PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PIZZA HUT DELIVERY GANDUL CINERE

Authors

  • Elizabeth Tika Kristina Hartuti

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian serta mempengaruhi kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Pizza Hut Delivery Gandul Cinere.

Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 12813 responden dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dan menggunakan teknik random sampling. Sedangkan metode analisa data menggunakan rumus-rumus statistic yaitu dengan teknik pengujian instumen uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f.

Hasil penelitian berdasarkan analisa data, terdapat pengaruh positif signifikan antara kualitas pelanan terhadap keputusan pembelian Pizza Hut Delivery Gandul Cinere dengan nilai t hitung > t tabel (6,076 > 1,985) dan sig < 0,05 (0,003 < 0,05) maka Ha ditolak Ho diterima. Terdapat pengaruh positif signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian Pizza Hut Delivery Gandul Cinere dengan nilai t hitung > t tabel (6,076 > 1,985) dan sig <0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha ditolak Ho diterima. Pengujian secara simultan menunjukan kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian, hal ini diperoleh persamaan regresi Y = 0,860 + 0,312X1 + 0,635X2 + e artinya dengan konstanta sebesar 0,860 menyatakan bahwa tanpa ada variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Promosi (X2) maka Keputusan Pembelian (Y) tetap terbentuk sebesar 0,860 atau jika Kualitas Pelayanan (X1) dan Promosi (X2) nilainya = 0 maka Keputusan Pembelian tetap memiliki nilai – 0,0860. Hasil koefisien determinasi R2 = 0,0548, artinya variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Promosi (X2) memiliki kontribusi sebesar 54% terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan sisanya 45,2 dipengaruhi variabel lain. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukan nilai f hitung > f tabel yaitu 58,779 > 3,09 dan sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05 Ha ditolak Ho diterima yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Pizza Hut Delivery Gandul Cinere.

References

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Basu Swastha, 2010. Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

David, Fred R, 2010. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.

Robbins, Stephen P. Dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh.

Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian).Yogyakarta. Andi.

Fandy Tjiptono, dan Chandra,2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI

Gani, Irwan. Dan Siti Amalia. Alat Analisis Data;Aplikasi statistik Untukenelitian Bidang Ekonomi Dan Sosial. Andi Yogyakarta.Yogyakarta.2015.

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program.IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, 2010. Buku Saku Keterampilan dan Prosedur Dasar. Edisi 5, Jakarta: EGC

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran , Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta

Lupiyoadi, Hamdani. 2012.â€Manajemen Pemasaran Jasaâ€. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono. 2016 “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Gâ€. Cetakan ke-23 CV. Alfabeta Bandung

Downloads

Published

2020-01-18

How to Cite

Hartuti, E. T. K. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PIZZA HUT DELIVERY GANDUL CINERE. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2). https://doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4176

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif