Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan terhadap Perilaku Menabung pada Siswi 8B An-Nikmah Al-Islamiyah Phnom Penh, Cambodia
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v7i2.45676Keywords:
Literasi Keuangan; Inklusi Keuangan; Perilaku MenabungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana literasi keuangan dan inklusi keuangan berdampak pada perilaku menabung serta bagaimana keduanya berkorelasi satu sama lain dalam mempengaruhi perilaku menabung. Populasi pada penelitian ini adalah Siswi 8B An-Nikmah Al-Islamiyah Phnom Penh, Cambodia. Teknik samping yang diterapkan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yang mencakup responden sebanyak 28 orang. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan kuesioner yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis tersebut dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil uji T menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttable (3,954 ≥ 2,059) yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung. Lalu hasil uji T, inklusi keuangan diperoleh thitung lebih besar dari ttable (-2,313 ≥ -2,059) berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung. Kemudian secara simultan kedua variabel berpengaruh positif dan signifikan karena Fhitung lebih besar dari Ftabel (10,083 ≥ 3,39).
References
1. Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
2. Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.
3. Djaniar, U., Zulaecha, H. E., Alfiana, Anantadjaya, S. P., & Nawangwulan, I. M. (2024). Edukasi Keuangan Untuk Pelajar: Memperkenalkan Konsep Pengelolaan Uang Dan Investasi Sejak Dini. Communnity Development Journal, 5(2), 2712–2717.
4. Ghayad, R., & Shayya, S. H. (2022). Financial Literacy among Lebanese Youth. International Journal of Research and Studies Publishing, 3(28), 291–308.
5. Gultom, M. S., & Latif, A. (2022). The Effect Of Financial Literacy, Technology Literacy, And Lyfestyle On The Use Of Electronic Money (Case Study Of Islamic Banking Students In Jakarta). Ekonomi Islam, 13(2), 227–246. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jei
6. Hajar, M. F. F., & Isbanah, Y. (2023). Pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan, kontrol diri, dan teman sebaya terhadap perilaku menabung penggemar K-pop. JIM Jurnal Ilmu Manajemen, 11, 482–494.
7. Hendra, & Afrizal, A. (2020). Pengaruh Kontrol Diri, Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 98–106. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki
8. Karmwar, M. (2022). Financial Literacy of Young and Teenagers in India. International Journal for Multidisciplinary Research, 4(6), 1. www.ijfmr.com
9. Marwati, R. D. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menabung Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(5), 476–487.
10. May Kunmakara. (2019, November 25). Strong growth projected for Cambodia’s banking sector. The Phnom Penh Post. https://www.phnompenhpost.com/business/strong-growth-projected-cambodias-banking-sector
11. Morgan, P. J., & Trinh, L. Q. (2019). Determinants and Impacts of Financial Literacy in Cambodia and Viet Nam. Journal of Risk and Financial Management, 12(1), 24. https://doi.org/10.3390/jrfm12010019
12. Murarka, L., & Oates, K. K. (2020). Financial Literacy in Millennials. Journal of Humanities and Social Sciences Studies (JHSSS), 2(6), 41–54. https://doi.org/10.32996/jhsss.2020.2.6.5
13. Musliyanti, V. M., Gusmita, Akob, R. A., & Rumianti, C. (2024, February 2). Pengaruh Pendapatan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung (Studi Kasus Mahasiswa Stiem Bongaya). Pengaruh Pendapatan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung (Studi Kasus Mahasiswa Stiem Bongaya).
14. Nuraeni, R., Yusnita, R. T., & Oktaviani, N. F. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Self Control dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Perjuangan Tasikmalaya). Jurnal Multimedia Dehasen, 3(3), 169–180.
15. Nurlaela, R., & Bahtiar, D. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Perencanaan Keuangan Terhadap Perilaku Menabung (Studi pada UMKM di Desa Sukamanah, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur). Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal Of Business and Management, 5(3), 594–611.
16. Oktapiani, S., Andriani, S., & Apriani, F. (2022). Pengaruh Kontrol Diri Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Di Bank Konvensional. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 520–525.
17. Otoritas Jasa Keuangan, & Badan Pusat Statistik. (2024). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024.
18. Piseth, M. (2024, February). Opinion: Cambodia Needs Robust Financial Literacy. Cambodia Investment Review. https://cambodiainvestmentreview-com.translate.goog/2024/02/14/opinion-cambodia-needs-robust-financial-literacy/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
19. Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati, Ed.). Penerbit KBM Indonesia. www.penerbitbukumurah.com
20. Sakanko, M. A., Yahaya, S. U., & Abdullahi, S. (2023). Financial Literacy and Financial Inclusion. Zakariya Journal of Social Sciences (ZJSS, 2(1), 1–10. https://journals.airsd.org/index.php/zjss
21. Sari, D. W. P., & Anwar, M. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Dengan Self Control Sebagai Variabel Mediasi Pada Mahasiswa S1 Feb Upn “Veteran” Jawa Timur. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 81–92. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.1911
22. Sconti, A., Caserta, M., & Ferrante, L. (2024). Gen Z and financial education: Evidence from a randomized control trial in the South of Italy. Journal of Behavioral and Experimental Economics , 112. https://doi.org/10.1016/j.socec.2024.102256
23. Sekarwati, M. A., & Susanti. (2020). Pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan modernitas individu terhadap perilaku menabung mahasiswa perguruan tinggi negeri surabaya. INOVASI, 16(2), 268–275. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Inovasi
24. Septiani, R. N., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Sidoarjo. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3214–3236. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p16
25. Shafira, H., & Sisdianto, E. (2024). Analisis Pengaruh Tingkat Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Di Indonesia. Anggaran : Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 2(2), 176–182. https://doi.org/10.61132/anggaran.v2i2.575
26. Siboro, E. D., & Rochmawati. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Melalui Self Control Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 37–50. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3332
27. Ubaidillah, H. L., & Asandimitra, N. (2019). Pengaruh Demografi, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Masyarakat Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 242–249.
28. Worang, J. J. K. J., Tulung, J. E., & Pandowo, M. H. C. (2022). The Influence Of Financial Literacy And Financial Inclusion On Saving Behavior In Manado. EMBA, 10(4), 893–902.
29. World Bank. (n.d.). Account ownership at a financial institution or with a mobile-money-service provider (% of population ages 15+). https://genderdata.worldbank.org/en/indicator/fx-own-totl-zs?view=trend&geos=WLD_KHM
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agestia Dewi Rahajeng, Mitra Sami Gultom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).