Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Loyalty terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone di Kota Karawang
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i3.40066Keywords:
Brand Image; Brand Awareness; Brand Loyalty; Keputusan Pembelian; iPhone; Industri SmartphoneAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Loyalty terhadap Keputusan Pembelian produk smartphone merek iPhone di Kota Karawang. Dalam menghadapi persaingan ketat di industri smartphone, penelitian ini berfokus pada bagaimana ketiga faktor tersebut mempengaruhi keputusan konsumen. Berdasarkan data Top Brand Index dari 2018 hingga 2022, terlihat bahwa iPhone mengalami peningkatan penjualan meski ada fluktuasi. Melalui survei terhadap 96 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling, penelitian ini menggunakan metode analisis data PLS-SEM untuk menguji hipotesis. Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa Brand Image dan Brand Loyalty berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan Brand Awareness tidak memiliki pengaruh signifikan. Sedangkan secara simultan Brand Image memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Sebaliknya, Brand Awareness memiliki pengaruh yang kecil dan Brand Loyalty menunjukkan pengaruh yang lebih besar daripada Brand Awareness namun lebih kecil dibandingkan dengan Brand Image. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa Brand Image adalah faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Kota Karawang, diikuti oleh Brand Loyalty, dan kemudian Brand Awareness.
References
Ahdiat, A. (2022, 02 21). Penjualan iPhone Capai 242 Juta Unit pada 2021. Retrieved 11 13, 2023, from databoks: https://databoks.katadata.co.id/
Arianty, N. &Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), pp. 39-50.
Ariyanto, A., Bangun, R., Indillah, M. R. M., Trenggana, A. F. M., Sholihah, D. R., Ariyanti, M., ... & Bancin, J. B. B. (2023). Manajemen Pemasaran. CV. Widina Media Utama. BandungDestiana, N. (2020, April 20). Brand Image: Pengertian, Contoh, dan Indikatornya. Retrieved November 26, 2023, from https://majoo.id
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran) (1st Ed.). . Yogjakarta: Deepublish.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Jakarta: Qiara Media.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Indonesia, S. S. (2023, Maret 20). Mengenal Brand Image dan Pentingnya bagi Kemajuan Bisnis. Retrieved November 26, 2023, from https://startupstudio.id/
Keni, K. (2019). Pengaruh brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty terhadap customer purchase decision. . Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), , pp 176-185.
Lenterabisnis.com. (2018, April 10). Pengambilan Keputusan Pembelian. Retrieved November 26, 2023, from www.lenterabisnis.com
Nandy. (2022, Februari 24). Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Konsep. Retrieved November 26, 2023, from Gramedia Blog: https://www.gramedia.com
Publikasimedia. (2023, Juli 26). 5 Contoh Indikator Brand Loyaltydan Faktor yang Mempengaruhinya. Retrieved November 27, 2023, from www.publikasimedia.com
Putri, S. L., & Deniza, M. P. (2018). Pengaruh brand awareness dan brand loyalty terhadap keputusan pembelian produk chicken nugget Fiesta di kota Padang. Jurnal agrica, 11(2), 70-78.
Sihombing, I. F. B. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Sun Supermarket Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Silaen, S. (2018) Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.
Simanjuntak, P., Hardilawati, W. L., & Binangkit, I. D. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Tangan Merek Solis Di Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 1(1), pp. 319-33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tasya Nurfadilah, Basar M Hutauruk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).