Efektivitas Konten Marketing Media Sosial TikTok dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Produk Scarlett Whitenning by Felicya Angelista
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37371Keywords:
Sosial Media, Tiktok dan Minat Beli KonsumenAbstract
Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konten marketing media sosial TikTok dalam meningkatkan minat beli konsumen pada produk Scarlett Whitenning by Felicya Angelista. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas manajemen Universitas Widyatama angkatan 2019. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas variabel konten marketing (X) dalam meningkatkan variabel minat beli konsumen (Y) sebesar 14,7% , pengujian hipotesis secara parsial (uji t) konten marketing efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen Scarlett Whitenning by Felicya Angelista, hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 4,105 > ttabel 1,984 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Berdasarkan uji hipotesis secara stimultan (uji f) konten marketing efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen Scarlett Whitenning by Felicia Angelista dengan nilai fhitung sebesar 16,853 > ftabel sebesar 3,09 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
References
Alhamid, B. (2020, Mei). Shopee Haul ala Tiktok, Racun!. Diambil dari https://www.kompasiana.com/balqisalhamid/5eb3fb0ad541df60464835c3/shopee-haul-ala-tiktok-racun. (Diakses pada 8 November 2022).
Azizah, D.U., & Rafikasari, E.F. (2021,Juli). Pengaruh Content Marketing dan Social Media Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen @SOUVENIRMURAH_TA Di Masa Pandemi. Jurnal Riset Ekonomi, volume 1 nomor 1, Juli 2021.
Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Review Produk Dan Konten Marketing Pada Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening By Felicya Angelista. eProceedings of Management, Volume 8 Nomor 5.
Devi, N.T & Satwika, Y.W (2022). Studi Fenomenologi: Dampak Aplikasi Tiktok Terhadap Remaja Akhir Shopee Affiliates. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, volume 09 nomor 06, 2022.
Hidayat, S. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Pormosi Terhadap Keputusan Pembelian CV. Tri Jaya Catering Pekanbaru. Universitas Islam Riau.
Joan, V. (2022). Produk Kecantikan Tembus Transaksi Rp.210 Miliar, Brand Lokal Terfavorit. Diambil Dari https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/. (Diakses pada 12 Oktober 2022).
Kurniawati, H. M., & Primadini, I. (2022). Dampak Komunikasi Efektif melalui Konten Media Sosial@ yellowfitkitchen terhadap Minat Beli. Soetomo Communication and Humanities, Volume 3 Nomor 1.
Lailtiawati, N. (2022). Pengaruh Content Marketing, Frekuensi Penayangan Iklan, Dan Kualitas Pelayanan Dalam Sosial Media (Instagram) Terhadap Impulse Buying Studi Kasus Pada Toko Fashion Qomeshop Kota Kediri. Skripsi, Universitas Nusantra PGRI Kediri, 2022.
Meilina, A. (2021). Analisis Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Brand Image Terhadao Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitenning Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau..Skripsi, Universitasu Riau, 2021.
Meilyana, E. (2018,Agustus). Content Marketing. Diambil dari https://bbs.binus.ac.id/gbm/2018/08/13/content-marketing/. (Diakses pada 8 November 2022).
Modul Pembelajaran Analisi Data Univeristas Widyatama (2022).
Modul Pembelajaran Digital Campaign Universitas Widyatam (2021).
Modul Pembelajaran Komunikasi Pemasaran Univeristas Widyatama (2021)
Modul Pembelajaran Manajemen Pemasaran Universitas Widyatama (2020).
Modul Pembelajaran Riset Pemasaran Universitas Widyatama (2022)
Modul Pembelajaran Startegic Marketing Universitas Widyatama (2022).
Raharja, S. (2019,Maret). Cara Melakukan Uji F Stimultan dalam Analisis Regresi Linear Berganda. Diambil Dari http://www.spssindonesia.com/2016/08/cara-melakukan-uji-f-simultan-dalam.html. (Diakses pada 20 Desember 2022).
Ramdan, A.M., Maulana, M.F., & Revinzky, M.A. (2022, September) . Analisis Konten Marketing Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Brand Awareness Di Bittersweet By Najla. Jurnal Administrasi Bisnis, volume 04 nomor 02, September 2022.
Setianingsih, F.E., & Aziz, F. (2022) . Pengaruh Media Sosial Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Online Di Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, volume 11, nomor 2 (2022).
Sholawati, L.D., Kumaeroh, N.A., & Syalima, I. (2020, September). Upaya Meningkatkan Nilai Ekonomi Pelaku UMKM Melalui Digital Marketing Di Tengah Pandemi Covid-19 Dusun Karanganyar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, volume 1 nomor 1, September 2020.
Stephanie, C. (2021, Juni).3 Aplikasi Ini Paling Diminati Anak Indonesia Selama Pandemi. Diambil dari https://tekno.kompas.com/read/2021/06/06/08070037/3-aplikasi-ini-paling-diminati-anak-indonesia-selama-pandemi. (Diakses pada 8 November 2022).
Sutiani, L. (2022). Wajib Tahu! 5 Merk Skincare Terbaik di Indonesia. Diambil Dari https://compas.co.id/article/merk-skincare-terbaik-di-indonesia/. (Diakses pada 28 Desember 2022).
Trimanah, T., Mulyadi, U., & Lita, A. (2022). Pengaruh Tingkat Efektivitas Iklan Youtube Pantene Miracles Hair Terhadap Minat Beli Pada Masyarakat Kabupaten Bekasi. Brand Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 1 Nomor 3.
Yulia, I. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial dan Komunikasi Perubahan Perilaku (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). Jurnal Kesehatan Masyarakat, volume 6 nomor 2, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).