PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN MURAH DAN KEPUASAN AKADEMIK MAHASISWA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • Yogi Ibrahim Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia dosen02572@unpam.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v3i2.8736

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Biaya Pendidikan Murah dan Kepuasan Akademik Mahasiswa secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap Keunggulan Bersaing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner tertutup dengan skala likert. Penelitan ini menggunakan sampel acak dengan jumlah responden sebanyak 88 mahasiswa pascasarjana magister manajemen. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode statistik Regresi Linear Berganda dengan bantuan program SPSS 24.00 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat, positif dan signifikan biaya pendidikan murah (X1) dan kepuasan akademik mahasiswa (X2) secara bersama-sama terhadap keunggulan bersaing (Y), koefisien determinasi korelasi ganda diperoleh 0,552 dengan persamaan regresi ganda Y =  31,062+0,941X1+0,449X2.

References

Abbas, S. (2008). Manajemen Perguruan Tinggi: Beberapa Catatan, Aceh: Prenada Media Group.

Akbar, I. R. (2018). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru (Study Kasus Pada SMK Muhammadiyah Parung). Tesis. Universitas Pamulang

Alma, B. (2005). Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan, Bandung: Penerbit Alfabeta,.

Arikunto Suharsimi, 2000. “Manajemen Penelitianâ€, Rineka Cipta, Jakarta..

Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko, 2004,â€Manajemen Pemasaran, Analisa perilaku konsumenâ€, BPEE Yogyakarta.

Buttle, F. (2007). Customer Relationship Management Concepts and Tools, Jakarta: Bayumedia Publishing.

Dahlan Abdullah, Mirna Dewi, Yuliwati, Ahmad khoiri, Cut Ita Erliana, (2020). Pengukuran efisiensi pendidikan pesantren di Kota Lhokseumawe menggunakan metode data envelopment analysis. Sefa Bumi Persada: Aceh Indonesia

Depdikbud. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Elfindri. (2011). Pendidikan Sebagai Barang Ekonomi, Bandung: Lubuk Agung.

Ghozali, I. (2002). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi I, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, J. J., dan Moedjiono. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hassan, F. dan Sukra, Y. (2007). Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

http://junaidichaniago.wordpress.com

http://www.unpam.ac.id

IKAPI. (2010). Himpunan Peraturan Perundang-undangan Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Bandung: Fokus Media.

Jonker, J., Pennink, B. J. W., dan Wahyuni, S. (2011). Metodologi Penelitian, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kelvin, (2015), “Analisis Pengaruh Promosi, Biaya Studi, Fasilitas Perkuliahan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa untuk Kuliah di Sekolah Tinggi Teknik Surabayaâ€, Jurnal Manajemen Kinerja, Vol. 4 Nomor 1, diunduh Oktober 2017, https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/kinerja/article/view/613/358

Khoiri, A., Nulngafan, N., Sunarno, W., & Sajidan, S. (2019). How is Students’ Creative Thinking Skills? An Ethnoscience Learning Implementation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 8(2), 153-163.

Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 12 jilid 1, Penerbit PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta, 2009.

Kusumawardani, N. (2012), “Analisis Pengaruh Proses Belajar Mengajar dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswaâ€, Tesis S2 Magister Manajemen Universitas Pamulang.

Maholtra, N. K. (2010). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan (Jilid 1 & Jilid 2 edisi keempat), Jakarta: PT Indeks.

Mulyasana, D. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Prastyo, A. T. (2011). Kamus Istilah Pendidikan, Malang: Aditya Media Publishing.

Prihatin, E. (2011). Teori Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Rahmayanty, N. (2010). Manajemen Pelayanan Prima, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana. (2005), Metoda Statistika, Edisi 6, Bandung: Penerbit PT Trasito.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis, Cetakan 8, Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Sunarsi, D. (2016). Hubungan Pengendalian Diri dengan Prestasi Belajar. Penelitian. Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

Sunarsi, D. (2016, October). Pengaruh Minat, Motivasi Dan Kecerdasan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi S-1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Pamulang. Thn. Akademik 2015-2016). In Proceedings (Vol. 1, No. 1).

Sunarsi, D. (2017). Pengaruh Disiplin, Motivasi, Dan Kompetensi Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Tahun Akademik 2016-2017). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 1(2), 207-226.

Suryabrata, S. (2010). Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Tjiptono, Fandy, Gregorius dan Dadi Adriana, “Pemasaran Strategikâ€, Penerbit CV Andi Offset, Yogyakarta, 2008.

Umar, Husein, (2010), “Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumenâ€, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Bekerjasama dengan Jakarta Business Research Centre (JBRC), Jakarta,.

Wibowo, L. A. (2009). Judul makalah “Strategi Experimental Marketing Perguruan Tinggi†dalam buku Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Y Kadarusman, D Sunarsi. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Peningkatan Jumlah Siswa Pada SMK PGRI Balaraja. JS (Jurnal Sekolah) 4 (3), 213-221

Yuangga, K. D., Jasmani, J., & Sunarsi, D. (2017). The Influence of Technology Determinism and Technology Literacy on Student Learning Outcomes (On MA Daarul Hikmah Pamulang). PINISI Discretion Review, 1(1), 23-30.

Downloads

Published

2021-01-06

How to Cite

Ibrahim, Y. (2021). PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN MURAH DAN KEPUASAN AKADEMIK MAHASISWA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UNIVERSITAS PAMULANG. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(2), 185–194. https://doi.org/10.32493/JEE.v3i2.8736