Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Peserta Program Indigo Academy
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37375Keywords:
Kepercayaan Merek, Loyalitas. Education TechnologyAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas peserta Indigo Academy. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini adalah peserta Indigo Academy yang telah mengikuti program minimal dua kali. Sampel sebanyak 88 responden diambil secara acak menggunakan metode simple random sampling. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta Indigo Academy. loyalitas sebesar 51,1% ditentukan oleh kepercayaan merek. Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh signifikan kepercayaan merek terhadap loyalitas peserta program Indigo Academy.
References
Anam, H. (2018). Jurnal Pengaruh Komitment, Kepercayaan, dan Komunikasi terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Kursus JCC (Jogja Course Center). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(2), 180–192.
Anjani, A. (2021). Jokowi: Dunia Pendidikan Telah Terdisrupsi oleh Edutech. Detikedu. https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5659217/jokowi-dunia-pendidikan-telah-terdisrupsi-oleh-edutech
Business Wire. (2022, December 29). EdTech And Smart Classrooms Global Market Report 2022: Growing Investments in eLearning and EdTech Fuel Sector - ResearchAndMarkets.com. www.businesswire.com. https://www.businesswire.com/news/home/20221229005119/en/EdTech-And-Smart-Classrooms-Global-Market-Report-2022-Growing-Investments-in-eLearning-and-EdTech-Fuel-Sector---ResearchAndMarkets.com
Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. Journal of Marketing, 65(2), 81–93.
Delgadoâ€Ballester, E., & Luis Munueraâ€Alemán, J. (2001). Brand trust in the context of consumer loyalty. European Journal of Marketing, 35(11/12), 1238–1258. https://doi.org/10.1108/eum0000000006475
Feriinadewi, E. (2008). Merek & Psikologi Konsumen. Grama Ilmu.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, J. (2016). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga.
Harumi, S. D. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 8(2), 115–128. https://doi.org/10.31289/analitika.v8i2.875
Hiscock, J. (2001). Most Trusted Brands: Winning the trust of consumers is the key to lasting brand success. Jennifer Hiscock takes a look at the UK’s most respected brands. Www.campaignlive.co.uk. https://www.campaignlive.co.uk/article/trusted-brands-winning-trust-consumers-key-lasting-brand-success-jennifer-hiscock-takes-look-uk-s-respected-brands/56156?src_site=marketingmagazine
Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational Technology: A Definition with Commentary. Taylor & Francis Group.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education.
Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market-Focused Management, 4(4), 341–370. https://doi.org/10.1023/a:1009886520142
Lesmana, H. (2016). Pengaruh Kualitas Kepuasan dan Pelayanan terhadap Loyalitas Pengguna Kawasan Industri. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(4), 788–801. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.4.19
Morgan, R. M., & Hunt, S. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. ResearchGate.
Prianka, F. H. M., & Dermawan, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2266–2274. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.809
Research and Markets. (2021). EdTech Market: Global Industry Analysis, Trends, Market Size, and Forecasts up to 2027. Www.researchandmarkets.com. https://www.researchandmarkets.com/reports/5401915/edtech-market-global-industry-analysis-trends#product--adaptive
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Organizational Behavior (16th ed.). Salemba Empat.
Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Tech in Asia ID. (2022). Tech in Asia Indonesia - Menghubungkan Ekosistem Startup Indonesia. Id.techinasia.com. https://id.techinasia.com/data-pelaku-edtech-indonesia
Yuniarsih, T., & Suwatno. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta.
Zikmund, W. G., McLeod, R., & Gilbert, F. W. (2003). Customer Relationship Management: Integrating Marketing Strategy and Information Technology. John Wiley & Sons Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).