PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI YAYASAN AL WASATIYAH TANGERANG

Authors

  • Irvan Fauzi
  • Muhammad Duwiki

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4172

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru pada Yayasan Al Wasatiyah Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Al Wasatiyah Tangerang dengan sampel sebanyak 54 responden.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Asosiatif (kausal). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah didasarkan pada metode Nonprobability Sampling dengan pendekatan teknik sampel jenuh. Metode analisis data menggunakan Uji instrument (uji validitas, uji reliabilitas), Uji Asumsi klasik (uji normalitas, uji heterokedaktisitas dan uji autokorelasi), dan Uji Verifkatif (uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, Uji F, dan uji t.

Berdasarkan hasil uji statistik secara parsial pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru didapat nilai t hitung > t tabel (3.841 > 2.01) dengan signifikansi 0.000 < 0.05, hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru yang positif dan signifikan. Berdasarkan hasil uji statistik secara parsial pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru didapat nilai t hitung > t tabel (4.225 > 2.01) dengan signifikansi 0.000 < 0.05, hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru yang positif dan signifikan. Pengujian hipotesis ketiga menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (25.776 > 3.17) dengan signifikansi 0.000 < 0.05 hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh secara simultan motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru yang positif dan signifikan. Uji korelasi secara berganda didapat nilai R sebesar 0.709, artinya seluruh variabel penelitian baik motivasi kerja, disiplin kerja terhadap kinerja guru memiliki tingkat hubungan yang kuat (0.60 – 0.799). Sedangkan berdasarkan analisis koefisien determinasi didapat nilai adjusted R square sebesar 0.483 atau 48.3%, artinya keberadaan variabel bebas yaitu motivasi kerja dan disiplin kerja mempunyai sumbangsih terhadap variabel terikat yaitu kinerja guru sebesar 48.3% dan sisahnya 51.7% adalah variabel lain yang tidak teridentifikasi pada penelitian ini.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, MSi. 2015. Evaluasi Kinerja Sumber Daya. Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Agung Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Karyawan; Jakarta: Bestari Buana Murni.

Alex S. Nitisemito, 2017. Manajemen Personalia, Sumber Daya Manusia, Gholia Indonesia, Jakarta

Anwar Prabu Mangkunegara. 2012. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

BasirBarthos, Manajemen Kearsipan, Jakarta: PT.Bumi Aksara, cetakan ketujuh. 20167

Bilson, Simamora, 2014, Riset Pemasaran, Gramedia Utama, Jakarta.

Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada

Davis, Keith dan John W., Newstorm, 2017 Perilaku Dalam Organisasi, Alih Bahasa Agus Dharma, Erlangga, Jakarta.

George R. Terry. 2016. Prinsip - Prinsip M anajemen, terj. J. Smith D.F.M.

Harbani, Pasolong. 2013. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : CV.Alfabeta.

Hasibuan, Malayu S. P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Husein Umar, 2009. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.

Iqbal Hasan 2012, Analisis Data Penelitian dengan Statistik Jakarta: PT Bumi Aksara Jakarta : PT Bumi Aksara

Kartonegoro. 2016. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Agung Media

Manullang, 2016, Dasar-Dasar Manajemen, Yogyakarta: Ghalia Indonesia

Muhammad, Ami, 2009, Komunikasi Organisasi. Jakarta, Penerbit Bumi Aksara,

Robbins, Stephen dan Judge, Timothy. 2009. Perilaku Organisasi (Organizasional. Behavior). Jakarta: Salemba Empat.

Sedarmayanti, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Pradnya. Paramita

Siagian, Sondang P, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan Keempatbelas, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta

Soekarno K, 2006, Manajemen Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Penerbit Tarsito, 2006

Sugiyono. 2017. Metode penelitian administrasi. CV Alfabeta. Bandung

____. 2014. Metode penelitian administrasi. CV Alfabeta. Bandung

____. 2010. Metode penelitian administrasi. CV Alfabeta. Bandung

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Nadi Suwarna Bumi. Jurnal Semarak, 1(1).

Sunarsi, D. (2017). Pengaruh Disiplin, Motivasi, Dan Kompetensi Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Tahun Akademik 2016-2017). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 1(2), 207-226.

Sutrisno, Edy, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan. Pertama, Penerbit Kencana, Jakarta.

Suwatno dan Donni Juni Priansa. (2011). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan. Bisnis.Bandung: Alfabeta

Vardiansyah, Dani. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Ghalia, Jakarta

Yukl, Gary, 2009, Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Kelima. Jakarta: PT. Indeks.

Zulganef. 2008. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-01-18

How to Cite

Fauzi, I., & Duwiki, M. (2020). PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI YAYASAN AL WASATIYAH TANGERANG. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2). https://doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4172

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif