Pengaruh Inovasi Kemasan dan Promosi Digital terhadap Minat Beli Konsumen UMKM Kopi Adjie di Provinsi Lampung, Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v7i1.43497Keywords:
Inovasi Kemasan; Promosi Digital; Minat BeliAbstract
Industri kopi telah membawa Indonesia sebagai salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia, dengan Provinsi Lampung merupakan provinsi dengan penghasil kopi terbesar ke-2 di Indonesia. Hal itu menjadikan para pelaku UMKM kopi di Lampung bersaing ketat untuk dapat bertahan dan berkembang. Untuk dapat meningkatkan daya saing dan menarik minat beli konsumen, UMKM perlu melakukan inovasi baik dalam produk maupun strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi kemasan dan promosi digital terhadap minat beli konsumen pada UMKM Kopi Adjie. Dengan menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei kepada 120 responden yang merupakan seluruh pengguna internet aktif di Indonesia yang berpotensi menjadi konsumen UMKM Kopi Adjie. Variabel penelitian yaitu inovasi kemasan (X1), promosi digital (X2) dan minat beli konsumen (Y). Alat uji SPSS digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur uji validitas, reabilitas, signifikansi, dan besaran pengaruh dari setiap variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa inovasi kemasan dan promosi digital secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen sebesar 0,403 atau 40,3% terhadap minat beli konsumen kopi adjie di Provinsi Lampung, Indonesia.
References
1. Afriyanti, T., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Kemasan dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ice Cream Aice di Kota Padang. EcoGen, 2(3), 270.
2. Agustiani, I. N., Zebua, R. Y., Kusyanda, M. R. P., Rusdiani, N. I., Hayani, N., & Rizal, A. A. (2023). Buku ajar digital marketing. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
3. Arininta, S., & Widiati, E. (2023). Penggunaan Instagram dalam Meningkatkan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan pada Museum Nasional Indonesia. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 334-341.
4. Fabrianita, N., Maflahah, I., Mu'tamar, M. F. F., & Asfan, D. F. (2023). Analysis of bath salt packaging design using the value engineering method. Jurnal Agroindustri, 13(1), 24-33.
5. Fadhlurrahman, I. (2024). Sumatera Selatan provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia 2023. Katadata Media Network. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/07/23/ volume-produksi-kopi-menurut-provinsi.
6. Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
7. Gobe, M. (2001). Emotional Branding. Jakarta: Erlangga.
8. Jamrianti, R. (2021). Pengemasan dan Pelabelan Pangan. Malang: AE Publishing.
9. Julius, N. (2024). Data jumlah pengguna Instagram di Indonesia 2024. Upgraded.id. Retrieved from https://upgraded.id/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia.
10. KADIN Indonesia. (2023). Data dan statistik UMKM. Retrieved from https://kadin.id.
11. Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Ciracas, Jakarta: Erlangga.
12. Masyithoh, N. I., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif, 109-126. https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.195.
13. Mehta, C. R., & Patel, N. R. (2010). IBM SPSS Exact Tests. SPSS Inc.
14. Nugraha, D., Fadli, U. M., & Khalida, L. R. (2023). Implementasi promosi digital produk tabungan emas pada PT Pegadaian cabang Cikampek. Jurnal Manajemen, 13(1), 61.
15. Pertiwi, A. D., & Fahmi, S. (2022). Pengaruh harga promosi digital dan citra merek terhadap minat beli konsumen pada produk fashion di marketplace. JEMBA: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 625.
16. Stewart, B. (1996). Packaging as an effective marketing tool. Business Publications.
17. Willy, & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh kemasan produk dan rasa terhadap minat beli yang berdampak pada keputusan pembelian pelanggan minuman energi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 65-74.
18. Zhu, X., Tao, H., Wu, Z., Cao, J., Kalish, K., & Kayne, J. (2017). Fraud prevention in online digital advertising. Springer. http://doi.org/10.1007/978-3-319-56793-8.
19. Erijanto, A. C., & Fibrianto, K. (2018). Variasi kemasan terhadap tingkat kesukaan dan pengambilan keputusan konsumen pada pembelian makanan tradisional: Kajian pustaka. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 6(1), 91-96.
20. Hasanah, U., Winarti, I., & Puteri, D. R. A. (2023). Inovasi kemasan dan pemasaran UKM kerupuk Pattola untuk meningkatkan pendapatan Desa Gadingsari. Jurnal AGRIFO, 8(1).
21. Prawiradilaga, D. S. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
22. Sholichah, L. F., & Mardikaningsih, R. (2024). Analisis pengaruh promosi digital citra merek dan keberagaman produk terhadap minat beli konsumen pada produk sandal dan sepatu di Kepuh Kiriman Waru. Jurnal Investi, 5(1).
23. Sibtiyah, S., & Latief, M. J. (2023). Analisis faktor yang mempengaruhi pebisnis menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana promosi. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 7(1), 103-112.
24. Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh user interface dan variasi produk terhadap minat beli konsumen (studi literatur). Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(1).
25. Mustaurida, R. (2022). 7 Merek Kopi Asli Lampung Enak dan Terkenal!. IDN Times. Retrieved from https://lampung.idntimes.com/travel/destination/rohmah-mustaurida/7-merek-kopi-asli-lampung-enak-dan-terkenal.
26. Redaksi LT. (2022). Pemprov Lampung umumkan top 10 brand kopi bubuk robusta Lampung. Lampung Today. Retrieved from https://lampungtoday.com/2022/10/04/pemprov-lampung-umumkan-top-10-brand-kopi-bubuk-robusta-lampung/.
27. Purmiyati, A., et al. (2023). Inovasi Packaging dan Implementasi Pemasaran Digital UMKM Anggota Kopontren Syarifuddin dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDG’s). Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 492-501.
28. Yeo, S. F., Tan, C. L., Lim, K. B., & Khoo, Y. H. (2020). Product Packaging: Impact on Customers’ Purchase Intention. International Journal of Business and Society, 21(3), 857-864.
29. Qur'ana, T. W., Sidik, A., Noor, H., & Dharmawati, A. (2022). Pelatihan Desain Kemasan bagi Pemula pada Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(1), 191-198.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salsabila Faidha Azzahra , Tiara Prisca Sabilla
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).