Pengaruh Kompensasi Finansial, Komunikasi Organisasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Luar Biasa Teknologi

Authors

  • Khorifah Arum Universitas Mahakarya Asia
  • Annisa Wendy Pratidina Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Maliki Aji Prakoso Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i3.42046

Keywords:

Kinerja Karyarwan, Kompensasi, Komunikasi, Disiplin Kerja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial, komunikasi organisasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di PT Luar Biasa Teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian Divisi Operasional PT Luar Biasa Teknologi, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 karyawan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Dalam menganalisis data yang diperoleh, menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi finasial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di PT Luar Biasa Teknologi, komunikasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di PT Luar Biasa Teknologi, dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di PT Luar Biasa Teknologi. Selain itu, kompensasi finansial, komunikasi organisasi dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh terhadap pada kinerja karyawan.

References

Azwina, D., & Yusuf, S. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Gapa Citramandiri, Radio Dalam - Jakarta Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol 3, No.1.

Budiyanto, E., & Mochklas, M. (2020). Kinerja Karyawan ditinjau dari Aspek Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja (Pendekatan Riset). Banten: CV. AA Rizky.

Choirunnisah, R. (2021). Kinerja Karyawan. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada.

Dasmadi. (2021). Pengaruh Kompensasi dan Komunikasi terhadap Motivasi dan Kinerja Pegawai di Kantor Ketahanan Pangan kabupaten Klaten. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah.

Fahraini, F., & Syarif, R. (2022). Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan PT.Nikos Distribution Indonesia. IKRAITH-EKONOMIKA, Vol. 5 No.1.

Febriansah, R. E. (2018). Buku Ajar Manajemen SDM. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.

Firdaus, V., & Oetarjo, M. (2022). Buku Ajar Manajemen Kompensasi. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.

Gandariani, T. (2023). Pendekatan Komunikasi Internal dan Eksternal Public Relations: Analisis Strategis dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, Volume 7, Nomor 2.

Islami, A. N., Palupi, M. F., & Romadhan, M. I. (2021). Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan di PT. Feva Indonesia. Jurnal Representamen, Vol 7 No. 01.

Karuniawati, C. (2021). Bentuk dan Jenis Kompensasi Perspektif Islam. At-Tasyri: Jurnal Hukum Islam dan Ekonomi Syariah.

Liando, L., Tewal, B., & Walangitan, M. D. (2016). Pengaruh Kompensasi, Komunikasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Telkom Tbk Manado. Jurnal EMBA, Vol.4 No.5.

Marnisah, L., & Idrus, S. (2021). Meningkatkan Kinerja Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep & Studi Kasus). Banten: CV. AA. Rizky.

Mundakir, & Zainuri. (2018). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. Business Management Analysis Journal (BMAJ), Vol. 1 No. 1.

Nainggolan, N. T., & al., e. (2021). Komunikasi Organisasi: Teori, Inovasi dan Etika . Medan: Yayasan Kita Menulis.

Oktarina, D., Listyawati, L., & Lestari, D. S. (2024). Pengaruh Kompensasi Finansial Langsung dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Karunia Kencana Permaisejati 3 di Kalimantan Tengah. SAB Vol. 2 No.1.

Prasetyo, E. T., & Marlina, P. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, Vol 3, (1).

Prawirosentono, S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Priadana, H. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Putra, G. S., & Fernos, J. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang. urnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3 No.2.

Rivai, V. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, dari Teori ke Praktek. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rivai, V., & Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silaen, N. R. (2021). Kinerja Karyawan. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada.

Simanjuntak, P. (2011). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Lembaga Penerbit Univ. Indonesia: Jakarta.

Siregar, R. T. (2021). Komunikasi Organisasi. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Soelistya, D., Desembrianita, E., & Tafrihi, W. (2021). Strong Point Kinerja Karyawan. Motivasi Kunci Implementasi Kompensasi dan Lingkungan Kerja. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Tsauri, S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. STAIN Jember Press: Jember.

Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). Jember: STAIN Jember Press.

Utomo, P. (2021). Kinerja Karyawan (Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja). Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.

Wandi, D., Kahpi, H. S., Fidziah, & Abidin, Z. (2021). Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Jasa. Journal of Management and Business Review.

Zunaidah, Susetyo, D., & Hadjri, M. I. (2020). Kompensasi. Palembang: UNSRI PRESS.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Arum, K., Pratidina, A. W., & Prakoso, M. A. (2024). Pengaruh Kompensasi Finansial, Komunikasi Organisasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Luar Biasa Teknologi. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(3), 567–577. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i3.42046