Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Loyalty terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone di Kota Karawang

Authors

  • Tasya Nurfadilah Universitas Pelita Bangsa
  • Basar M Hutauruk Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i3.40066

Keywords:

Brand Image; Brand Awareness; Brand Loyalty; Keputusan Pembelian; iPhone; Industri Smartphone

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Loyalty terhadap Keputusan Pembelian produk smartphone merek iPhone di Kota Karawang. Dalam menghadapi persaingan ketat di industri smartphone, penelitian ini berfokus pada bagaimana ketiga faktor tersebut mempengaruhi keputusan konsumen. Berdasarkan data Top Brand Index dari 2018 hingga 2022, terlihat bahwa iPhone mengalami peningkatan penjualan meski ada fluktuasi. Melalui survei terhadap 96 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling, penelitian ini menggunakan metode analisis data PLS-SEM untuk menguji hipotesis. Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa Brand Image dan Brand Loyalty berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan Brand Awareness tidak memiliki pengaruh signifikan. Sedangkan secara simultan Brand Image memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Sebaliknya, Brand Awareness memiliki pengaruh yang kecil dan Brand Loyalty menunjukkan pengaruh yang lebih besar daripada Brand Awareness namun lebih kecil dibandingkan dengan Brand Image. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa Brand Image adalah faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Kota Karawang, diikuti oleh Brand Loyalty, dan kemudian Brand Awareness.

References

Ahdiat, A. (2022, 02 21). Penjualan iPhone Capai 242 Juta Unit pada 2021. Retrieved 11 13, 2023, from databoks: https://databoks.katadata.co.id/

Arianty, N. &Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), pp. 39-50.

Ariyanto, A., Bangun, R., Indillah, M. R. M., Trenggana, A. F. M., Sholihah, D. R., Ariyanti, M., ... & Bancin, J. B. B. (2023). Manajemen Pemasaran. CV. Widina Media Utama. BandungDestiana, N. (2020, April 20). Brand Image: Pengertian, Contoh, dan Indikatornya. Retrieved November 26, 2023, from https://majoo.id

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran) (1st Ed.). . Yogjakarta: Deepublish.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Jakarta: Qiara Media.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Indonesia, S. S. (2023, Maret 20). Mengenal Brand Image dan Pentingnya bagi Kemajuan Bisnis. Retrieved November 26, 2023, from https://startupstudio.id/

Keni, K. (2019). Pengaruh brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty terhadap customer purchase decision. . Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), , pp 176-185.

Lenterabisnis.com. (2018, April 10). Pengambilan Keputusan Pembelian. Retrieved November 26, 2023, from www.lenterabisnis.com

Nandy. (2022, Februari 24). Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Konsep. Retrieved November 26, 2023, from Gramedia Blog: https://www.gramedia.com

Publikasimedia. (2023, Juli 26). 5 Contoh Indikator Brand Loyaltydan Faktor yang Mempengaruhinya. Retrieved November 27, 2023, from www.publikasimedia.com

Putri, S. L., & Deniza, M. P. (2018). Pengaruh brand awareness dan brand loyalty terhadap keputusan pembelian produk chicken nugget Fiesta di kota Padang. Jurnal agrica, 11(2), 70-78.

Sihombing, I. F. B. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Sun Supermarket Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Silaen, S. (2018) Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.

Simanjuntak, P., Hardilawati, W. L., & Binangkit, I. D. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Tangan Merek Solis Di Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 1(1), pp. 319-33.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Nurfadilah, T., & Hutauruk, B. M. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Loyalty terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone di Kota Karawang. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(3), 499–506. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i3.40066