Motivasi Berwirausaha Tanaman Hias dan Strategi Pemasaran Online di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Sentra Tanaman Hias Bungur Raya Kota Depok)
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v3i2.2021.%25p.12317Abstract
Penelitian ini dilakukan atas lima wirausawahan tanaman hias yang berada di Sentra Tanaman Hias di Jl. Bungur Raya, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Dalam penelitian ini, peneliti menembukan bahwa para wirausahawan menggunakan strategi pemasaran online melalui media online dan media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan lain-lain agar bisa tetap eksis dalam masa pandemic Covid-19 ini. Dari deskripsi ini disimpulkan bahwa para wirausahawan merasa semakin termotivasi untuk mengembangkan usahanya karena strategi pemasaran online mampu membuat bisnis mereka tetao bertahan, walau nilai penjualan mereka cenderung merosot, terutama pada masa PSBB dan PPKM Darurat.
Kata kunci: Motivasi berwirausaha; Tanaman Hias; Pemasaran Online; Media Sosial.
References
DAFTAR PUSTAKA
Aryanti, R. D. 2008. Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hias pada Ciapus Nurseri, Desa Taman Sari, Bogor, Jawa Barat. Skripsi IPB. Bogor.
Ashari, S. 2006. Hortikultura Aspek Budidaya. UI Press, Jakarta.
Budi Marwoto, Indonesian Ornamental Plants Research Institute: Developmen Of Floriculture Industry In Indonesia, dalam 60th AIPH Annual Conggres, 25th-29th September2017, Taichung ,Chinese, Taipei.
Dave Murrow “Theories of Digital Marketing†dalam https://smallbusiness.chron.com/ November 17, 2020, dakses pada Minggu, 25 Juli 2021.
Faisal. “Kontes Tanaman Hias Nasional Tahun 2021 Digelar di Jl. Raya Parung, Depokâ€, di pwww.poskota.com, Senin 5 April 2021, diakses pada 25 Juli 2021.
Frederic E.Webster, Rober F. Luch, “Elevating Marketing: Marketing is Dead! Long Live Marketing!†dalam Jurnal of Academy of Marketing Science, Published July 2013, Diakses pada Minggu, 25 Juli 2021.
https://id.wikipedia.org/wiki/Tanaman_hias, diakses pada Sabtu, 24 Juli 2021.
Ipak Ayu. "Minaqu Home Siap Ekspor Tanaman Hias Rp2,3 Triliun", dalam www.bisnis.com, 10 April 2021, diakses Minggu, 25 Juli 2021.
Profil Daerah, Kota Depok dalam https://jabarprov.go.id, diakses Sabtu, 24 Juli 2021.
Redaksi. “Bisnis Tanaman Hias Makin ‘Ngegas’ adtikel di ww. wartadepok.com 30 Oktober 2020, diakses pada 24 Juli 2021.
Sanyat Misra, R L Misra (ed.). 2017. Commonly Used Ornamental Plants†Kruger Brentt Publishers UK Limited, London.
Winsyah Purba, “Mengintip Prospek Tanaman Hias yang Sedang Booming†-artikel di www.transbisnis.com, 5 Oktober 2020, diakses pada 24 Juli 2021.
Zsuzsanna Gódány, Renáta Machová, Ladislav Mura, Tibor Zsigmond. “Entrepreneurship Motivation in the 21st Century in Terms of Pull and Push Factors†dalam TEM Journal – Volume 10 / Number 1 / 2021. , ISSN 2217â€8309 Pages 334â€342, diakses pada Minggu, 25 Juli 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.