Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Home’s Cafe Tana Tidung Kalimantan Utara)
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v3i2.2021.126-135.10921Abstract
Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang dan persaingan usaha semakin tinggi membuat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus memiliki strategi pemasaran yang baik untuk tetap dapat bersaing dengan para kompetitornya. Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk bidang usaha kuliner. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan umkm secara menyeluruh. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: mendapat gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Home’s Café Tana Tidung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil dari analisis efektifitas strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan total penjualan dalam satu tahun ini dan di jadikan acuan efektifitas strategi pemasaran dalam persaingan antar UMKM keliner.
Keywords: Strategi Pemasaran; Daya Saing
References
Bisnis, K. P. (2020) ‘Masayu Endang Apriyanti, percaya diri dan berpikir...| 26’, 1(2), pp. 26–40.
Etik, Trimina Sari P., F. A. (2021) ‘ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN KONTER SURYA KENCANA CELLULAR TULUNGAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19’, pp. 68–70.
Hamdan, L. et al. (2019) ‘Impact of Human Capital Development and Human Capital Isolation Mechanisms on Innovative Performance: Evidence from Industrial Companies in Jordan’, 11(15), pp. 46–52. doi: 10.7176/EJBM.
Hasbi, M. L. and Muis, I. (2020) ‘Segmentasi , Targeting dan Positioning Produk Neo Coffee dari Wings Food untuk Pasar Kota Bekasi’, Jurnal Mahasiswa Bina Insani, 5(1), pp. 63–72.
Hutabarat, E. (2017) ‘Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Suzuki Satria Fu Pada Pt. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan’, Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(1), pp. 113–121. Available at: https://methonomi.net/index.php/jimetho/article/view/26/30.
Indramayu, K. (no date) ‘ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERASI BAWANG ( SIWANG ) ( Studi Kasus : UMKM Siwang Nounna Saritie di Desa Sleman Lor , Kecamatan 1 Mahasiswa Program Studi Agribisnis , Fakultas Pertanian , Universitas Islam Malang Email : jaenahelmi2@gmail.com 2Dosen Program Studi Agribisnis , Fakultas Pertanian , Universitas Islam Malang . Email : dwi_s@unisma.ac.id Email : nurhadisudjoni03@gmail.com’, pp. 1–9.
Ismawati and Isa, M. A. (2021) ‘Jurnal Kajian Ilmu Manajemen Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Strategi’, Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 1(1), pp. 56–62.
Lontaa, J., Mananeke, L. and Tawas, H. N. (2019) ‘Indonesia Cabang Manado Determination of Marketing Strategies in Increasing Competitive Advantage By Using Swot Analysis At Pt . Asuransi Asei Indonesia Branch Manado’, Jurnal EMBA, 7(4), pp. 5039–5048.
Nur Anisa, I. and Oktafia, R. (2021) ‘Penerapan Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Jumlah Funding Dan Lending Di Bmt Harapan Ummat Sidoarjo’, Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1), pp. 113–126. doi: 10.25299/jtb.2021.vol4(1).6597.
Prayudi, D. and Yulistria, R. (2020) ‘Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi’, Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 9(2), p. 225. doi: 10.30588/jmp.v9i2.516.
Sri Astuti (2015) ‘Analisis Bauran Promosi Dalam Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru di FKIP UHAMKA Jakarta’, Jurnal Utilitas, 1(1), pp. 78–91.
Supriyanto, M. and Taali, M. (2018) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap di The Sun Hotel Madiun’, Epicheirisi, 2(1), pp. 13–21.
Wibowo, D. H., Arifin, Z. and Sunarti (2015) ‘ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), pp. 59–66.
Widjaya, P. G. (2017) ‘Analisis Segmentating, targeting, positioning’, Agora, 5(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.