PENGARUH PROSES BELAJAR MENGAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Regi Frandwi Arisandi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v3i2.8741

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses belajar mengajar, motivasi belajar dan lingkungan belajar kampus terhadap prestasi belajar mahasiswa S.1 Teknik Kimia Universitas Pamulang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Teknik Kimia Universitas Pamulang pada tahun akademik 2017/2018 sebanyak 472 orang dengan sampel sebanyak 217 orang responden mahasiswa. Instrumen data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert. Pengujian hipotesis menggunakan uji parsial dan uji simultan dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 22. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan proses belajar mengajar, motivasi belajar dan lingkungan belajar kampus secara simultan (bersama-sama) terhadap prestasi belajar dengan nilai nilai F hitung > F tabel (53,127 > 2,647).

References

Ahmadi. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Akbar, I. R. (2018). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru (Study Kasus Pada SMK Muhammadiyah Parung). Tesis. Universitas Pamulang

_______. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Etos Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Pada Pt. Central Buana Mandiri. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15(1), 73-80.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ariwibowo, Mustofa Setyo. Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dessler, Gary. 2011. Manajemen Sumber Daya manusia. Jilid 1. Edisi 10. Jakarta: Indeks

Djamarah, Syaiful Bakri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Engkoswara. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. 2005. Analisis Multivariant dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP

Griffin, R.W.2004. Manajemen. Edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Cetakan II. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Handoko, Hani, Reksohadiprojo. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu S. P. 2008. “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hidayat, D., Prabowo, B., & Anwar, S. (2020). Organizational Leadership and Conflict in Human Resource Management Review. Solid State Technology, 63(6), 1372-1381.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Cetakan III. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Riduwan, M.B.A. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siregar, Syofian. 2016. Satatistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2006. MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunarsi, D. (2016). Hubungan Pengendalian Diri dengan Prestasi Belajar. Penelitian. Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

________. (2016, October). Pengaruh Minat, Motivasi Dan Kecerdasan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi S-1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Pamulang. Thn. Akademik 2015-2016). In Proceedings (Vol. 1, No. 1).

________. (2017). Pengaruh Disiplin, Motivasi, Dan Kompetensi Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Tahun Akademik 2016-2017). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 1(2), 207-226.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutrisno, S., & Sunarsi, D. (2019). The Effect of Work Motivation and Discipline on Employee Productivity at PT. Anugerah Agung in Jakarta. Jurnal Ad'ministrare, 6(2), 187-196.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Terry, George R. 2010. Teori Manajemen. Jakarta: Bina Aksara.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Downloads

Published

2021-01-06

How to Cite

Arisandi, R. F. (2021). PENGARUH PROSES BELAJAR MENGAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(2), 234–241. https://doi.org/10.32493/JEE.v3i2.8741