , Maximizing Brand Value Through Power Full Relationship Management. John Wiley & Sons.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).