Analisis Penerapan Reward dan Punishment pada KPP Madya Dua Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i3.42108Keywords:
Reward, Punishment, Performance, Work Discipline, EmployeesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan reward dan punishment, indikator pemberian reward dan punishment, dan perspektif karyawan terhadap sistem reward dan punishment yang ada di KPP Madya Dua Jakarta Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian yaitu karyawan KPP Madya Dua Jakarta Timur. Data yang diperoleh merupakan data primer dari observasi dan hasil jawaban responden melalui wawancara, serta data sekunder diperoleh dari buku dan internet. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan (1) data reduction, (2) data display, dan (3) conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penerapan reward dan punishment pada karyawan sudah berjalan dengan cukup baik, tetapi belum berjalan dengan maksimal. Pemberian reward juga perlu diperbanyak dan lebih bervariasi. Selain itu, terdapat perilaku yang melanggar peraturan kerja atau disiplin kerja yang tentunya membutuhkan ketegasan dalam penegakan aturan. Adapun indikator pemberian reward dan punishment, antara lain kehadiran, target kerja, penilaian kinerja, perilaku karyawan, dan tingkat keparahan pelanggaran
References
Adityarini, C. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 1430–1439. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/357
Ardana, I. K., Mujiati, N. W., & Utama, I. W. M. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.). Graha Ilmu.
Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.). Prenadamedia Group. https://www.google.co.id/books/edition/Teori_teori_Manajemen_Sumber_Daya_Manusi/W-deDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Fahmi, I. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori dan Aplikasi (M. A. Djalil & N. A. Basyah (eds.); 3rd ed.). Alfabeta.
Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Utama, A. A. G. S. U., Zonyfar, C., Nuraini, R., Purnia, D. S., Setyawati, I., Evi, T., Permana, S. D. H., & Sumartiningsih, M. S. (2022). Metodologi Penelitian. In CV. Pena Persada (1st ed.). CV. Pena Persada. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/345235/BUKU-Metodologi-Penelitian---cover.pdf
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In H. Abadi (Ed.), Metode Penelitian Kualitatif&Kuantitaif (1st ed., Vol. 1, Issue 1). Cv. Pustaka Ilmu.
Istikomaroh, I. E., & Estiningrum, S. D. (2022). Pengendalian Internal dalam Sistem Kompensasi. Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/PENGENDALIAN_INTERNAL_DALAM_SISTEM_KOMPE/h5SjEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PA19&printsec=frontcover
Kasmir. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik) (4th ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Kurnia, F., & Gunawan, A. (2023). Efek Pemberian Reward dan Punishment terhadap Performance Karyawan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5538–5545.
Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik (3rd ed.). Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Purwanto, N. M. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis (2nd ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Rivai, V. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan (dari Teori ke Praktik) (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Sari, S. S. M., Khasanah, S., Pasha, S., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Motivasi, Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung). Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 7(1), 57–66. https://doi.org/https://doi.org/10.24967/jmb.v7i1.1070
Sedarmayanti. (2018). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja (Anna (ed.); 2nd ed.). PT Refika Aditama.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Us, H., & Safitri, M. E. (2022). Buku Ajar Manajemen Kontrol dan Kualitas Pelayanan Kebidanan (M. Nasrudin (ed.); 1st ed.). PT Nasya Expanding Management (Penerbit NEM). https://doi.org/https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Manajemen_Kontrol_dan_Kualitas/jf-lEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=punishment+hafsah&pg=PA111&printsec=frontcover
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mila Febrianti, Puji Wahono, Terrylina Arvinta Monoarfa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).