PENGARUH KOMPENSASI, KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • Putra Perdamean Nauli Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v3i2.8737

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kompensasi. kompetensi dan Motivasi, memiliki pengaruh terhadap Kinerja karyawan, Responden penelitian terdiri para karyawan pada Universitas Pamulang Tangerang selatan. Populasi dan sample sebanyak120 responden.  Menggunakan teknik sample jenuh. Peneliatan ini menggunakan metode Kuantitatif dan Pengolahan data menggunakan pengujian validitas, pengujian reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier dan uji korelasi melalui program Statistical Package for The Social Science (SPSS) versi 22.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa kompensasi, kompetensi dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dan besarnya pengaruh dari varibel kompensasi, kompetensi dan motivasi terhadap kinerja karyawan adalah 14,7 % tergolong kategori setuju, sedangkan sisanya 85,3 % tergolong kategori tidak setuju dalam penelitian ini.

References

Ahmadi. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Akbar, I. R. (2018). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru (Study Kasus Pada SMK Muhammadiyah Parung). Tesis. Universitas Pamulang

_________. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Etos Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Pada Pt. Central Buana Mandiri. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15(1), 73-80.

Anni, Catharina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Appley, Lawrence A. dan Lee, Oey Liang. 2010. Pengantar Manajemen. Jakarta: Salemba

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daft, Richard L. 2006. Management (Manajemen). Jakarta: Salemba Empat.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dessler, Gary. 2011. Manajemen Sumber Daya manusia. Jilid 1. Edisi 10. Jakarta: Indeks

Djamarah, Syaiful Bakri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Engkoswara. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. 2005. Analisis Multivariant dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP

Griffin, R.W.2004. Manajemen. Edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Cetakan II. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Handoko, Hani, Reksohadiprojo. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu S. P. 2008. “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hidayat, D., Prabowo, B., & Anwar, S. (2020). Organizational Leadership and Conflict in Human Resource Management Review. Solid State Technology, 63(6), 1372-1381.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Cetakan III. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kanto, Kulase. 2015. The Influence of Motivation and Work Satisfaction toward Performance of Senior High School Guidance and Counseling Teachers in South Sulawesi. International Journal of Advanced Research Volume 3 Issue 2 (hlm. 386-401).

Khoiri, A. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Menggunakan Teams Assisted Individualization (Pembelajaran Sains Materi Gerak). SEJ (Science Education Journal), 1(2), 52-63.

Kurnianing, Aulia Putri. 2012. Hubungan Lingkungan Belajar di Institusi Pendidikan dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahaiswa Program Studi DIII Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Surakarta. Gaster Volume 9 No.2.

Maja, Ibnu. 2013. Pengaruh Motivasi, Metode Pembelajaran dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Teknik di Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke-IX ISSN: 2085-1375

Malayu, S.P Hasibuan. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Malhotra, Naresh, K. 2010. Marketing Reseacrh, An Applied Pearson Education

Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan. Cetakan Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.

Rafiqah, Mar’atur. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Siswa-Siswi kelas XI SMA Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2012-2013. Jurnal Penelitian Ilmiah.

Riduwan, M.B.A. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Santoso, Singgih. 2011. SPSS Statistik Parametik. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Efek Media.

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, Ika Rizkhi Purnama. 2013. Analisis Pengaruh Proses Belajar Mengajar, Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Kampus terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Schermerhorn, J.R. 2003. Manajemen. Buku I. Edisi Bahasa Indonesia, Management 5e. Yogyakarta: Andi.

Siregar, Syofian. 2016. Satatistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2006. MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunarsi, D. (2016). Hubungan Pengendalian Diri dengan Prestasi Belajar. Penelitian. Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

________. (2016, October). Pengaruh Minat, Motivasi Dan Kecerdasan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi S-1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Pamulang. Thn. Akademik 2015-2016). In Proceedings (Vol. 1, No. 1).

________. (2017). Pengaruh Disiplin, Motivasi, Dan Kompetensi Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Tahun Akademik 2016-2017). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 1(2), 207-226.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutrisno, S., & Sunarsi, D. (2019). The Effect of Work Motivation and Discipline on Employee Productivity at PT. Anugerah Agung in Jakarta. Jurnal Ad'ministrare, 6(2), 187-196.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Terry, George R. 2010. Teori Manajemen. Jakarta: Bina Aksara.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Downloads

Published

2021-01-06

How to Cite

Nauli, P. P. (2021). PENGARUH KOMPENSASI, KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN UNIVERSITAS PAMULANG. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(2), 195–204. https://doi.org/10.32493/JEE.v3i2.8737