Hubungan Kewirausahaan dengan Minat Membangun Startup pada Mahasiswa Fisip Unpas

Authors

  • Ida Hindarsah Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan, Indonesia
  • Heri Erlangga Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan, Indonesia
  • Sugeng Santoso Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana, Indonesia ida.hindarsah@unpas.ac.id1*

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37370

Keywords:

Kewirausahaan, Minat Membangun Startup, Mahasiswa Universitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kewirausahan dengan minat membangun startup yang dilakukan pada objek penelitian yaitu mahasiswa FISIP Unpas dengan jumlah sampel sebanyak 375 responeden, sesuai dengan hitungan populasi menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang melakukan penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden sebagai data primer. Teknik analisis data dilakukan dengan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat hubungan Kewirausahaan dengan Minat berwirausaha membangun Startup pada Mahasiswa FISIP Unpas, dimana kewirausahaan berpengaruh sebesar 52,1% terhadap minat membangun startup. Temuan ini mendukung teori dan implikasi praktis dalam mengembangkan program pendidikan dan dukungan kewirausahaan di kalangan mahasiswa untuk mendorong minat dalam memulai bisnis startup.

References

Anjum, T., Farrukh, M., Heidler, P., & Díaz Tautiva, J. A. (2020). Entrepreneurial Intention: Creativity, Entrepreneurship, and University Support. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 11. https://doi.org/10.3390/joitmc7010011

Darmawan, I. (2021). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Caring Economics. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(1). https://doi.org/10.21831/jep.v18i1.40035

Erlangga, H. (2022). The Meaning, Benefit And Importance Of Development Entrepreneurship In Higher Education. Asian Journal of Contemporary Education, 3(2), 105–110. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/56560/#:~:text=The%20benefits%20of%20developing%20entrepreneurship

Gheta, A. P. K., & Khuzaini, K. (2022). Influence Of Entrepreneurship Motivation Factors And Knowledge Of Entrepreneurship On Entrepreneurship Interests Of Students Of The Faculty Of Economics Management, University Of Nusa Nipa Maumere. International Conference of Business and Social Sciences, 256–266. Retrieved from https://debian.stiesia.ac.id/index.php/icobuss1st/article/view/175

Hardiansyah, R., & Tricahyono, D. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor Kesuksesan Start Up Digital di Kota Bandung. Jurnal Ekonomi, 27(2), 134–145. https://doi.org/10.31258/je.27.2.p.134-145

Imania, I. N., & Suwatno, S. (2019, May 1). The Effect of Educational Entrepreneurship and Creativity to Entrepreneurial Intermediation. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.49

Indarto, I., & Prawihatmi, C. Y. (2021). Faktor-Faktor Pendorong Minat Wirausaha Startup. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 14(3), 207. https://doi.org/10.26623/jreb.v14i3.4534

Juliana, N. O., Hui, H. J., Clement, M., Solomon, E. N., & Elvis, O. K. (2021). The Impact of Creativity and Innovation on Entrepreneurship Development: Evidence from Nigeria. Open Journal of Business and Management, 9(4), 1743–1770. scirp. https://doi.org/10.4236/ojbm.2021.94095

Karina, D., Alfiyatus Sa’diyah, S., Nabilah, H., & Panorama, M. (2021). Pengaruh Perusahaan Startup Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 2(1), 156–166. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.69

Marti’ah, S. (2017). Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dalam Perspektif Ilmu Pendidikan. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 3(2). https://doi.org/10.21107/edutic.v3i2.2927

Nainggolan, R. (2019). Model Manajemen Rantai Pasokan Pada Start Up Business. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 336. https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i2.1052

Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory Of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(12).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Taufik, A., Azhad, M. N., & Hafidzi, A. H. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Penelitian IPTEKS, 3(1), 86. https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i1.1881

Wolango, N., Popoi, I., & Bahsoan, A. (2021). Pengaruh Program Kewirausahaan Terhadap Perekonomian Masyarakat Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 79–87. https://doi.org/10.37479/jkeb.v14i2.13581.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Hindarsah, I., Erlangga, H., & Santoso, S. (2024). Hubungan Kewirausahaan dengan Minat Membangun Startup pada Mahasiswa Fisip Unpas. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(2), 318–327. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37370

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif